You are currently browsing the tag archive for the ‘hidup’ tag.

suara-hatiHari ini, sebagian besar suara hati dari jutaan pribadi memunculkan diri, menyeruak diantara banyak suara-suara yang berseliweran. Keadaan ini sudah berlangsung beberapa bulan lalu, malahan. Kenapa begitu, ya karena saat ini bangsa kita sedang merayakan pesta demokrasi untuk memilih pemimpin daerah yang kebetulan diadakan di beberapa tempat, dan dilakukan secara serentak.

Saya juga dapat undangan untuk memilih. Kebetulan saya berhak memilih calon Gubernur Banten, karena saya tinggal di Tangerang. Kabetulan juga, hari ini bangun agak siang karena libur, hehe. Memang hari ini menjadi hari libur nasional berkaitan dengan diadakannya Pilkada alias Pemilihan Kepala Daerah. Dan saya pribadi pastinya akan menggunakan hak suara saya. Read the rest of this entry »

Advertisements

imlek-2017Tahun Baru Imlek yang kebetulan jatuh pada hari Sabtu kemarin, tentunya disambut penuh sukacita oleh rekan-rekan gue yang merayakan. Berbagai aktivitas, tradisi, serta banyak ciri khas lainnya menjadi hal yang mewarnai perayaan tahun baru Imlek, ataupun perayaan tahun baru masehi yang juga dirayakan oleh semua orang.

Berbagai perayaan maupun peringatan hari besar agama, budaya, maupun nasional tentunya akan berlangsung rutin setiap tahun dan pastinya akan menghadirkan kegembiraan. Tapi, semua yang rutin dilakukan setiap tahunnya ini, kadang sebatas menjadi bentuk rutinitas semata; yang (sudah pasti) membutuhkan biaya tidak sedikit, tapi tidak memiliki makna yang ‘sesungguhnya’. Hanya berkumpul bersama, makan-makan, ngobrol bersama, itu aja. Read the rest of this entry »

damai-di-bumiNatal telah lewat, tahun baru menjelang. Kebahagiaan Natal yang saya rasakan akan disusul oleh kebahagiaan baru saat merayakan pergantian tahun. Ini memang melulu soal peringatan dan perayaan sesuai kalender masehi yang berlaku. Tapi bagi saya, ini tetap perayaan, tetap menjadi momen untuk selalu bersyukur atas hidup bagi kita semua; apapun agama yang kita anut, asal budaya dan bangsa kita, atau apapun keyakinan, ideologi, paham, dan pemikiran yang kita pegang.

Saya nggak mau pusing soal bangaimana asal muasal agama, budaya, keyakinan dan aneka keberagaman lain itu terbentuk. Dan saya emang gak akan nulis soal ini. Saya hanya ingin menulis lagi soal yang saya rasakan dan yang saya harapkan saat ini dan bukan masa lalu. Hari ini dan bukan kemarin. Sekarang dan bukan tahun kemarin. Read the rest of this entry »

Arrrghh!Dalam banyak kisah hidup, kadang gue alami banyak keajaiban. Tapi nggak jarang saya juga seringkali merasa menemui jalan buntu. Mood, perasaan dan pikiran kadang saling bertabrakan dan susah untuk menemukan ‘kesepakatan’. Belum lagi kalo ego sudah mulai ikut ‘nimbrung, pasti makin berat langkah yang harus dijalani.

Saya kadang sering mengalami hal ini. Entah itu di rumah, di jalan, di kantor, atau dimanapun gue berada. Sering saya marah berat, atau kadang bengong kebingungan, merengut, tertunduk sedih, atau banyak lagi bentuk ekspresi dan gambaran sikap saya saat itu.

Tapi, nggak lama, biasanya saya bakal cape. Dan kadang kalo saya udah males membebani kepala dan otak dengan banyak pikiran yang bikin mau muntah, saya langsung menampar diri sendiri sambil bertanya dalam hati, “saya kenapa ya?” Read the rest of this entry »

berbagi KasihHari ini sungguh menghadirkan kebahagiaan, sukacita sekaligus keharuan buat gue. Tim Panin Dai-ichi Life, kantor dimana gue saat ini bekerja berkunjung ke Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) untuk berbagi kebahagiaan lewat donasi bagi adik-adik yang saat ini masih berjuang melawan Kanker yang menyerang tubuh mereka.

Di satu sisi, gue bahagia bisa ikut berbagi dengan mereka lewat kegiatan CSR yang dilakukan kantor gue. Di sisi lain gue kagum dengan semangat adik-adik penderita kanker yang selalu tampak ceria walau mereka sedang berjuang melawan penyakit ditemani kesungguhan hati para relawan dan pendidik yang ada di Yayasan itu, dan di sisi lainnya lagi gue terharu melihat mereka, karena di tengah kondisi mereka yang lemah tak berdaya, mereka tetap bisa menunjukkan keceriaan dan kebahagiaan… Read the rest of this entry »

persahabatanDalam sebuah perjalanan hidup, sebuah relasi akan selalu terbentuk. Dalam lingkup apapun dan dimanapun kita berada. Baik dalam keluarga, dalam lingkungan sekitar di rumah, kantor, organisasi, atau dimanapun. Dalam ranah pergaulan, kita tentu juga memiliki banyak relasi pertemanan. Entah itu rekan kerja, teman sepergaulan, hingga sahabat. Dan ini semua terjadi begitu saja, tanpa ada maksud atau upaya pengkotakan-kotakkan jenis relasi itu sendiri.

