read and readIni memang hal kecil dan sederhana. Namun bisa membuat hal kecil menjadi sesuatu yang istimewa sangatlah luar biasa.

Ini memang bicara soal hobi. Dan hobi akan sangat beragam bentuknya. Masing-masing pribadi memiliki hobinya masing-masing, dan ketika hobi menjadi sebuah kebiasaan yang memberi nilai akan juga menjadi luar biasa. Tapi, ini semua memang tidak ada tolak ukurnya. Tidak ada acuannya. Tapi pengaruhnya sungguh bisa dirasakan. Setidaknya buat diri sendiri.

Membaca berarti mengamati lebih dalam. Membaca berarti ingin tahu. Membaca berarti belajar. Membaca berarti mendapatkan penghiburan. Membaca berarti menambah wawasan. Membaca berarti pemenuhan dahaga. Membaca berarti membuka pikiran. Membaca berarti berdiskusi. Membaca berarti rendah hati. Membaca berarti keberanian.

————————————————————————————-

Apapan alasannya, membaca bisa menjadi hal yang menyenangkan sekaligus membawa banyak efek positif buat semua pribadi.

Gue suka membaca. Walau bukan termasuk kategori ‘gila membaca’, apalagi ‘kutu buku’, tapi gue akrab dengan bacaan. Pertama kali gue langganan majalah adalah saat SD. Majalah Bobo menjadi majalah yang rutin gue baca saat itu. Dan itu berlanjut hingga ke majalah Kawanku, Hai, hingga sekarang gue rutin membaca beberapa majalah yang memang gua anggap bagus dan bisa memenuhi dahaga dan keingintahuan gue.

Gue juga rutin berlangganan surat kabar, dan rutin membaca tabloid serta buku. Karena  kadang, kalau surat kabar bersifat aktual, maka pembahasan mendalam bisa gue dapatkan dari tabloid, majalah dan buku. Begitu juga media web, yang bisa bersifat aktual maupun bahasan mendalam. Dan gue bersyukur, karena saat ini gue hidup di jaman di mana tersedia banyak pilihan media yang tentunya bisa memberi banyak warna dan manfaat buat gue.

Ada banyak memang buku yang masuk daftar tunggu gue beli, dan banyak media lain yang juga menunggu waktu untuk gue dapatkan. Tapi gue tetep harus berpegang pada kebutuhan ketimbang keinginan. Banyak hal bagus bisa gue dapatkan tapi gue harus dahulukan bacaan yang penting dan memiliki prioritas utama. Dan jujur, gue menikmati banget semua hal ini.

Membaca memang bagian dari proses belajar dari kehidupan, dan ini adalah proses tanpa akhir layaknya banyak hal yang akan selalu terjadi dalam kehidupan. Dan melalui kebiasaan membaca, bukan tidak mungkin kita akan semakin mencintai, menghargai, dan menjaga kehidupan agar tetap berjalan beriringan dan kita yang berada di dalamnya akan selalu merasa seperti anak kecil yang selalu kritis, ingin tahu, dan bersemangat memahami segala sesuatu.

Selamat membaca dan selamat belajar dari kehidupan…