You are currently browsing the tag archive for the ‘keluarga’ tag.

imlek-2017Tahun Baru Imlek yang kebetulan jatuh pada hari Sabtu kemarin, tentunya disambut penuh sukacita oleh rekan-rekan gue yang merayakan. Berbagai aktivitas, tradisi, serta banyak ciri khas lainnya menjadi hal yang mewarnai perayaan tahun baru Imlek, ataupun perayaan tahun baru masehi yang juga dirayakan oleh semua orang.

Berbagai perayaan maupun peringatan hari besar agama, budaya, maupun nasional tentunya akan berlangsung rutin setiap tahun dan pastinya akan menghadirkan kegembiraan. Tapi, semua yang rutin dilakukan setiap tahunnya ini, kadang sebatas menjadi bentuk rutinitas semata; yang (sudah pasti) membutuhkan biaya tidak sedikit, tapi tidak memiliki makna yang ‘sesungguhnya’. Hanya berkumpul bersama, makan-makan, ngobrol bersama, itu aja. Read the rest of this entry »

Advertisements

quality-timeWeekend selalu hadir dalam hidup saya dan semua orang tentunya. Baik yang sudah bekerja atau masih berkuliah, baik yang berusia muda atau tua, baik yang sudah berkeluarga atau belum. Hari Sabtu dan Minggu kadang menjadi saat yang dinantikan, terlebih bagi yang sepanjang hari Senin hingga Jumat sibuk dengan aktivitasnya masing-masing. Akhir pekan juga tentu akan sangat berkaitan dengan istilah ‘quality time’. Dan mungkin banyak orang cukup familiar dengan istilah ini, tapi banyak juga yang belum akrab.

Menurut Google, quality time adalah waktu bermakna yang kita habiskan dengan orang-orang yang berharga untuk kita. Bisa jadi bersama pacar, teman, ataupun keluarga. Waktu ini bisa dihabiskan dengan melakukan berbagai hal bersama, seperti misalnya makan malem bareng, nonton bareng, berlibur bersama dan lain-lain. Read the rest of this entry »

SandwichKeajaiban selalu ada setiap saat. Gue melihat dunia, gue mengaguminya, dan gue membenamkan diri ke dalamnya.

Setiap pagi gue hadir dan menikmati bagian keindahan yang tersaji. Gue menatap heran dan kagum akan bias cahaya pagi yang menembus tiap bagian dairi puluhan ranting dann daun di halaman rumah.

Gue duduk di kursi teras dan menyeruput kopi susu hangat buatan istri dan gue kagum akan kelembutan, kahangatan, dan rasa yang terkecap di lidah. Oke, gue belum pernah minum kopi yang katanya paling enak sedunia, tapi saat ini gue sungguh terkesima dengan segelas kopi yang ada di hadapan gue ini.

Gue meraih Kompas hari ini dan segera membuka satu demi satu halamannya. Kadang wajah gue serius, kadang ketawa geli, dan kadang terheran-heran saat melahap satu demi satu berita yang disajikan. Hmm, gue kembali kagum, bahwa kertas demi kertas yang gue pegang ini sungguh bisa membuat gue mengeluarkan banyak ekspresi yang berwarna dan datang silih berganti. Read the rest of this entry »

CemasKetika berhadapan dengan uang dan memikirkan cara pengelolaannya, mungkin menjadi sisi yang tidak akan ada habisnya untuk dibahas. Terlebih jika sudah berkeluarga, akan menjadi tantangan lagi saat mengatur keuangan. Kenapa gue sebut tantangan? Karena banyak sebagian rekan menganggap sebuah pengaturan keuangan/pendapatan menjadi beban. Banyak juga yang mengampangkan soal pengaturan keuangan, jadi tidak perlu memikirkan terlalu berat. Ini yang kadang pada akhirnya bisa membuat kondisi keuangan tiap bulan menjadi rawan dan tak jarang berujung pada hutang.

