Damn! i love indonesia more and more!Sebuah perayaan ulang tahun tidak perlu mewah dan sarat makanan enak atau dekorasi yang indah. Perayaan ulang tahun bisa dilakukan sederhana dalam kebersamaan yang sarat akan canda tawa.

Siang ini, saat gue menulis, gue kembali merayakan pesta ulang tahun Indonesia yang ke 70. Di perumahan gue, hari ini diadakan lomba anak-anak yang berada di lingkungan RT dimana gue tinggal. Jenis lombanya sih seperti yang biasa dilakukan, seperti balap karung, gigit koin, sendok kelereng, atau memindahkan bendera ke botol.

Tapi bagi gue dan semua panitia, kebahagiaan tetap dirasakan saat melihat mereka semua melakukan perlombaan dengan penuh semangat walau di tengah terik pagi yang cukup menyengat karena beberapa bulan tidak turun hujan.

Selepas menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya, kami semua hanyut dalam setiap kegiatan lomba yang berlangsung meriah dan penuh kebahagiaan. Memang ada persaingan saat berebut posisi juara ketika bertanding. Tapi siapapun yang menang dan kalah, semua anak-anak tetap tertawa bersama dan kadang saling berbagi minuman satu sama lain. Semua hal ini yang membuat gue dan rekan-rekan panitia sangat bahagia.

Perjalanan bangsa ini memang masih panjang. Usia 70 tahun bukan usia muda, tapi juga belum terlalu tua. Masih banyak hal yang akan dilalui bangsa ini dan bagi kita semua yang menjadi bagian di dalamnya. Ada banyak kesulitan, ada banyak tantangan dan ada masih banyak PR. Tapi dengan kebersamaan, kekompakan dan kesadaran dari semua rakyat Indonesia, pasti apapun yang dilakukan akan berbuah hasil yang positif kedepannya.

Selamat ulang tahun bangsaku. Selamat menyonsong masa depan yang lebih baik, agar pengorbanan para pahlawan tidak sia-sia. Kita semua pasti bisa meneruskan perjuangan itu dengan semua kepintaran dan keahlian yang kita miliki masing-masing. Apapun profesi kita dan dalam bidang apapun yang saat ini kita tekuni, entah sebagai pelajar, mahasiswa, karyawan, petugas kebersihan, penjual nasi uduk, pilot, menteri, artis, petani, dan banyak lainnya. Semoga!

Damn! I love Indonesia more and more and more and more!