nama baikSejak dahulu, pamor, citra, nama baik, nama besar, dan kebanggan diri selalu menjadi tolak ukur yang selalu menjadi faktor terdepan untuk dijaga. Curriculum vitae, sejarah, dan catatan perjalanan di masa lalu menjadi penting untuk dijaga dan dipertahankan. Semua itu dibangun dengan banyak proses, dan semua orang pasti bisa melihat tanpa harus dijelaskan secara langsung.

Kami menjalankan usaha sejak 1920, resep ini adalah resep warisan keluarga, kami terbiasa dengan bidang usaha ini selama puluhan tahun, Anda bisa parcaya kami karena kami mengedepankan kualitas, semua ini adalah beberapa kalimat yang sering dipakai untuk meyakinkan masyarakat. Lalu ketika ada kejadian yang menimpa dan mempertaruhkan nama baik, apa yang bisa dilakukan?

Ada juga banyak pendekatan yang biasa dilakukan apabila ada kejadian yang mempertaruhkan nama baik. Ada yang melakukan upaya komunikasi melalui media massa, ada yang melakukan konferensi pers resmi, melalui kegiatan publik, dll. Secara psikis, ada yang dihadapi dengan tenang, dengan penuh kedewasaan, hingga dengan emosi yang meledak-ledak. Well, ada banyak cara memang. Dan itu semua bisa menjadi gambaran awal pada sebuah masalah yang sedang dihadapi sebelum ada solusi konkret.

Nama baik memang penting, tetapi bukan yang utama. Kita harus menjaga nama baik dengan bijaksana. Nama baik adalah hasil dari yang kita lakukan dalam hidup, tanpa perlu harus diupayakan dan direncanakan secara terprogam. Nama baik akan hadir dengan sendirinya. Nama baik tidak memilih dan bisa hadir buat siapa saja yang melakukan hidup dengan baik. Sederhana memang. Dan daya tahan nama baik akan selalu lama, walau ada banyak ‘serangan’ dari banyak pihak yang merasa gerah dengan kita. Tetap berpikir positif, tetap tersenyum, tetap tenang, dan biarkan semua melihat yang sebenarnya. Tidak perlu kebakaran jenggor, karena jenggot emang gue nggak punya, hehehehe

Have a nice day….