berbagi KasihHari ini sungguh menghadirkan kebahagiaan, sukacita sekaligus keharuan buat gue. Tim Panin Dai-ichi Life, kantor dimana gue saat ini bekerja berkunjung ke Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) untuk berbagi kebahagiaan lewat donasi bagi adik-adik yang saat ini masih berjuang melawan Kanker yang menyerang tubuh mereka.

Di satu sisi, gue bahagia bisa ikut berbagi dengan mereka lewat kegiatan CSR yang dilakukan kantor gue. Di sisi lain gue kagum dengan semangat adik-adik penderita kanker yang selalu tampak ceria walau mereka sedang berjuang melawan penyakit ditemani kesungguhan hati para relawan dan pendidik yang ada di Yayasan itu, dan di sisi lainnya lagi gue terharu melihat mereka, karena di tengah kondisi mereka yang lemah tak berdaya, mereka tetap bisa menunjukkan keceriaan dan kebahagiaan…

Donasi kantor gue kepada YKAKI dilakukan melalui gerakan Origami Hati Kami, dimana kita mensosialisasikan cara membuat origami berbentuk hati baik kepada karyawan, agen asuransi, maupun masyarakat secara luas. Mereka semua senang belajar origami berbentuk hati dan memposting foto mereka dengan origami hati yang sudah mereka buat di sosial media Instagram masing-masing. Dari situlah, terkumpul hampir 10.000 foto, dimana setiap fotonya, akan didonasikan sejumlah Rp 10.000 kepada YKAKI.

Kasih dan perbuatan baik serta uluran tangan memang sungguh luar biasa, dan tidak bisa diukur dari segi berapa besar bantuan yang kita berikan, berapa banyak uang yang kita transfer, atau berapa luas jangkauan dari tindakan kita buat sesama itu.

Saat gue dan rekan-rekan kantor berkunjung, adik-adik yang rata-rata berusia 3 – 12 tahun mungkin nggak akan sadar mengenai nilai donasi yang kita salurkan. Yang mereka pahami dan sadari adalah ketika banyak teman yang masih mau mengunjungi mereka, berbagi kebahagiaan dengan mereka, dan mau melihat mereka bernyanyi dan menari bersama dalam keterbatasan. Gue sendiri jujur, nggak mampu bicara banyak selain melihat mereka dengan perasaan bahagia dan penuh keharuan. Tingkah polah mereka yang jujur, polos dan apa adanya membuat gue dan semua tim dari kantor gue mendapat ‘kekuatan’ lebih buat diri kita masing-masing untuk melangkah dalam hidup yang penuh warna dan tantangan.

Gue bersyukur, karena gue dan semua rekan tidak mengalami apa yang mereka alami saat kecil. Tidak harus berjuang melawan penyakit ganas seperti yang mereka lakukan saat ini. Dan itu sungguh membuat gue selalu bersyukur.

Gue akan ingat hari ini. Hari di mana gue bisa berbagi kebahagiaan dengan mereka. Hari dimana gue bisa terhibur dan diingatkan untuk selalu bersyukur justru oleh mereka yang saat ini sedang menderita sakit.

Semoga adik-adik cepat mendapatkan kesembuhan ya. Sehingga para pengasuh di YKAKI, para keluarga dan semua masyarakat umum termasuk gue akan selalu memiliki rasa syukur akan anugerah hidup yang kita miliki dan untuk terus memiliki semangat berbagi kepada sesama yang membutuhkan; kapanpun dan dimanapun itu.

God bless us…