quality-timeWeekend selalu hadir dalam hidup gue dan semua orang tentunya. Baik yang sudah bekerja atau masih berkuliah, baik yang berusia muda atau tua, baik yang sudah berkeluarga atau belum. Hari Sabtu dan Minggu kadang menjadi saat yang dinantikan, terlebih bagi yang sepanjang hari Senin hingga Jumat sibuk dengan aktivitasnya masing-masing. Akhir pekan juga tentu akan sangat berkaitan dengan istilah ‘quality time’. Dan mungkin banyak orang cukup familiar dengan istilah ini, tapi banyak juga yang belum akrab.

Menurut Google, quality time adalah waktu bermakna yang kita habiskan dengan orang-orang yang berharga untuk kita. Bisa jadi bersama pacar, teman, ataupun keluarga. Waktu ini bisa dihabiskan dengan melakukan berbagai hal bersama, seperti misalnya makan malem bareng, nonton bareng, berlibur bersama dan lain-lain.

Nah, bagi gue, weekend tentu akan menjadi saat menghadirkan quality time yang paling oke, walau di hari-hari biasa gue juga kerap melakukan aktivitas bersama keluarga. Memang saat hari biasa, waktu yang gue dan istri miliki cukup terbatas, tapi kita berusaha untuk memaksimalkan waktu yang tersisa setiap harinya sekembali kita selesai beraktivitas. Kita akan selalu menyempatkan untuk makan malam bersama, atau sekedar menikmati segelas kopi atau teh bersama sambil menikmati cemilan, misalnya. Saat sesi makan atau minum teh bersama itu adalah saat kita berdua bisa ngobrol banyak, bercanda, bahkan sharing mengenai apapun. Cukup mudah dan nggak sulit sih, yang penting kita berdua meluangkan waktu walau hanya satu jam setiap malam, itu sudah cukup.

Saat weekend, tentu akan makin banyak kesempatan untuk menghadirkan quality time. Karena gue belum dikaruniai momongan, maka banyak aktivitas menyenangkan yang bisa gue lakukan berdua istri selama Sabtu dan Minggu. Mulai dari belanja bersama, berkebun dan merawat tanaman bersama, nonton film di rumah bersama, ke Gereja bersama, hingga makan malam bersama di tempat-tempat yang asik yang biasa menjadi destinasi favorit kita berdua.

Nggak perlu biaya mahal, apalagi harus pergi ke luar kota untuk mencari hiburan. Bahkan gue dan istri bisa melakukan banyak hal menyenangkan di rumah. Bahkan, sekedar menemani istri memasak untuk kemudian menyantapnya bersama sambil menonton film favorit di TV sudah cukup untuk bikin kita berdua hepi.

Banyak temen gue yang kadang gak bisa memiliki quality time ini. Kadang jika ada waktu, mereka suka bingung, mau jalan kemana, mau nonton apa, mau belanja apa jalan-jalan, atau karena terlalu bersemangat menyambut weekend, temen gue itu sibuk menyiapkan banyak rencana untuk berbagi waktu bersama keluarga. Sayangnya, justru dari banyak rencana itu nggak ada yang kesampaian, karena masing-masing punya rencana berbeda dan ‘ngotot’ harus diwujudkan. Jadinya, malah bikin mood berantakan kalo nggak sepakat kan?

Kalo buat gue sih, dan yang udah sering gue ungkapkan lewat tulisan gue di blog ini, yang penting buat gue itu bukan kita mau kemana, atau kita mau makan apa, atau mau nonton film apa, atau mau melakukan apa saat weekend, dan bakal habis biaya berapa. Tapi bagi gue, kita bisa menikmati quality time dengan ‘siapa’. Yang pasti dengan keluarga tercinta dong…

Makanya walau ‘hanya’ bermodal ikan setengah kilo, sama lalapan, lalu nonton film yang di-download dari internet, gue sama istri sangat bisa menikmati kebesamaan di rumah. Apalagi kalo istri gue bikin es buah sebagai pencuci mulut, makin lengkap deh…

Kita semua bisa kok menikmati dan memiliki quality time masing-masing dengan keasikannya masing-masing. Apalagi saat menghabiskan waktu bersama buah hati ketika saat weekday nggak sempet tatap muka terlalu sering, tentunya akan sangat menyenangkan. Entah menemani si kecil membeli buku komik kesukaannya, nonton film keluarga terbaru yang baru aja tayang di Blitz atau XXI, sampai ngajak makan di resto favorit keluarga. Pasti menyenangkan!

So, selamat menikmati quality time loe bersama keluarga ya… Just have fun and enjor your wonderfull life!

Advertisements