the passion of workingBagi gue rumah adalah istana mungil yang selalu bikin hepi. Area yang selalu membawa kebahagiaan dan sumber ispirasi.

Di catatan gue terdahulu mengenai rumah gue dan segala hal yang berhubungan dengan tempat tinggal, gue selalu berusaha menciptakan suasana yang nyaman dan memacu stimulus dan perasaan positif di otak gue. Salah satu caranya adalah bagaimana gue bisa melakukan pembagian fungsi ruang dengan pas. Ukuran rumah bukan persoalan. Walau kecil dan bukan tipe rumah yang luasnya mumpuni, itu semua bukan alasan untuk gak nyaman saat berada di rumah melakukan aktivitas sehari-hari.

——————————————————————————

Saat ini rumah gue memiliki satu ruang tamu merangkap ruang keluarga, 1 kamar tidur, 1 ruang kerja, dan 1 dapur serta service area. Teras depan dan halaman juga ada, dan dimaksimalkan untuk beberapa kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Nah di catatan gue kali ini, gue mau sharing soal ruang kerja yang ada di rumah gue. Ruangan berukuran 3 x 2.5 m ini memang gak besar. Tapi cukup mampu membuat gue bekerja dan menikmati hidup dengan nyaman. Gue sih suka nyebutnya ruang santai karena di sini gue bisa memanjakan diri dengan aktivitas kreatif dan kegiatan santai yang gue suka.

Di ruangan ini, ada sebuah meja kerja, dan 3 buah rak buku kaca dimana tersimpan ratusan buku dan media kreatif koleksi gue dan istri. Berhubung gue suka membaca dan bergerak di bidang periklanan yang dinamis, maka bacaan gue dan istri pun beragam. Mulai dari desain grafis dan periklanan, ilmu komunikasi, media dan teknologi, satra, rohani, otomotif, musik, olahraga, film, masakan, rumah dan interior, hingga ke pengetahuan umum. Bacaan itu pun dalam banyak bentuk, seperti buku, majalah, jurnal, atau media cetak lainnya seperti surat kabar dan tabloid. Selain itu, gue juga mengandalkan internet sebagai sumber informasi. Selain beberapa media di atas, gue juga termasuk ‘kolektor sampah’. Gue menyimpan banyak jumlah materi hasil cetakan dan desain yang bisa menjadi sumber inspirasi, selain dari beberapa hiasan yang cantik dan unik yang gue susun di rak.

Untuk mendukung aktivitas gue bekerja, sebuah laptop, printer dan scanner selalu setia menemai. Memang bukan tipe yang paling canggih, tapi sangat membantu pekerjaan yang gue lakukan di rumah. Sebagai media hiburan, sebuah stereo set menemani gue ditambah beberapa gadget kecil yang bisa membuat gue makin nyaman saat bekerja. Koleksi kaset, CD music dan film juga gak boleh dilupakan. Karena saat berada di ruang kerja, alunan musik bisa membawa suasana hati selalu terjaga mood-nya, dan membuat aktivitas gue makin nyaman.

Sekali lagi, intinya adalah bukan dari seberapa besar ruang kerja di rumah kita, ataupun seberapa banyak barang yang berada di dalamnya. Tapi lebih ke bagaimana kita membuat ruang kerja itu senyaman mungkin sehingga kita tetap bersemangat walau beban pekerjaan sangat besar. Saat membaca buku terbaru yang gue beli, atau saat mendengar album musik dari radio, atau saat mempersiapkan mock up desain company profile, semua harus bisa gue jalani dengan mood yang selalu terjaga. Semua gak susah kok… Tinggal bagaimana kita membuat hidup menjadi sederhana, efektif, tapi tetap menggairahkan!

Apalagi saat istri tercinta membawa segelas kopi hangat dan sepiring brownies keju yang baru saja selesai dibuat, tentu membuat aktivitas di ruangan 3 x 2.5 meter ini makin asyik….

———————

Tiap ruang dalam rumah memang memiliki fungsi dan peran yang berbeda dalam setiap aktivitas sehari-hari. Dalam rumah yang area-nya tidak luas seperti rumah gue, pemilihan fungsi ruang, bagaimana mendesain ruang, dan memilih perabotan dan barang lain di dalam rumah, menjadi faktor yang utama. Karena tentu untuk menambah space ruang pastinya membutuhkan perencanaan matang dan bisa berjalan dalam waktu yang bertahap.

Selama gue selalu ingin segera berada di rumah selepas gue lelah bekerja di kantor tentu menjadi bukti nyata kalo rumah bisa menjadi tempat yang nyaman, bergairah, dan membawa kenikmatan saat beraktivitas. Semoga rumah gue akan selalu menjadi istana buat gue dan keluarga. Dan saat menikmati secangkir kopi sambil membaca buku terbaru yang gue beli tadi siang, gue akan selalu tersenyum dan menikmati kebahagiaan yang hadir di ruang kerja gue yang mungil ini…

Baca juga catatan-catatan gue yang lain tentang rumah di halaman blog gue ini ya…