Gue yang belum lama berkeluarga, juga merasakan hal yang sama. Kebutuhan saat hidup berkeluarga tentu berbeda jika dibandingkan saat gue masih lajang. Dan pelan-pelan gue juga mulai belajar mengelola keuangan keluarga. Mau tidak mau gue harus mulai membiasakan diri. Belum lagi jika nanti gue memiliki buah hati tentu juga akan berbeda lagi, bukan? Read the rest of this entry »

rumah mungil7 tahun lalu, gue menempati rumah di pinggiran kota Tangerang. Rumah kecil dengan harga yang menurut gue sangat terjangkau, apalagi dengan status gue waktu itu yang masih bujangan dan baru bekerja sekitar 3 tahunan di Jakarta setelah gue menyelesaikan pendidikan di Yogyakarta.

Pada awalnya, gue mengambil rumah memang tidak kepikiran untuk berinvestasi atau karena memang simpanan uang sudah banyak. Tapi niat awal waktu itu, karena gue ingin memiliki hunian sendiri dimana gue nantinya bisa belajar mandiri dan hidup prihatin. Apalagi gue sudah terbiasa ngekost di Jogja, walau hanya selama 3 tahun.

Gue pun membulatkan tekad untuk mengambil rumah tipe 33 dengan luas tanah 111 meter persegi. Yah berhubung rumah gue memiliki kelebihan tanah, maka dikit-dikit dipinjami sama orang tua buat membayar kelebihan tanah yang harus dibayar kontan. Singkat cerita, akhirnya gue pun menempati rumah gue dalam waktu yang nggak lama setelah prose angkat kredit. Dan justru disinilah awal dari keasyikan, kebahagiaan serta sikap keprihatinan gue yang sesungguhnya. Read the rest of this entry »

Tulisan ini gue ambil dari kisah yang gue tulis untuk memperingati 100 hari kepergiaan mama, istri dan pribadi istimewa yang tinggal di daerah Cimacan, Cipanas. Pengalaman hidupnya bersama suami dan keluarga sungguh membawa inspirasi dan kekuatan bagi kita semua bahwa perbedaan bisa menjadi sumber kekuatan yang abadi.Yuk sama-sama membaca dan ikut terinspirasi bersama….

—————————————

Sinar mentari pagi hadir bersama harapan baru di sebuah desa kecil pinggiran kota Jakarta. Di sudut ruangan sebuah rumah sederhana, suara tangisan bayi perempuan menandai hadirnya sebuah kehidupan baru. Pagi itu, pada 3 Juli 1952, sosok bayi mungil lahir prematur dan memberikan kebahagiaan serta harapan kepada orang di sekelilingnya, terutama untuk pasangan Oong Tedjalaksana dan Oey Marie sebagai orang tua. Berkat Tuhan yang begitu besar sungguh dapat mereka rasakan saat itu, dan mereka memberi nama bayi mungil itu: Rica Aryanti. Read the rest of this entry »

Oke, gue emang gemuk, tapi gak kegemukan. Gue emang sehat dan bugar, tapi gak selalu fit. Asupan gizi sangat cukup, sedangkan istirahat boleh dibilang kurang karena banyak kesibukan. Lalu apakah badan gue yang menurut gue ‘gemuk’ ini karena kebanyakan makan, gaya hidup yang salah, malas gerak, atau karena turunan genetik?

Badan gue emang ngalamin banyak siklus. Gue pernah kurus, tapi pernah gemuk. Dan interval waktunya kadang gak beraturan. Kurus, gemuk, kurus lagi, gemuk lagi. So, ada masalah dengan semua faktor yang gue sebut tadi diatas? Yuk, gue mau sharing satu demi satu. Sejak gue tinggal bareng orang tua, hingga saat gue menikah, dan tinggal bareng istri. Lebih luasnya, apakah hidup gue cukup ‘sehat’ selama ini? Read the rest of this entry »

Akhir pekan ini gue dan keluarga menghabiskan libur 2 hari di Jogja dan Klaten. Bukan untuk liburan, karena waktu 2 hari cukup singkat jika tujuannya hanya untuk berlibur. Gue dan keluarga ke sana karena ingin berkunjung ke tempat bude Piah di daerah Ngaglik Salam karena 5 hari lalu pakde menghadap Yang Kuasa. Kita semua juga berkunjung ke daerah Bayat Klaten untuk menengok pakde yang sakit sekaligus mengunjungi mbah.

