melangkahAktivitas yang dilalui setiap hari membutuhkan energi ekstra, semangat dan kemauan kuat untuk terus melangkah maju. Setiap pribadi memiliki hak untuk maju dan makin berkembang secara positif. Tidak ada cara lain, selain untuk tetap berjalan bersama kekuatan hati dan pikiran. Tinggal kapan kita harus memutuskan dan adakah peluang untuk melakukannya dengan semangat yang tidak berkurang sedikitpun?

Energi positif selalu menemani keseharian, begitu juga dengan banyak energi negatif. Sangat mudah untuk membedakan dan menyadari kehadiran keduanya. Namun kadang kala, kita berada pada sebuah titik dimana kita terdiam, menunggu, dan mengumpulkan tenaga untuk kembali melanjutkan langkah.

Saat harus melalui banyak ‘perhentian’ inilah, kesabaran sungguh diuji. Hal aneh dan masalah dalam hidup selalu ada, namun kesabaran dan kekuatan hati kadang sesekali hilang dan membuat langkah makin berat. Ini kenyataan, dan bukan kesimpulan dangkal semata. Percaya atau tidak, suka atau tidak.

Ada dua pilihan saat kita dihadapkan pada situasi ini. Bertahan atau segera mencari jalan keluar dan solusi. Kedua pilihan ini sama baiknya dan sama-sama memiliki tantangan tersendiri.

Ketika kita memilih untuk bertahan sesaat, berarti kita harus siap menghadapi banyak hal yang tidak sesuai dengan isi hati dan seringkali menambah beban untuk melangkah. Menunggu, mengamati, sambil terus melakukan hal positif menjadi solusi. Kesabaran juga menjadi kunci utama. Tapi, kesabaran pasti akan ada batasnya, bukan?

Saat kesabaran sudah ‘meluap’ dan kita tidak ingin tinggal diam, maka mencari jalan atau solusi menjadi cara yang efektif dan menjadi pilihan yang sama baiknya dengan pilihan untuk bersabar dan bertahan. Kuncinya adalah keberanian, kekuatan ekstra dan kemauan kuat untuk melangkah. Ini tentu tidak mudah. Sama susahnya dengan jalan bertahan yang kita pilih di awal.

Ketika kedua pilihan ini sudah kita lakukan, maka dibutuhkan sebuah keputusan dan tindakan yang nyata. Namun sekali lagi, hidup penuh dengan pilihan. Dan kita bebas untuk memutuskan dan bertindak apapun asalkan sesuai dengan kata hati dan bisa membawa perubahan yang baik.

Oke, gue nggak akan bicara banyak lagi. Mari sama-sama berpikir apa yang terbaik buat hidup kita, apapun pilihan maupun jalan yang akan kita lalui. Kita pribadi yang memutuskan, dan pada akhirnya kita sendiri juga yang merasakan hasilnya. Positif atau negatif, baik atau buruk, tidak ada yang tahu sebelum kita sungguh-sungguh melakukannya.

Tetap semangat!