xmasMalam tadi, kebahagiaan hadir bersama gue dan keluarga. Saat malam hadir, semua rekan dan tetangga melangkah mantap untuk menyambangi rumah dan berbagi kebahagiaan bersama gue sekeluarga saat merayakan Natal. Tradisi berkunjung ke rumah kami dan beberapa rumah di lingkugan sekitar yang merayakan Natal memang menjadi tradisi kuat dan berlangsung sejak puluhan tahun lamanya. Walau hujan turun cukup deras di sore hari dan menyisakan hujan ringan yang ‘awet’, tapi cuaca yang tidak bersahabat itu tidak mampu menghalangi terciptanya sebuah kebersamaan.

Berkunjungi dan mengucapkan selamat Natal untuk keluarga gue dilakukan dengan tulus dan diiringi dengan kebahagiaan. Kehadiran hidangan sederhana yang didiapkan bagi para tamu seakan tiada lagi harganya jika dibandingkan dengan kekuatan hati yang ditunjukkan oleh para rekan dan tetangga gue. Walau iman yang kami yakini berbeda, itu juga tidak menghalangi niat kami semua untuk berbagi kebahagiaan hari ini. Dan semua itu membuat gue sekeluarga mengucapkan syukur yang tiada terhingga pada Bapa di Surga.

______________________________________________

Selain banyak hal indah tadi, moment Natal kali ini juga ditandai dengan berkumpulnya keluarga besar gue yang tinggal di beberapa kota. Kerinduan, kehangatan, dan kebahagiaan bercampur menjadi satu pada momen yang istimewa ini. Kami saling berbagi cerita, berbagi kisah, dan saling melengkapi dalam mempersiapkan hari Natal. Mulai dari mempersiapkan masakan dan hidangan yang akan dihidangkan, membersihkan rumah, dan saat mengikuti misa Natal di gereja, semua dilakukan dengan sukacita. Semua inilah yang membuat kekuatan di hati kami masing-masing bertumbuh menjadi sebuah nilai berharga yang tiada terkira.

Kebahagiaan dalam keluarga dan dalam hubungan bermasyarat memang menjadi harta yang paling berharga. Dan ini bukan sekedar slogan ataupun wacana semata. Ungkapan ini sungguh nyata dan terjadi. Semua menjadi berkah dan sumber inspirasi, dimana jika kebersamaan dan kerukunan sungguh nyata terjalin, maka akan banyak kebahagiaan yang terlahir.

Natal memang sebuah peristiwa yang diperingati tiap tahun. Namun makna yang ada pada setiap momennya sungguh bernilai, dan semua itu bisa hadir dalam banyak bentuk namun tetap dengan semangat yang sama, yaitu kebersamaan dan berbagi kebahagiaan.

Katika tengah malam tiba, dan setelah semua kegiatan yang kami lalui bersama selesai, gue duduk di sudut ruang ditemani kerlip lampu pohon natal yang masih menyala sambil tersenyum. Dalam hati, gue bersyukur karena Natal tahun ini berjalan istimewa seperti tahun-tahun sebelumnya. Kekuatan kasih menjadi wujud nyata bersama kesehariaan yang gue dan keluarga lakukan bersama rekan dan tetangga sekitar rumah.

Natal bukan lagi menjadi tradisi rutin yang ‘biasa’ dilakukan. Namun Natal sungguh menjadi sumber kebahagiaan dan inspirasi untuk selalu membawa hidup dalam semangat kebersamaan.

Selamat Natal, Tuhan memberkati kita semua…