Perjalanan yang melelahkan selama hampir 17 jam karena macet, tidak menyurutkan niat tulus untuk berkumpul bersama keluarga besar. Bapak sudah hampir 4 hari berada di sana. Sedangkan gue, istri, ibu mertua dan adik beserta suami menyusul Jumat sore karena ingin memanfaatkan libur 2 hari. Kami menyewa mobil yand dikendarai langsung oleh pak Kliwon, sang ketua RT di perumahan gue di Griya Serpong Asri.

Sesampainya di Salam Magelang, kami sekeluarga disambut oleh kehangatan yang ditunjukkan oleh keluarga besar di Salam. Dari obrolan yang penuh canda tawa, sajian kopi susu dan teh hangat, serta kue pukis dan tahu goreng membuat suasana makin menyenangkan dan bikin betah. Read the rest of this entry »

Jaringan komunikasi membentuk sebuah kesatuan sistem. Semua elemen yang banyak macam dan karakter menghasilkan sebuah simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan. Kadang sinyal memang sering hilang, kadang layanan tidak hadir dalam bentuk paling memuaskan. Namun jika fondasi layanan tetap terjaga dalam sebuah susunan baku yang kuat, maka akan selalu ada solusi pemecahan yang efektif. Tiap komponen harus berfungsi baik dan bisa menghasilkan output yang prima agar setiap kemudahan bisa dirasakan oleh semua pengguna.

Keluarga bagaikan sebuah sistem komunikasi dimana ada banyak komponen. Provider, sinyal, perangkat lunak, layanan, semua menjadi satu kesatuan walau hadir dalam banyak elemen. Dari susunan kata, Layanan Jaringan Terpadu, bisa diartikan secara simbolis dan kekuatan makna yang ‘mungkin asal’ sebagai sebuah ‘bentuk pelayanan dalam sebuah jaringan yang kontinu di dalam keluarga’. Read the rest of this entry »

Sudah lebih dari 5 tahun gue menempati rumah yang gue beli di perumahan Griya Serpong Asri. Rumah gue ini terletak di daerah Suradita-Cisauk, sekitar 3 km dari rencana kampus Unika Atma Jaya yang dibangun di BSD Serpong.

Awal membeli rumah, memang didasari keinginan untuk memiliki tempat tinggal sendiri. Meskipun kecil, namun bisa menjadi kebanggaan dan bisa jadi pembangkit semangat buat gue untuk bekerja lebih keras.

Rumah gue ini bertipe awal 31, dengan luas tanah 111 m2. Saat ini, bangunan yang gue tambah adalah sebuah ruangan berukuran 3×6 meter yang gue fungsikan sebagai dapur, gudang kecil dan ruang cuci. Untuk keseluruhan tampilan bangunan rumah memang nggak terlalu banyak berubah dari desain asli. Gue hanya menambahkan cat yang cantik pada dinding, membangun pagar depan dan ruangan dapur tadi. Tapi secara tatanan interior, gue berusaha memolesnya agar tampil cantik dan membuat gue dan kini istri gue menjadi nyaman bertempat tinggal dan beraktivitas di rumah ini. Read the rest of this entry »

BUONGIORNO…

Pemanis Buatan merupakan kumpulan catatan yang berupa celotehan, ungkapan hati, hingga omong kosong akan segala sesuatu yang hadir di benak saya. Bebas, jujur, dan mungkin agak kurang ajar…

Semoga kumpulan catatan ini bisa dibaca dan dimengerti dengan kejujuran & hati yang ‘bebas’ sehingga syukur-syukur bisa menjadi pemanis hidup; kalo nggak buat kamu, ya minimal buat saya sendiri… :)

Namun, karena saya percaya bahwa kehidupan itu pada dasarnya memang baik adanya, maka pemanis yang ada dalam kumpulan catatan ini hanya sebatas ‘pemanis yang sengaja dibuat’ alias bersifat sementara dalam setiap kandungannya…

Back to the future…

December 2017
M T W T F S S
« Apr    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031