persahabatanDalam sebuah perjalanan hidup, sebuah relasi akan selalu terbentuk. Dalam lingkup apapun dan dimanapun kita berada. Baik dalam keluarga, dalam lingkungan sekitar di rumah, kantor, organisasi, atau dimanapun. Dalam ranah pergaulan, kita tentu juga memiliki banyak relasi pertemanan. Entah itu rekan kerja, teman sepergaulan, hingga sahabat. Dan ini semua terjadi begitu saja, tanpa ada maksud atau upaya pengkotakan-kotakkan jenis relasi itu sendiri.

Gue yang masih cukup muda (dan berasa muda juga) hehe, juga memiliki teman maupun sahabat. Dan ini menjadi sebuah relasi atau hubungan yang akan selalu gue jaga. Karena itu semua sungguh memberikan banyak kekuatan buat gue pribadi, dalam bentuk apapun itu.

Sahabat yang gue artikan sebagai teman baik, atau teman yang lebih akrab, tentu juga menjadi sosok yang akan memberikan kekuatan dan penghiburan satu sama lain. Sahabat bisa menjadi sosok yang memiliki tempat istimewa buat gue.

Menjadi seorang sahabat, tidak membutuhkan syarat yang rumit, apalagi dengan aturan-aturan sesuai hukum atau undang-undang, misalnya. Sebuah persahabatan menjadi sebuah relasi dimana dua orang atau lebih pribadi merasa nyaman untuk berbagi, berjalan bersama dan melangkah dalam setiap perjalanan hidup.

Walau tinggal berjauhan, bahkan hingga beda negara, misalnya, sebuah persahabatan akan tetap menjadi sebuah persahabatan. Kedua belah pihak akan selalu bisa menemukan koneksi yang ‘lebih’ saat ngobrol, mendapatkan kelegaan yang lebih saat sharing, atau mendapatkan kekuatan lebih saat berkeluh kesah ketika persoalan dalam hidup hadir. Sahabat mungkin tidak memberikan solusi yang cepat dan tepat sasaran, tapi ketika sahabat mau mendengarkan dan berbagi kisah, itu akan menghadirkan sebuah kelegaan yang luar biasa.

Maka gue akan selalu beryukur memiliki teman apalagi sahabat. Karena walaupun sikap gue masih banyak kekurangan, begitu juga sebaliknya, tapi gue dan sahabat gue akan selalu bisa memahami satu sama lain. Sahabat juga tidak akan sungkan mengingatkan jika ada yang kurang pas dalam tindakan gue, dan kadang marah kalo gue sering ‘kebablasan’ dalam melangkah. Hm… itu yang membuat gue semakin bersyukur.

Selamat berhari Minggu sahabat, mari kita melangkah pasti dalam perjalanan hidup kita, dan pastinya dengan kehadiran sahabat, semua pastinya akan berjalan lebih indah.

God bless you…