You are currently browsing the tag archive for the ‘tahun baru’ tag.

imlek-2017Tahun Baru Imlek yang kebetulan jatuh pada hari Sabtu kemarin, tentunya disambut penuh sukacita oleh rekan-rekan gue yang merayakan. Berbagai aktivitas, tradisi, serta banyak ciri khas lainnya menjadi hal yang mewarnai perayaan tahun baru Imlek, ataupun perayaan tahun baru masehi yang juga dirayakan oleh semua orang.

Berbagai perayaan maupun peringatan hari besar agama, budaya, maupun nasional tentunya akan berlangsung rutin setiap tahun dan pastinya akan menghadirkan kegembiraan. Tapi, semua yang rutin dilakukan setiap tahunnya ini, kadang sebatas menjadi bentuk rutinitas semata; yang (sudah pasti) membutuhkan biaya tidak sedikit, tapi tidak memiliki makna yang ‘sesungguhnya’. Hanya berkumpul bersama, makan-makan, ngobrol bersama, itu aja. Read the rest of this entry »

Advertisements

damai-di-bumiNatal telah lewat, tahun baru menjelang. Kebahagiaan Natal yang saya rasakan akan disusul oleh kebahagiaan baru saat merayakan pergantian tahun. Ini memang melulu soal peringatan dan perayaan sesuai kalender masehi yang berlaku. Tapi bagi saya, ini tetap perayaan, tetap menjadi momen untuk selalu bersyukur atas hidup bagi kita semua; apapun agama yang kita anut, asal budaya dan bangsa kita, atau apapun keyakinan, ideologi, paham, dan pemikiran yang kita pegang.

Saya nggak mau pusing soal bangaimana asal muasal agama, budaya, keyakinan dan aneka keberagaman lain itu terbentuk. Dan saya emang gak akan nulis soal ini. Saya hanya ingin menulis lagi soal yang saya rasakan dan yang saya harapkan saat ini dan bukan masa lalu. Hari ini dan bukan kemarin. Sekarang dan bukan tahun kemarin. Read the rest of this entry »

(is what to do…)

Ini hanya sekedar resolusi, bukan kumpulan target yang muluk-muluk… Tapi asik juga ya, kalo setidaknya ada semacam keinginan-keinginan kecil agar kita bisa melakukan segala sesuatunya dengan lebih baik, yang berarti juga adalah hidup kita tahun ini makin asiiiikkk dari tahun yang kemarin….

Daftar sesuatu yang ingin gue lakukan dibawah ini gue sadur berdasarkan sebuah email dari seorang teman dan gue tambahin sesuai keinginan gue. Sifatnya ringan-ringan aja. Ini sih yang kebetulan ada di pikiran gue. Kalo loe gimana ??

 

Buat KESEHATAN gue :

01. Minum lebih banyak air. Sebisa mungkin sih air putih. Apalagi kalo lagi di kantor, sebisa mungkin sih bisa refill botol minum gue 2 kali sehari. Ngopi boleh lah, maksimal 2 gelas sehari… dengan sedikit cream tentunya.

02. Sarapan seperti seorang Raja, makan siang seperti seorang Pangeran, dan makan malam layaknya seorang pengemis…  Artinya: selalu berusaha makan 3 kali sehari, sarapan adalah keharusan, dan makan malam gak perlu kalap… yang penting cukup lah… Read the rest of this entry »

lembaran baruTahun Baru, lembaran Baru. Masih dalam satu perjalanan. Tahun lalu kita lewati dengan sukacita. Tahun ini pun harusnya penuh dengan tawa.

Resolusi, niat, mimpi apapun itu pastinya akan selalu hadir dalam benak kita. Tidak salah, malah bisa jadi pemicu untuk semakin mantap melangkah.

Kegagalan, kesedihan, dan keletihan juga akan selalu ada. Mau tidak mau, semua juga akan dilewati. Tinggal bagaimana solusi menjadi teman seperjalanan dalam setiap langkahnya nanti. Read the rest of this entry »

Happy BabyNggak sadar, tahun 2015 sudah hadir. Terima kasih buat semua hal indah yang telah gue lewatin dalam tahun 2014 lalu. Ada banyak hal indah dan nggak nyenengin tentunya, dan semua udah gue dan kita semua lewatin. Semua nggak akan kembali, dan saatnya melangkah lebih lagi ke depan.

Puji Tuhan untuk Sahabat Terbaik yang selalu menemani gue. Terima kasih juga buat Istri tersayang, keluarga, teman, sahabat, rekan bisnis, dan semua pribadi yang menemani dan mewarnai hidup gue.

Tahun baru memang sebuah momentum biasa yang akan dilalui setiap tahun. Tapi gue akan memaknai tahun ini sebagai sebuah perjalanan hidup layaknya seorang bayi yang hadir di dunia. Bayi kecil yang yang menyambut kehidupan baru dengan semangat yang tentunya baru dan tanpa niat apa-apa selain untuk menikmati hidup dengan polos, jujur, dan apa adanya. Seorang pribadi yang bersih, dengan niat yang pastinya juga murni.

Tujuan dalam hidup pasti ada, begitu juga target dan harapan yang akan diraih dalam hidup. Di tahun ini gue juga memiliki banyak impian dan keinginan yang akan gue wujudkan; dan gue akan berusaha keras untuk mewujudkannya.

Mari memulai tahun ini dengan cara pandang dan semangat baru. Semua tantangan dan kesulitan akan hadir, begitu juga dengan berkat dan keberhasilan. Biarlah semua itu mewarnai perjalanan hidup gue dan hidup teman-teman semua dan pada akhirnya akan membuat kita semua makin bersyukur pada Tuhan akan hidup yang luar biasa ini.

