You are currently browsing the tag archive for the ‘budaya’ tag.

Dalam keseharian, kita banyak disesaki oleh banyak informasi, materi hiburan, informasi dan edukasi melalui beragam lini media yang semua itu ‘memaksa’ masuk ke semua indera kita, terutama mata dan telinga. Khususnya lagi kalo kita bicara di lini media yang cukup pupuler seperti televisi, internet, radio, hingga media cetak. Okelah memang ada banyak sekali ragam cara kita bisa mendapatkan semua hal baru lewat banyak media itu, dari yang memang kita butuhkan untuk menambah wawasan maupun saat kita membutuhkan hiburan. Read the rest of this entry »

Advertisements

imlek-2017Tahun Baru Imlek yang kebetulan jatuh pada hari Sabtu kemarin, tentunya disambut penuh sukacita oleh rekan-rekan gue yang merayakan. Berbagai aktivitas, tradisi, serta banyak ciri khas lainnya menjadi hal yang mewarnai perayaan tahun baru Imlek, ataupun perayaan tahun baru masehi yang juga dirayakan oleh semua orang.

Berbagai perayaan maupun peringatan hari besar agama, budaya, maupun nasional tentunya akan berlangsung rutin setiap tahun dan pastinya akan menghadirkan kegembiraan. Tapi, semua yang rutin dilakukan setiap tahunnya ini, kadang sebatas menjadi bentuk rutinitas semata; yang (sudah pasti) membutuhkan biaya tidak sedikit, tapi tidak memiliki makna yang ‘sesungguhnya’. Hanya berkumpul bersama, makan-makan, ngobrol bersama, itu aja. Read the rest of this entry »

susun kembali kedamaianPeristiwa yang terjadi di Jakarta seminggu lalu seakan membuyarkan kembali kedamaian yang tercipta dan terpelihara cukup lama. Serangan teror yang terjadi di sekitar Sarinah Jakarta itu mungkin menjadi hal yang biasa bagi para pelaku. Tapi bagi warga Jakarta khususnya dan semua pribadi yang tinggal dan beraktivitas di bagian manapun di dunia ini, tentu ini menjadi hal yang luar biasa. Walau suka atau tidak, beberapa bagian dari dunia ini masih bergejolak dan hidup dalam ancaman kemanusiaan.

Kenapa bagi para pelaku ini menjadi hal biasa? Karena mereka melakukannya sebagai sebuah hal yang memang perlu dilakukan. Mereka siap berkorban jiwa raga demi keyakinan mereka dan untuk itu mereka bangga untuk menodai nilai kemanusiaan.

Semua rangkaian teror yang terjadi di dunia ini memang seakan menjadi mata rantai yang terpisahkan. Semua alasan saling dibeberkan, dan sebab akibat seakan menjadi bahasan yang tiada akan habisnya. Sedihnya, ini selalu membawa korban banyak insan yang kadang tidak mengerti apa yang sebenarnya terjadi? Mengapa semua ini terjadi? dan kenapa harus kami yang merasakan semua kepedihan ini? Read the rest of this entry »

IMG_20160110_181155_1Minggu sore kemarin gue dan istri sengaja hadir di Summarecon Digital Center (SDC) untuk mengikuti kegiatan nonton bareng (nobar) partai Inter vs Sassuolo dalam lanjutan pertandingan seri A. Gue emang udah lama nggak menghadiri kegiatan nobar, karena selain kesibukan, kadang gue juga suka lupa kalo ada kegiatan ini… hehe (di catatan ini ada beberapa foto sederhana yang gue ambil pake HP dan bisa dinikmati-harap maklum kalo kualitasnya nggak bagus hehe)

So, setelah sekian lama gue aktif berkomunikasi lewat whatsapp, akhirnya gue bisa berkumpul lagi bersama semua rekan dari Inter Club Indonesia Tangerang Raya. Memang gak semua teman-teman lama gue bisa ketemu, karena event nobar kali itu dihadiri lebih dari 500 pecinta Inter. Read the rest of this entry »

(is what to do…)

Ini hanya sekedar resolusi, bukan kumpulan target yang muluk-muluk… Tapi asik juga ya, kalo setidaknya ada semacam keinginan-keinginan kecil agar kita bisa melakukan segala sesuatunya dengan lebih baik, yang berarti juga adalah hidup kita tahun ini makin asiiiikkk dari tahun yang kemarin….

Daftar sesuatu yang ingin gue lakukan dibawah ini gue sadur berdasarkan sebuah email dari seorang teman dan gue tambahin sesuai keinginan gue. Sifatnya ringan-ringan aja. Ini sih yang kebetulan ada di pikiran gue. Kalo loe gimana ??

 

Buat KESEHATAN gue :

01. Minum lebih banyak air. Sebisa mungkin sih air putih. Apalagi kalo lagi di kantor, sebisa mungkin sih bisa refill botol minum gue 2 kali sehari. Ngopi boleh lah, maksimal 2 gelas sehari… dengan sedikit cream tentunya.

02. Sarapan seperti seorang Raja, makan siang seperti seorang Pangeran, dan makan malam layaknya seorang pengemis…  Artinya: selalu berusaha makan 3 kali sehari, sarapan adalah keharusan, dan makan malam gak perlu kalap… yang penting cukup lah… Read the rest of this entry »

lembaran baruTahun Baru, lembaran Baru. Masih dalam satu perjalanan. Tahun lalu kita lewati dengan sukacita. Tahun ini pun harusnya penuh dengan tawa.

