motivationalDunia pekerjaan adalah dunia penuh tantangan sekaligus penuh warna. Tidak jarang pula kita seringkali berpindah dari satu tempat kerja ke tempat kerja lain yang labih baik.

Acuannya jelas: pekerjaan yang lebih menantang, suasana kerja yang lebih kondusif, salary dan fasilitas yang lebih baik, peluang peningkatan karir yang lebih besar, hingga ke soal jauh dekat jarak kantor dari rumah.

Semua alasan itu sah-sah saja, karena kita bekerja bukan hanya sekedar bekerja, melainkan ada tujuan jangka panjang yang ingin diraih. Entah itu jabatan pekerjaan yang tinggi, pendapatan yang maksimal, hingga ke kesempatan yang terbuka luas untuk mengembangkan diri. Dan yang terpenting adalah menjadikan kantor layaknya rumah sendiri yang bikin betah.

______________________________________

Gue baru 1 tahun lebih di kantor baru. Dengan jabatan yang lebih baik, dan dengan salary dan fasilitas yang lebih baik tentunya. Tapi tentu, gue juga harus bisa nyaman dengan lingkungan kerja termasuk budaya kerja yang dianut di tempat gue sekarang. Itu sebabnya, gue selalu ‘setia’ untuk membuat daftar review selama setahun mengenai banyak hal yang berhubungan dengan lingkungan dan kebiasaan kerja gue yang baru.

Di daftar itu, gue memberi rating sendiri, untuk mengukur sejauh mana hal-hal ideal itu sudah gue raih dalam kurun waktu setahun, dan semua itu selalu gue cek dan update perminggu atau per bulan. Begitu juga untuk tahun berikutnya. Semua ini, tidak lain adalah untuk menambah motivasi gue untuk bekerja lebih baik, yang ujungnya adalah untuk mengembangkan diri lebih baik. Kalo soal benefit atau salary, gue percaya kalo dua hal ini akan mengikuti kinerja gue. Jadi tanpa harus diminta, jika hasil kerja gue ‘luar biasa’ maka benefit besar akan menanti gue dan tentunya gue akan punya pengalaman kerja yang lebih mumpuni.

Saat ini gue berkecimpung di dunia Advertising dan Maketing Communication di sebuah perusahaan asuransi nasional. Jadi gue bekerja di area ‘in house’ dan bukan di dunia Advertising Agency, atau perusahaan lain yang spesifik bergerak di dunia creative communication. Tim di tempat gue berjumlah 4 orang. Nggak banyak memang. Tapi kami memiliki area spesifik, entah itu yang di bidang Advertising & brand, public relation, hingga ke corporate communication. Semua memang saling terkait dan bahu membahu meningkatkan value dari brand perusahaan.

Karena itulah, mengapa list pencapaian ini gue anggap perlu sebagai review dari apa yang sudah gue lakukan di perusahaan ini. Dan gue mau sharing ke semua rekan-rekan, agar bisa menjadi inspirasi di dunia kerja masing-masing. Nggak harus sama, karena list yang gue ini juga gue anggap jauh dari ideal atau sempurna. Jadi loe semua bebas menentukan list pribadi. Bebas dan tanpa paksaan🙂

Ini list yang gue buat pribadi. Sekali lagi ini hanya contoh… setiap orang punya target masing-masing sesuai dengan bidang pekerjaan yang digeluti. Nggak perlu malu jika status pencapaian masih kecil, berarti dengan begitu harus ada upaya maksimal untuk meningkatkan statusnya…

Good luck!

(ini hanya contoh… silahkan dibuat sesuai versi pribadi hehehe)