You are currently browsing the category archive for the ‘celotehan hati’ category.

happy-7th-anniversar-pemanis-buatanTepat tanggal 2 Januari 2017 lalu, blog Pemanis Buatan  genap berusia 7 tahun. Nggak berasa ya, udah sekian waktu saya menulis, dan bisa menuangkan banyak hal dari dalam hati dan pikiran saya dalam banyak halaman di blog ini.

Seperti yang sudah saya utarakan sejak awal menulis di blog ini, kalo Pemanis Buatan merupakan kumpulan catatan yang berupa celotehan, ungkapan hati, hingga omong kosong akan segala sesuatu yang hadir di benak saya. Bebas, jujur, dan mungkin agak kurang ajar…

Semoga kumpulan catatan ini bisa dibaca dan dimengerti dengan kejujuran dan hati yang ‘bebasa’ sehingga syukur-syukur bisa menjadi pemanis hidup; kalo nggak buat kamu, ya minimal buat saya sendiri…

Namun, karena saya percaya bahwa kehidupan itu pada dasarnya memang baik adanya, maka pemanis yang ada dalam kumpulan catatan ini hanya sebatas ‘pemanis yang sengaja dibuat’ alias bersifat sementara dalam setiap kandungannya… Read the rest of this entry »

Advertisements

damai-di-bumiNatal telah lewat, tahun baru menjelang. Kebahagiaan Natal yang saya rasakan akan disusul oleh kebahagiaan baru saat merayakan pergantian tahun. Ini memang melulu soal peringatan dan perayaan sesuai kalender masehi yang berlaku. Tapi bagi saya, ini tetap perayaan, tetap menjadi momen untuk selalu bersyukur atas hidup bagi kita semua; apapun agama yang kita anut, asal budaya dan bangsa kita, atau apapun keyakinan, ideologi, paham, dan pemikiran yang kita pegang.

Saya nggak mau pusing soal bangaimana asal muasal agama, budaya, keyakinan dan aneka keberagaman lain itu terbentuk. Dan saya emang gak akan nulis soal ini. Saya hanya ingin menulis lagi soal yang saya rasakan dan yang saya harapkan saat ini dan bukan masa lalu. Hari ini dan bukan kemarin. Sekarang dan bukan tahun kemarin. Read the rest of this entry »

Arrrghh!Dalam banyak kisah hidup, kadang gue alami banyak keajaiban. Tapi nggak jarang saya juga seringkali merasa menemui jalan buntu. Mood, perasaan dan pikiran kadang saling bertabrakan dan susah untuk menemukan ‘kesepakatan’. Belum lagi kalo ego sudah mulai ikut ‘nimbrung, pasti makin berat langkah yang harus dijalani.

Saya kadang sering mengalami hal ini. Entah itu di rumah, di jalan, di kantor, atau dimanapun gue berada. Sering saya marah berat, atau kadang bengong kebingungan, merengut, tertunduk sedih, atau banyak lagi bentuk ekspresi dan gambaran sikap saya saat itu.

Tapi, nggak lama, biasanya saya bakal cape. Dan kadang kalo saya udah males membebani kepala dan otak dengan banyak pikiran yang bikin mau muntah, saya langsung menampar diri sendiri sambil bertanya dalam hati, “saya kenapa ya?” Read the rest of this entry »

susun kembali kedamaianPeristiwa yang terjadi di Jakarta seminggu lalu seakan membuyarkan kembali kedamaian yang tercipta dan terpelihara cukup lama. Serangan teror yang terjadi di sekitar Sarinah Jakarta itu mungkin menjadi hal yang biasa bagi para pelaku. Tapi bagi warga Jakarta khususnya dan semua pribadi yang tinggal dan beraktivitas di bagian manapun di dunia ini, tentu ini menjadi hal yang luar biasa. Walau suka atau tidak, beberapa bagian dari dunia ini masih bergejolak dan hidup dalam ancaman kemanusiaan.

Kenapa bagi para pelaku ini menjadi hal biasa? Karena mereka melakukannya sebagai sebuah hal yang memang perlu dilakukan. Mereka siap berkorban jiwa raga demi keyakinan mereka dan untuk itu mereka bangga untuk menodai nilai kemanusiaan.

Semua rangkaian teror yang terjadi di dunia ini memang seakan menjadi mata rantai yang terpisahkan. Semua alasan saling dibeberkan, dan sebab akibat seakan menjadi bahasan yang tiada akan habisnya. Sedihnya, ini selalu membawa korban banyak insan yang kadang tidak mengerti apa yang sebenarnya terjadi? Mengapa semua ini terjadi? dan kenapa harus kami yang merasakan semua kepedihan ini? Read the rest of this entry »

Damn! i love indonesia more and more!Sebuah perayaan ulang tahun tidak perlu mewah dan sarat makanan enak atau dekorasi yang indah. Perayaan ulang tahun bisa dilakukan sederhana dalam kebersamaan yang sarat akan canda tawa.

