maybeSiapapun yang mengatakan bahwa ‘RASA TAKUT’ adalah musuh terbesar,
maka dia salah.

Justru ungkapan ‘MUNGKIN’ yang sesungguhnya menjadi musuh terbesar.

Kamu berharap mendapat promosi dan menunggu bos bilang YA atau TIDAK. Saat menunggu momen itu, akan hadir ungkapan ‘MUNGKIN’ dalam pikiranmu.

Hal ini membuatmu hidup dalam dunia yang serba ‘MUNGKIN’. Membuatmu stuck, selalu berteman dengan teka-teki, dan hidup jadi biasa-biasa saja. ‘MUNGKIN’ menjadi musuh utama dan harus hilang dari dalam kamus otakmu.

Para pemimpi membuat keputusan untuk merubah dunia. Tapi ‘MUNGKIN’  tidak akan membuat manusia mendarat di bulan. ‘MUNGKIN’ tidak akan membuat orang terkoneksi satu sama lain melalui internet. ‘MUNGKIN’ tidak akan menemukan cara yang paling efektif saat melakukan segala sesuatu.

Sebuah keputusan akan menghasilkan jalan keluar. Tapi ‘MUNGKIN’ tidak akan berhasil melintasi samudera atau mendaki gunung tertinggi.
‘MUNGKIN’ akan selalu melangkah dengan pertanyaan: ‘BAGAIMANA JIKA’.

‘YA’, dan kadang ‘TIDAK’ bisa membawamu melangkah maju.
Tapi ‘MUNGKIN’ tidak akan pernah membawamu kemana-mana.

Setiap keputusan yang kamu buat akan menunjukkan arah jalan tujuan.
Tapi ‘MUNGKIN’ akan membuatmu tertinggal dan tetap tertahan di posisi yang sama. ‘MUNGKIN’ akan menuntunmu ke dalam situasi yang kadang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Ketika kamu hidup dalam ‘MUNGKIN’, kamu tidak akan pernah yakin apa tindakanmu selanjutnya; sampai akhirnya kamu harus membuat keputusan karena ‘KEPEPET’. Dan selama ‘KEPEPET’ itu belum terjadi, selama itu juga kamu tidak akan melakukan suatu perubahan. Petunjuk arah pastinya juga akan sangat jarang hadir. Dan selama kamu menunggu, petunjuk-petunjuk itu juga akan semakin berkurang bahkan hilang sama sekali!

 

TETAP TEGUH. TETAP BERPENDIRIAN.

Pastikan selalu memiliki komitmen. Menang atau kalah, orang akan ingat keputusan yang kamu buat dan jalan yang kamu lalui; bukan karena hal ‘MUNGKIN’ yang kamu miliki.

Bagaiman jika atasan bertanya apakah kamu percaya dengan tujuan yang ingin dicapai perusahaan?

Kamu tidak akan mendapatkan kenaikan jabatan jika kamu menjawab ‘MUNGKIN’.

‘MUNGKIN’ akan mencegahmu untuk lebih mengetahui apa tujuan hidupmu. Secara tidak langsung, kamu juga bisa menghambat kemajuan orang lain. Misalnya, apakah kamu nyaman bekerja dengan orang yang selalu mengeluh atau yang berpikir positif? Kamu senang berurusan dengan orang yang dinamis atau yang tidak pernah bisa membuat keputusan? Karena itu, kamu harus tegas pada hidup, dan bukan hanya terpaku pada ungkapan ‘MUNGKIN’.

Jadilah ‘YA’ atau ‘TIDAK’, tapi jangan memilih ‘MUNGKIN’. Itu akan membutuhkan pengorbanan yang lebih besar. Dan tanpa kamu sadar, kalau kamu selalu bimbang, semua orang yang hadir dalam hidupmu juga akan menjadi pribadi ‘MUNGKIN’. Kanan, kiri, maju atau mundur, tidak jadi masalah. Lakukan sesuatu dan jadilah sesuatu! karena ‘MUNGKIN’ tidak akan membawamu kemana-mana.

 

BUAT KEPUTUSAN, DAN RAIH KEMENANGAN.

‘MUNGKIN’  tidak akan pernah menorehkan sejarah. ‘MUNGKIN’ tidak akan pernah merubah dunia. ‘MUNGKIN’  tidak akan jatuh cinta dan mendapatkan gadis impian. ‘MUNGKIN’ akan tetap berdiri, dan menyaksikan semua perubahan indah yang terjadi di sekitarnya.

Jadilah pemimpin dalam hidupmu.
Coret, hilangkan, dan hapus ‘MUNGKIN’ dalam otakmu!
Gantikan dengan ‘PASTI’.