Wonderfull LifeBanyak sih yang bilang kalo hidup sehat itu perpaduan antara jasmani dan rohani. Badan dan pikiran. Emang bener sih… Tapi yang mau saya bahas lebih di catatan kali ini adalah soal gimana menjaga hidup sehat secara jasmani. Melulu soal bagaimana menjaga kesehatan dan membuat badan tetap fit. Susah? Enggak sih kalau mau. Soalnya sederhana dan butuh niat aja. Tapi masalahnya sampai saat ini saya belum bisa melakukan banyak hal yang mengarah menuju badan sehat secara ideal (menurut gue..) hehe..

Kalo soal rohani, saya sih merasa udah cukup baik, cukup oke, walau tetap belum ideal banget. Says bisa hidup dengan nyaman bersama istri dan keluarga, bisa membina relasi yang hangat dengan rekan, sahabat, tetangga, atau siapapun yang berada di sekitar saya juga. Lalu untuk kebaiasaan berdoa dan ke gereja juga masih saya lakukan. Begitu juga soal satu hal yang gak boleh dilewatkan: bersyukur! Ini yang pasti saya dan istri selalu lakukan setiap saat.

Nah kalo soal badan, ini baru PR buat gue. Kenapa begitu? Yah karena ada banyak alasan yang bisa bikin saya jadi bisa bilang kayak begitu. Misal:

  1. Saya masih merokok, minimal 1 bungkus sehari.
  2. Say masih suka tidur pagi. Di atas jam 2 kadang-kadang, walau besok mesti ngantor.
  3. Saya masih hobi makan enak, walau udah agak ngerem sih, gara-gara badan saya makin lebaaar… hahaha
  4. Jarang olahraga, selain jalan kaki dan sesekali bersepeda keliling komplek. Kalo bilyar dan main remi sama temen2 (bukan judi) nggak masuk olahraga ya… hehe
  5. Masih suka maksain diri kalo lagi kerja di rumah. Kadang udah cape, tapi karena gawean desain masih tanggung, yah saya lanjut terus…
  6. Suka males mandi kalo kemaleman, hehehe alasan utama: dingin…

Untungnya, gue masih punya pola hidup yang agak mendingan kalo menurut gue, misal:

  1. Rajin merawat tubuh, walau bukan yang model rajin ke gym dan salon
  2. Nggak suka junk food
  3. Nggak suka sembarangan jajan makanan dan minuman
  4. Nyempetin bersepeda walau kadang-kadang aja kalo lagi pengen banget
  5. Masih dapet asupan 4 sehat 5 sempurna
  6. Nggak suka minum/mabok (kecuali dinikmati sendiri atau sama temen deket, itu juga gak sampe teler)
  7. Rajin berkebun di rumah (itung2 bakar kalori juga kan…)

Nah kalo bicara hal ideal, ada banyak point yang mau dan harus sayalakukan ke depannya:

  1. Nggak makan yang digoreng apapun itu bentuk makanannya.
  2. Perbanyak makan buah (soale gue emang gak hobi sama buah)
  3. Biasakan makan rebusan dan makanan yang dikukus
  4. Rutin main bulutangkis, renang dan basket lagi
  5. Istirahat cukup, jadi bangun pagi badan bugar
  6. berhenti merokok (jujur ini paling berat…)
  7. apa lagi ya… ada ide?

Nah itu rangkuman sederhana soal yang saya rasakan dan saya ingin capai soal kesehatan pribadi. Saya nggak perlu konsultasi ke ahli gizi atau dokter sih. Soale ini melulu soal gaya hidup yang udah saya pelihara selama ini, dan untuk merubah itu semua bukan hal yang sulit walau butuh komitmen. Semua demi diri saya juga kan?

Nah semoga ya saya bisa meraih hal yang saya inginkan itu semua dalam tahun ini. Walau belum bisa meraih semua minimal saya udah bisa meraih cita-cita hidup sehat itu 75% dari target lah… hehe

Bir lambat asal selamat. Biar pelan asal pasti. Biar dikit-dikit asal sehat. Betul nggak? 🙂

Life is good!

 

 

Advertisements