Gue percaya!Keinginan adalah sesuatu yang wajar. Impian merupakan hal yang ingin diwujudkan. Menata hati dan langkah adalah bagian dari proses yang harus dilalui. Siapkah kita?

Semua orang terlahir berbeda, dengan kondisi berbeda, dengan latar belakang berbeda, dan tentunya dengan karakter pribadi yang berbeda pula. Gue tidak bisa menolak hal ini. Yang gue tahu dan harus sadar, gue bersyukur karena tercipta sebagi pribadi yang unik dan memiliki warna.

Dunia ada dan menemani gue. Didalamnya ada banyak tawaran, hamparan hal indah, dan banyak sisi yang selalu berjalan beriringan satu sama lain. Ini menjadi bagian lain dalam hidup yang suka atau tidak suka akan selalu ada di sekeliling gue, bahkan di depan mata gue.

Semangat, harapan, kegigihan, motivasi, kegagalan, putus asa, optimisme, dan banyak perasaan lain selalu hadir dalam benak gue. Ketika berhasil meraih sesuatu dengan kerja keras, ketika menemui kebuntuan ketika sudah berusaha melalui banyak pilihan jalan, mendapatkan keberuntungan saat mulai putus asa, dan menentukan pilihan yang tepat saat menemui banyak persimpangan, menjadi banyak contoh diantaranya.

Kadang gue harus berhenti sejenak, beristirahat untuk kembali menata langkah, atau tetap maju pantang mundur saat memilih jalan dalam hidup. Ini adalah pilihan, dan semua pilihan itu ada di tangan gue. Banyak masukan, semangat, dukungan, dan motivasi tambahan yang diberikan orang lain, tapi pada saatnya, gue juga yang harus mengambil keputusan dan melakukan sebuah tindakan. Suka atau tidak, berat atau ringan, dan apapun konsekuensi yang nantinya harus gue hadapi.

Ok, ini bicara tentang sesuatu yang sudah gue rencanakan. bagaimana dengan banyak hal yang terjadi tiba-tiba, yang tidak terduga, namun tetap harus gue alami? Prinsipnya sama saja. Kekuatan menata hati, menata langkah selanjutnya, dan menjaga pikiran agar tetap positif menjadi kuncinya.

Mana yang lebih berat? Yang sudah direncanakan atau yang terjadi tiba-tiba? Tidak ada yang lebih berat atau ringan. Semua adalah bagian yang sama dan pastinya pernah mewarnai hidup gue.

So, mari menjadi pribadi yang berjalan dengan semangat dan pikiran yang selalu positif. Apapun keadaannya, dan bagaimanapun bentuk cara pandang dan tindakan yang kita pilih. Tidak akan ada seorang pun yang pernah tahu bagaimana nanti. jika kita bisa melewati dengan baik, dan merasa bahagia, itu adalah buah kerja keras kita. Namun  jika kita menemui kegelisahan saat mendapatkan hasil yang tidak menyenangkan, itu juga bagian dari buah kerja keras kita.

Tidak ada yang salah. Yang harus dihindari adalah melakukan sesuatu yang tidak baik dan bertentangan dengan hati nurani dalam mengambil keputusan. Ketika semua dilakukan dengan kejujuran, kerendahan hati, dan semangat ekstra, jangan ragu dan takut untuk melanjutkan langkah.

Tetaplah tersenyum. Itu yang juga akan menguatkan gue dan kita semua.