Siang ini, saat gue menulis, gue kembali merayakan pesta ulang tahun Indonesia yang ke 70. Di perumahan gue, hari ini diadakan lomba anak-anak yang berada di lingkungan RT dimana gue tinggal. Jenis lombanya sih seperti yang biasa dilakukan, seperti balap karung, gigit koin, sendok kelereng, atau memindahkan bendera ke botol. Read the rest of this entry »

Wonderfull LifeBanyak sih yang bilang kalo hidup sehat itu perpaduan antara jasmani dan rohani. Badan dan pikiran. Emang bener sih… Tapi yang mau gue bahas lebih di catatan kali ini adalah soal gimana menjaga hidup sehat secara jasmani. Melulu soal bagaimana menjaga kesehatan dan membuat badan tetap fit. Susah? Enggak sih kalau mau. Soalnya sederhana dan butuh niat aja. Tapi masalahnya sampai saat ini gue belum bisa melakukan banyak hal yang mengarah menuju badan sehat secara ideal (menurut gue..) hehe.. Read the rest of this entry »

Menikmati HidupMasa lalu adalah masa lalu. Semua mungkin akan teringat ketika kita mengalami dan menjalani banyak hal baru. Tapi masa lalu tetap masa lalu, dan nggak akan kembali. Tapi, gue bersyukur untuk hal ini.

Saat ini adalah masa Prapaskah yang kembali gue lalui. Sebagai seorang Katholik, masa Prapaskah adalah waktu dimana kita melakukan pertobatan dalam menyambut Paskah. Masa selama 40 hari ini juga disebut masa puasa dan berpantang. Tapi jauh lebih dari itu, di masa ini kita diharapkan bisa berbuat banyak hal baik untuk menjadikan kita ‘manusia baru’ lagi. Nggak sekedar berpuasa dan berpantang, tapi juga harus dilengkapi dengan banyak perbuatan baik sambil terus memperkuat iman. Sedaap… Read the rest of this entry »

secangkir kopi penuh cintaKetika menyambut pagi, gue selalu menyempatkan diri untuk menuangkan sebaris tegukan kopi hangat yang melegakan tenggorokan dan hati. Pagi adalah momen dimana kehangatan harus dihadirkan baik dalam otak maupun tindakan. Ketika harus menyiapkat semangat, itu adalah kekuatan yang menjadi pemimpin utama saat akan melangkah menyambut banyak kesempatan. Read the rest of this entry »

Happy BabyNggak sadar, tahun 2015 sudah hadir. Terima kasih buat semua hal indah yang telah gue lewatin dalam tahun 2014 lalu. Ada banyak hal indah dan nggak nyenengin tentunya, dan semua udah gue dan kita semua lewatin. Semua nggak akan kembali, dan saatnya melangkah lebih lagi ke depan.

Puji Tuhan untuk Sahabat Terbaik yang selalu menemani gue. Terima kasih juga buat Istri tersayang, keluarga, teman, sahabat, rekan bisnis, dan semua pribadi yang menemani dan mewarnai hidup gue.

Tahun baru memang sebuah momentum biasa yang akan dilalui setiap tahun. Tapi gue akan memaknai tahun ini sebagai sebuah perjalanan hidup layaknya seorang bayi yang hadir di dunia. Bayi kecil yang yang menyambut kehidupan baru dengan semangat yang tentunya baru dan tanpa niat apa-apa selain untuk menikmati hidup dengan polos, jujur, dan apa adanya. Seorang pribadi yang bersih, dengan niat yang pastinya juga murni.

Tujuan dalam hidup pasti ada, begitu juga target dan harapan yang akan diraih dalam hidup. Di tahun ini gue juga memiliki banyak impian dan keinginan yang akan gue wujudkan; dan gue akan berusaha keras untuk mewujudkannya.

Mari memulai tahun ini dengan cara pandang dan semangat baru. Semua tantangan dan kesulitan akan hadir, begitu juga dengan berkat dan keberhasilan. Biarlah semua itu mewarnai perjalanan hidup gue dan hidup teman-teman semua dan pada akhirnya akan membuat kita semua makin bersyukur pada Tuhan akan hidup yang luar biasa ini.

Selamat Tahun Baru 2015,

Tuhan memberkati.

Pemanisbuatan
Antonius Harmoko

mornin coffeeSenyum itu, sentuhan itu…

Pagi ini, pelukan ini…

Ditingkah ceret panas yang bergejolak dan potongan sayuran yang menyembul segar; di sebuah sudut ruang; hawa dingin masih meluluri tubuh; kamu menatap pelan di sudut pandangan.

Enam pagi; tidak mendung; aroma hari yang mulai tersusun dan menangkap imaji lebih dalam; bersama sebuah uluran secangkir kopi dan roti isi telur yang tersusun rapi di sudut meja sarapan; sambil tetap wajahmu tersenyum memandang bersama cinta. Read the rest of this entry »

BUONGIORNO…

Pemanis Buatan merupakan kumpulan catatan yang berupa celotehan, ungkapan hati, hingga omong kosong akan segala sesuatu yang hadir di benak saya. Bebas, jujur, dan mungkin agak kurang ajar…

Semoga kumpulan catatan ini bisa dibaca dan dimengerti dengan kejujuran & hati yang ‘bebas’ sehingga syukur-syukur bisa menjadi pemanis hidup; kalo nggak buat kamu, ya minimal buat saya sendiri… :)

Namun, karena saya percaya bahwa kehidupan itu pada dasarnya memang baik adanya, maka pemanis yang ada dalam kumpulan catatan ini hanya sebatas ‘pemanis yang sengaja dibuat’ alias bersifat sementara dalam setiap kandungannya…

Back to the future…

December 2017
M T W T F S S
« Apr    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031