Selamat Tahun Baru 2015,

Tuhan memberkati.

Pemanisbuatan
Antonius Harmoko

MorningBiasanya istilah peruntungan sering terdengar marak di awal tahun. Entah itu tahun baru masehi atau imlek. Sepertinya kurang afdol memulai tahun yang baru jika tidak membaca atau mencoba mencari tahu mengenai bagaimana peruntungan kita di tahun depan. Walau belum terjadi, sepertinya kita penasaran aja gimana sih nasib kita tahun depan, atau hoki kita, atau peruntungan kita… Hmm… Bikin penasaran atau memeng terobsesi pingin tahu?

 Okelah, ini kan soal hidup dan apa yang terjadi di dalamnya. Enggak akan ada yang tahu apa yang akan terjadi. Tapi jika seandainya kita tahu arah peruntungan kita, mungkin kita bisa jaga-jaga atau waspada atau menjaga perbuatan dan langkah agar tidak asal-asalan. Hehehe, makin pusing kan? Read the rest of this entry »

InspirationSudah hampir 3 bulan gue nggak menulis di halaman ini. Dan sudah selama itu, kerinduan gue memuncak untuk berbagi dalam kata. Pagi ini, gue sebenarnya ingin menulis banyak, tapi banyak hal lain yang kadang menyita pikiran dan tenaga gue, sehingga hingga pagi ini pun, mungkin gue belum bisa menulis dan berbagi secara maksimal.

Walau sudah agak terlambat, gue tetap ingin menghaturkan ucapan selamat menyambut tahun baru buat semuanya. Harapan umumnya, tentu di tahun 2014 ini kita semua bisa meraih kebahagian dan kesuksesan, amin. Harapan gue pribadi, tentu, hidup gue menjadi lebih baik lagi, dan ada banyak harapan yang semoga bisa gue wujudkan di tahun ini. Read the rest of this entry »

The WordPress.com stats helper monkeys prepared a 2012 annual report for this blog.

Here’s an excerpt:

19,000 people fit into the new Barclays Center to see Jay-Z perform. This blog was viewed about 86,000 times in 2012. If it were a concert at the Barclays Center, it would take about 5 sold-out performances for that many people to see it.

Click here to see the complete report.

Happy New Year365 hari, ribuan jam, dan puluhan ribu langkah dalam setahun. Semua itu merangkum banyak kisah perjalanan dalam berbagai warna. Sudahkah melalui tahun 2012 dengan baik? memenuhi tahun dengan sukacita atau melalui banyak pembelajaran yang kadang melelahkan dan melukai hati?

Perjalanan satu tahun layaknya perjalanan satu hari. Selalu ada pergantian menyambut hari esok, maupun tahun yang baru.

Adakah impian yang masih tertinggal dan resolusi yang belum sempat terpenuhi? Awal dan akhir tahun seakan tanpa arti jika tidak ada perubahan yang lebih baik di waktu mendatang. 1 januari bisa saja hanyalan tanggal biasa dan tidak istimewa. Tapi 1 Januari bisa juga menjadi hari yang istimewa.

Mari, kumpulkan semua catatan setahun bersama peluh, air mata dan keringat untuk disusun dalam sebuah kanvas lukisan besar perjalanan hidup yang akan tergantung di cantik di dinding hati. Biarkan kita tertawa, menangis, dan tersenyum saat memandangnya. Lepaskan semua emosi dan tumbuhkan selalu kekuatan hati. Karena bagaimanapun, waktu akan terus berjalan, dan usia makin bertambah.

Lalu apa yang harus kita persipkan menyambut pergantian tahun? Read the rest of this entry »

Tahun Baru Imlek. Hari istimewa ini akan selalu dinantikan dan dirayakan oleh seluruh masyarakat Tonghoa dan jutaan keturunanya di seluruh dunia. Imlek identik dengan perayaan dan ucapan syukur, seperti yang berlaku dalam perayaan tahun baru masehi yang dirayakan di seluruh dunia. Tradisi Imlek sangat mengakar, dan tradisinya tetap dipelihara di tiap keturunan.

Ada banyak hal yang identik dengan Imlek. Dari benda-benda yang berhubungan dengan Imlek maupun kegiatan yang dilakukankaitannya dengan Imlek. Keterangan di bawah ini gue sadur dari Kompas.com.

Hal pertama yang identik dengan Imlek adalah Angpao. Secara harafiah, ang pao berarti amplop yang berwarna merah. Ang pao telah menjadi salah satu simbol Tahun Baru Imlek. Pada hari raya ini, ada tradisi bahwa seseorang yang telah menikah memberikan ang pao yang berisi uang kepada orang yang lebih muda dan belum menikah. Soal jumlah, hal ini tergantung pada kemampuan dan kerelaan dari sang pemberi. Read the rest of this entry »

BUONGIORNO…

Pemanis Buatan merupakan kumpulan catatan yang berupa celotehan, ungkapan hati, hingga omong kosong akan segala sesuatu yang hadir di benak saya. Bebas, jujur, dan mungkin agak kurang ajar…

Semoga kumpulan catatan ini bisa dibaca dan dimengerti dengan kejujuran & hati yang ‘bebas’ sehingga syukur-syukur bisa menjadi pemanis hidup; kalo nggak buat kamu, ya minimal buat saya sendiri… :)

Namun, karena saya percaya bahwa kehidupan itu pada dasarnya memang baik adanya, maka pemanis yang ada dalam kumpulan catatan ini hanya sebatas ‘pemanis yang sengaja dibuat’ alias bersifat sementara dalam setiap kandungannya…

Back to the future…

December 2017
M T W T F S S
« Apr    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031