Resolusi, niat, mimpi apapun itu pastinya akan selalu hadir dalam benak kita. Tidak salah, malah bisa jadi pemicu untuk semakin mantap melangkah.

Kegagalan, kesedihan, dan keletihan juga akan selalu ada. Mau tidak mau, semua juga akan dilewati. Tinggal bagaimana solusi menjadi teman seperjalanan dalam setiap langkahnya nanti. Read the rest of this entry »

MorningBiasanya istilah peruntungan sering terdengar marak di awal tahun. Entah itu tahun baru masehi atau imlek. Sepertinya kurang afdol memulai tahun yang baru jika tidak membaca atau mencoba mencari tahu mengenai bagaimana peruntungan kita di tahun depan. Walau belum terjadi, sepertinya kita penasaran aja gimana sih nasib kita tahun depan, atau hoki kita, atau peruntungan kita… Hmm… Bikin penasaran atau memeng terobsesi pingin tahu?

 Okelah, ini kan soal hidup dan apa yang terjadi di dalamnya. Enggak akan ada yang tahu apa yang akan terjadi. Tapi jika seandainya kita tahu arah peruntungan kita, mungkin kita bisa jaga-jaga atau waspada atau menjaga perbuatan dan langkah agar tidak asal-asalan. Hehehe, makin pusing kan? Read the rest of this entry »

Kombinasi-Warna-Cat-RumahKeindahan sebuah rumah bisa dilihat dari warna dinding dari interior. Warna memiliki kekuatan keindahan dan psikologi yang bisa membuat perasaan menjadi nyaman dan hati jadi hepi. Ruangan kecil bisa terlihat luas dengan pemilihan warna yang pas. Sebaliknya, ruangan bisa terlihat sempit jika salah memilih warna pada dinding. Begitu juga saat makan di ruang makan, pemilihan warna yang pas membuat selera makan makin besar, dan suasana ngobrol santai bersama keluarga pun makin menjadi kenyamanan tersendiri. Gue akan menyadur sebuah artikel sederhana yang semoga bisa memberi inspirasi saat membangun rumah, atau melakukan pengecatan ulang ruangan di rumah Anda. Read the rest of this entry »

prosesDalam banyak hal, kemungkinan akan selalu ada. Harapan harusnya selalu berjalan berdampingan. Kesetiaan menjadi stimulus untuk terus melangkah. Waktu memang tidak sebentar, daya dan upaya memang juga tidak sedikit yang dibutuhkan, dan pastinya proses akan menjadi kunci utama yang akan membuka pintu gerbang keberhasilan.

Proses bukan hanya menjadi sebuah bumbu, melainkanmenjadi sebuah syarat utama. Bahan baku yang harusnya mendominasi bagian dari banyak kepingan yang akan membentuk sebuah susunan indah. Proses menjadi harapan, dan menjadi sebuah jalan untuk meraih mimpi, suka atau tidak suka. Read the rest of this entry »

semangat kemerdekaanSiang ini gue menulis di tengah-tengah acara peringatan hari Kemerdekaan negara kita tercinta di komplek.

Gue berada di tengah-tengah kemeriahan lomba anak-anak yang diikuti oleh semua anak di lingkungan gue. Semua tampak bahagia, bersemangat, dan tidak kenal lelah. Semua aura itu sungguh terpancar di wajah masing-masinh anak hingga ke para orang tua baik yang menjadi panitia maupun penonton.

Lomba bagi anak-anak dalam rangka menyambut kemerdekaan negeri ini memang menjadi tradisi yang melekat sejak puluhan tahun di masyarakat kita. Jenis lomba yang diadakan pun sangat beragam berdasarkan kelompok usia, seperti balap karung, balap sendok kelereng, memasukkan paku ke botol, makan kerupuk, lomba sepeda hias, mengambil uang koin di jeruk yang dilumuri coklat, hingga ke pertandingan beragam cabang olahraga hingga panjat pinang.

Semua agenda lomba dan pertandingan ini bukan mencari juara, melinkan sebagai ajang pemersatu dan kebersamaan dalam merayakan hari istimewa buat bangsa ini. Semua warga tampak saling berbagi canda, tawa, dan bersilahturami dengan penuh kekraban. Ini alasan yang membuat perayaan ini setiap tahunnya selalu memiliki warna dan semangat yang makin bergelora. Read the rest of this entry »

BUONGIORNO…

Pemanis Buatan merupakan kumpulan catatan yang berupa celotehan, ungkapan hati, hingga omong kosong akan segala sesuatu yang hadir di benak saya. Bebas, jujur, dan mungkin agak kurang ajar…

Semoga kumpulan catatan ini bisa dibaca dan dimengerti dengan kejujuran & hati yang ‘bebas’ sehingga syukur-syukur bisa menjadi pemanis hidup; kalo nggak buat kamu, ya minimal buat saya sendiri… :)

Namun, karena saya percaya bahwa kehidupan itu pada dasarnya memang baik adanya, maka pemanis yang ada dalam kumpulan catatan ini hanya sebatas ‘pemanis yang sengaja dibuat’ alias bersifat sementara dalam setiap kandungannya…

Back to the future…

December 2017
M T W T F S S
« Apr    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031