Gue yang masih cukup muda (dan berasa muda juga) hehe, juga memiliki teman maupun sahabat. Dan ini menjadi sebuah relasi atau hubungan yang akan selalu gue jaga. Karena itu semua sungguh memberikan banyak kekuatan buat gue pribadi, dalam bentuk apapun itu. Read the rest of this entry »

susun kembali kedamaianPeristiwa yang terjadi di Jakarta seminggu lalu seakan membuyarkan kembali kedamaian yang tercipta dan terpelihara cukup lama. Serangan teror yang terjadi di sekitar Sarinah Jakarta itu mungkin menjadi hal yang biasa bagi para pelaku. Tapi bagi warga Jakarta khususnya dan semua pribadi yang tinggal dan beraktivitas di bagian manapun di dunia ini, tentu ini menjadi hal yang luar biasa. Walau suka atau tidak, beberapa bagian dari dunia ini masih bergejolak dan hidup dalam ancaman kemanusiaan.

Kenapa bagi para pelaku ini menjadi hal biasa? Karena mereka melakukannya sebagai sebuah hal yang memang perlu dilakukan. Mereka siap berkorban jiwa raga demi keyakinan mereka dan untuk itu mereka bangga untuk menodai nilai kemanusiaan.

Semua rangkaian teror yang terjadi di dunia ini memang seakan menjadi mata rantai yang terpisahkan. Semua alasan saling dibeberkan, dan sebab akibat seakan menjadi bahasan yang tiada akan habisnya. Sedihnya, ini selalu membawa korban banyak insan yang kadang tidak mengerti apa yang sebenarnya terjadi? Mengapa semua ini terjadi? dan kenapa harus kami yang merasakan semua kepedihan ini? Read the rest of this entry »

(is what to do…)

Ini hanya sekedar resolusi, bukan kumpulan target yang muluk-muluk… Tapi asik juga ya, kalo setidaknya ada semacam keinginan-keinginan kecil agar kita bisa melakukan segala sesuatunya dengan lebih baik, yang berarti juga adalah hidup kita tahun ini makin asiiiikkk dari tahun yang kemarin….

Daftar sesuatu yang ingin gue lakukan dibawah ini gue sadur berdasarkan sebuah email dari seorang teman dan gue tambahin sesuai keinginan gue. Sifatnya ringan-ringan aja. Ini sih yang kebetulan ada di pikiran gue. Kalo loe gimana ??

 

Buat KESEHATAN gue :

01. Minum lebih banyak air. Sebisa mungkin sih air putih. Apalagi kalo lagi di kantor, sebisa mungkin sih bisa refill botol minum gue 2 kali sehari. Ngopi boleh lah, maksimal 2 gelas sehari… dengan sedikit cream tentunya.

02. Sarapan seperti seorang Raja, makan siang seperti seorang Pangeran, dan makan malam layaknya seorang pengemis…  Artinya: selalu berusaha makan 3 kali sehari, sarapan adalah keharusan, dan makan malam gak perlu kalap… yang penting cukup lah… Read the rest of this entry »

lembaran baruTahun Baru, lembaran Baru. Masih dalam satu perjalanan. Tahun lalu kita lewati dengan sukacita. Tahun ini pun harusnya penuh dengan tawa.

Resolusi, niat, mimpi apapun itu pastinya akan selalu hadir dalam benak kita. Tidak salah, malah bisa jadi pemicu untuk semakin mantap melangkah.

Kegagalan, kesedihan, dan keletihan juga akan selalu ada. Mau tidak mau, semua juga akan dilewati. Tinggal bagaimana solusi menjadi teman seperjalanan dalam setiap langkahnya nanti. Read the rest of this entry »

pelayan kasihJumat itu gue hadir di misa Jumat Pertama (Jumper) di kantor gue. Hampir aja gue lupa kalo hari itu adalah hari jumat pertama dimana ada perayaan misa di kantor gue dan biasanya dihadiri oleh karyawan dari beberapa perusahaan yang berlokasi di sekitar situ. Di Katolik, memang ada tradisi perayaan Ekaristi setiap Jumat pertama di tiap bulan, sebagai lambang pertobatan.

Perayaan Ekaristi tiap Jumat ini memang rutin diadakan di tempat gue bekerja, tapi gue nggak ngerasa itu sebagai sebuah rutinitas yang menjemukan apalagi keterpaksaan daripada nggak ada kegiatan lain. Apalagi, kalo hari Jumat seperti biasa jam makan siang waktunya lebih panjang, karena selain kegiatan sholat Jumat buat saudara Muslim, tiap Jumat kadang jadi agenda makan di luar kantor buat sebagian karyawan dan lokasinya nggak seputaran kantor aja. Bisa di CP, Senayan, atau Taman Anggrek. Intinya Jumat adalah hari bersenang-senang saat lunch, hehehe Read the rest of this entry »

BUONGIORNO…

Pemanis Buatan merupakan kumpulan catatan yang berupa celotehan, ungkapan hati, hingga omong kosong akan segala sesuatu yang hadir di benak saya. Bebas, jujur, dan mungkin agak kurang ajar…

Semoga kumpulan catatan ini bisa dibaca dan dimengerti dengan kejujuran & hati yang ‘bebas’ sehingga syukur-syukur bisa menjadi pemanis hidup; kalo nggak buat kamu, ya minimal buat saya sendiri… :)

Namun, karena saya percaya bahwa kehidupan itu pada dasarnya memang baik adanya, maka pemanis yang ada dalam kumpulan catatan ini hanya sebatas ‘pemanis yang sengaja dibuat’ alias bersifat sementara dalam setiap kandungannya…

Back to the future…

December 2017
M T W T F S S
« Apr    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031