(is what to do…)

Ini hanya sekedar resolusi, bukan kumpulan target yang muluk-muluk… Tapi asik juga ya, kalo setidaknya ada semacam keinginan-keinginan kecil agar kita bisa melakukan segala sesuatunya dengan lebih baik, yang berarti juga adalah hidup kita tahun ini makin asiiiikkk dari tahun yang kemarin….

Daftar sesuatu yang ingin gue lakukan dibawah ini gue sadur berdasarkan sebuah email dari seorang teman dan gue tambahin sesuai keinginan gue. Sifatnya ringan-ringan aja. Ini sih yang kebetulan ada di pikiran gue. Kalo loe gimana ??

 

Buat KESEHATAN gue :

01. Minum lebih banyak air. Sebisa mungkin sih air putih. Apalagi kalo lagi di kantor, sebisa mungkin sih bisa refill botol minum gue 2 kali sehari. Ngopi boleh lah, maksimal 2 gelas sehari… dengan sedikit cream tentunya.

02. Sarapan seperti seorang Raja, makan siang seperti seorang Pangeran, dan makan malam layaknya seorang pengemis…  Artinya: selalu berusaha makan 3 kali sehari, sarapan adalah keharusan, dan makan malam gak perlu kalap… yang penting cukup lah…

03. Hidup dengan 3E –Energy, Enthusiasm and Empathy. Yak, hingga pada akhirnya, yang ada setiap harinya adalah pikiran yang positif, positif dan positif…

04. Sempetin waktu lebih banyak buat berdoa. Saat bangun tidur, kelewat terus…. Kesiangan mulu sih…

05. Sediakan waktu juga buat bermain. Mau yang tradisional, yang digital, sampe permainan yang menguji adrenalin, terserah… asal bikin happy…

06. Baca buku lebih banyak dari tahun yang kemarin.  Boleh lah coba-coba baca dari genre yang lain… termasuk buku yang dilarang terbit!

07. Duduk tenang selama 10 menit setiap harinya.  Di mana aja bisa; di kamar, di meja kerja pas makan siang, di bis/KRL, asal jangan di pinggir jalan…

08. Tidur selama minimal 7 jam. Ini dia nih yang paling susahhh…. God help me…

09. Ayo jalan kaki selama 10-30 menit setiap harinya. Dan selama melakukan itu, tersenyumlah! Pas berangkat atau pulang kantor, pas mau lunch, mau turun lantai, pokoknya smileeee….

 

Buat KEPRIBADIAN gue :

10. Jangan memaksakan untuk melakukan sesuatu. Loe yang paling tau limit loe seberapa…

11. Jangan terlalu serius lah. Orang lain juga nggak begitu… Ayo lebih menikmati hidup, gak usah dibikin repot oleh segala sesuatu…

12. Jangan ngabisin energi buat ngegosip. IIhh… kalo dibayar, baru deh gue mau ngegosip…

13. Ketika sedang tidak  tidur, justru harus banyak bermimpi. Sah-sah aja. Kembangkan imajinasi loe, biarkan berlarian bebas… Karena segala sesuatu berawal dari sebuah mimpi.

14. Sikap iri hati cuma bikin buang-buang waktu. Gue udah punya segalanya.

15. Lupain setiap persoalan di masa lalu. Gak usah lah ngungkit tentang kesalahan di masa lalu, apalagi kalo ini menyangkut ornag lain atau orang terdekat kita. Itu bakal ngurangin kebahagiaan masa sekarang dah… dijamin.

16. Hidup cuma sesaat, jadi nggak ada waktu dah buat benci sama seseorang. Tambah temen jangan tambah musuh….

17. Berdamai dengan masa lalu, biar loe bisa lewatin dengan enak masa sekarang. Ini rada susah, dan butuh usaha kerja keras untuk benar-benar berdamai dengan masa lalu. Tapi gue bisa kok… Suer!

18. Gak ada yang bisa bikin loe bahagia selalu loe sendiri. Jadi terserah, mau hidup dibikin BT mulu atau ceriaa terus.

19. banyakin senyum dan tertawa. Makanya gue selalu sempetin untuk nonton acara TV atau film komedi. Seger….  Bikin ilang cape….

20. Harus berani bilang: pendapat gue bisa aja salah, atau mungkin pendapat orang lain lebih baik dari punya gue. Demokratis…

 

Buat KEHIDUPAN SOSIAL gue :

21. Menelpon keluarga lebih sering. Walau hanya sekedar untuk say hi, atau  nanya udah makan belon… itu udah cukup…

22. Setiap hari kalo bisa berikan sesuatu yang baik buat orang lain. Bisa semangat, hiburan, pujian, atau juga sesuatu dalam bentuk barang misalnya…

23. Maafkan setiap orang yang loe kenal, atas setiap kesalahan sekecil apapun yang pernah dibuat… bukan berarti ngajakin untuk ingat-ingat kesalahan orang lain, tapi ngajak untuk nggak dendam sama siapapun.

24. Coba luangkan waktu untuk ngobrol sama orang yang berumur di atas 60 tahun dan di bawah 6 tahun. Berarti: apa kabar kek? Gimana kesehatan kakek hari ini?… atau: hi manis… udah diminum susunya? Kamu jadi anak baik hari ini kan?…

25. Coba untuk bisa bikin setidaknya 3 orang tersenyum setiap harinya. Ice breaking… ice breaking… have fun…

26. Apa yang orang lain pikirkan mengenai kita, itu bukan urusan kita! Gak penting! Jadi tetaplah menikmati menjadi diri loe… tapi tanpa harus menjadi pribadi yang egois dan sombong juga…

 

Buat KEHIDUPAN PRIBADI gue :

27. Lakukan sesuatu yang baik. Apapun, mau kecil mau gede, gue akan berusaha melakukan hal baik… Jujur,  jujur…

28. Tuhan akan menyembuhkan setiap sakit yang gue rasain. Rasa sakit dan kesedihan gak bakal ada yang permanen…

29. Baik hal baik maupun hal buruk yang kita alami, pasti akan berubah. Jadi tetap nyantai, sabar, nikmatin setiap saat waktu yang sekarang lagi dilewatin.

30. Gak peduli apa yang lagi gue rasain, ayo semangat! Gue akan tetep jalan, melangkah, dan menunjukkan kepada dunia ini kalo gue… a free man!!…

31. Segala sesuatu yang terbaik pasti akan datang.

32. Ketika bangun pada pagi hari, langsung ucapkan syukur… rasakan hari baru yang udah dikasih lagi buat gue…

33. Jauh di lubuk hati gue yang paling dalam, sebenarnya hanya ada satu sifat utama: gue adalah manusia bahagia!!

So, HAVE FUN!! Selamat bersenang-senang sepanjang tahun….