ready to goAnak muda, kaum muda, generasi muda, apapun sebutannya. Mereka dan juga gue masuk kategori ini. Oke, umur gue udah cukup, tapi ngerasa belum jadi ‘orang tua’. Umur gue sekarang masih memberi banyak kesempatan, dan peluang masih menghampar luas di hadapan mata. Tinggal memahami dan mencari jati diri lebih dalam: apa yang gue suka, apa yang ingin gue raih, dan bagaimana cara mencapai itu semua.

Proses berarti selalu mau belajar. Belum merasa melakukan ‘apa-apa’ menjadi salah satu faktor yang juga menambah semangat untuk makin berkembang. Entah itu di dunia kuliah, dunia pekerjaan, dunia sosial, hingga ke dunia usaha. Apapun yang kita lakukan dan kita geluti, semangat untuk menikmati proses belajar ini menjadi kunci utama.

Belajar sekali dua kali tidak langsung pintar. Mencari tahu tidak melulu dapat jawaban memuaskan. Menunggu tidak langsung bertemu. Menikmati tidak langsung memeluk hasil dalam semalam. Semua harus melalui banyak proses. Dan pastinya harus mengeluarkan banyak tenaga, pikiran, kekuatan, kesabaran, kejelian, dan semangat yang tak kunjung padam.

_____________________________________________

Proses bukan hanya harus dijalani, tapi juga harus dinikmati. Fokus pada tujuan menjadi kunci, dan konsistensi dalam bersikap dan berpikir menjadi bagian wajib yang harus dimiliki. Nothing to lose menjadi satu pandangan. Do the best juga menjadi pandangan lain yang harus dimiliki. Semua harus saling bersinergi dan berjalan beriringan dan saling melengkapi satu sama lain. Sabarkah kita? Sabarkah gue?

Fokus menatap masa depan menjadi faktor utama pada akhirnya. Tapi jangan terjebak dengan euforia pada keadaan yang belum ada. Jadikan fokus itu menjadi kekuatan yang tidak membelenggu arah langkah dan cara berpikir. Fokus berarti serius menikmati. Fokus berarti berjalan bersama kesabaran. Fokus berarti ulet, dan fokus berarti memupuk harapan. Apakah dengan fokus pasti akan sukses? Pasti! Apakah akan mudah prosesnya? Tidak!

Jangan menghabiskan waktu semalaman untuk berpikir. jangan membuang waktu seminggu untuk meratapi riak kegagalan. Jangan terpaku terlalu lama pada titik yang tidak sesuai angan. Segera bangun! Lanjutkan perjalanan dan susun kembali langkah dengan fokus yang tidak berubah. Niscaya akan selalu ada pintu yang terbuka, akan selalu ada arah yang membuat kita tidak tersesat, dan akan selalu ada kekuatan yang hadir saat kita kadang limbung.

Tetap saja melangkah dengan optimisme dan kekuatan yang tidak berkurang. Karena sekali lagi proses tidak menjadi sebuah ancaman, melainkan sebuah bentuk kenikmatan. Rasakan proses dalam nadi dan dalam setiap napas. Bangkitkan aura positif dan tinggalkan aura negatif segera; sebelum kita berhenti pada satu titik terlalu lama.

Selalu ada hari baru, dan selalu ada pagi baru yang siap menyambut proses baru dalam hidup kita. Rasakan dan hadapi dengan penuh sukacita dan rasa syukur yang tak terhingga, karena itu semua berarti masih ada kesempatan untuk terus maju. Hapus keringat, singsingkan lengan baju, dan segera melangkah menuju arah di depan yang sudah menunggu.

Jangan menutup mata. Berproses berarti selalu membuka mata lebar-lebar dan sungguh menemukan kesadaran; bahwa kita semua berada di arah yang benar dan akan semakin dekat dengan tujuan. Keep movin’ dan keep the spirit. Now or never.

Berani? Dengan semangat jiwa muda, pasti jawabanya: siapa takut!

So, let’s go bro and sis, and keep the big smile of you!