Oke, saya emang gemuk, tapi gak kegemukan. Saya emang sehat dan bugar, tapi gak selalu fit. Asupan gizi sangat cukup, sedangkan istirahat boleh dibilang kurang karena banyak kesibukan. Lalu apakah badan saya yang menurut saya ‘gemuk’ ini karena kebanyakan makan, gaya hidup yang salah, malas gerak, atau karena turunan genetik?

Badan saya emang ngalamin banyak siklus. Saya pernah kurus, tapi pernah gemuk. Dan interval waktunya kadang gak beraturan. Kurus, gemuk, kurus lagi, gemuk lagi. So, ada masalah dengan semua faktor yang saya sebut tadi diatas? Yuk, saya mau sharing satu demi satu. Sejak saya tinggal bareng orang tua, hingga saat saya menikah, dan tinggal bareng istri. Lebih luasnya, apakah hidup saya cukup ‘sehat’ selama ini?

______________________________________

Asupan gizi/makanan.

Saya emang suka makan. Bahkan keluarga saya juga suka dan hobi makan. Walau nggak termasuk keluarga dengan tingkat obesitas tinggi, tapi orang tua saya selalu suka memasak dan menyiapkan makanan yang bergizi. Gak selalu mewah, tapi orang tua saya selalu menyiapkan asupan gizi yang terbaik. Dari lauk pauk, hingga makanan pendukung seperti buah dan susu. Nggak berlebihan tapi juga nggak kekurangan. Termasuk saat saya tinggal bareng istri sesudah menikah. Asupan gizi saya sangat cukup. Makan sehat, sayur dan lauk yang oke,buah yang selalu aja ada, dan susu yang suka saya minum. Tapi saya punya satu kekurangan. Saya nggak hobi makan buah. Suka, tapi nggak hobi makan buah seperti saya hobi makan yang lainnya.

Pola makan.

Kalo yang ini, saya agak nggak teratur. Apalagi dengan kesibukan saya sekarang pas bekerja dan berbisnis. Kadang saya sarapan, kadang enggak. Tapi yang pasti, saya sering banget makan ‘tengah malam’. Sambil nonton DVD, kerja, atau nonton sepakbola pada malam atau dini hari, saya selalu aja makan atau ngemil. Ini yang mungkin membuat berat badan saya makin naik. Kalo lapar, jangan harap gue bisa tidur nyenyak. Makanya saya selalu ‘menyempatkan’ makan sebelum saya terlelap. Ini yang membuat metabolisme badan saya jadi agak ‘kacau’. Saat badan saya harus beritirahat, tapi pencernaan saya tetap harus bekerja. Dan karena malam, nggak banyak kegiatan yang saya lakukan. Makanya semakin banyak lemak yang tertimbun. (Belum lagi kalo pake acara ngemil… hmmm)

Soal Olahraga.

Sejak dulu saya emang suka olahraga walau gak hobi berat alias ‘gila olahraga’. Yang rutin dan biasa saya lakukan adalah jalan kaki atau bersepeda. Tapi yang sering ya jalan kaki. Untuk permainan, saya sejak dulu rutin main basket, bulutangkis, renang, dan tenis meja. Walau kemampuan saya nggak jago atau mumpuni, tapi saya menikmati permainan itu semua, dan jujur, semua aktivitas olahraga itu cukup membuat badan saya segar, dan membuat banyak kalori di tubuh saya terbakar. Tapi seiring waktu, saya mulai jarang main basket, renang, dan tenis meja. Yang masih suka saya lakukan adalah bulutangkis yang saya lakukan bersama rekan-rekan satu komplek perumahan. Otomatis, jumlah kalori yang terbakar juga makin berkurang bukan? Kabugaran badan saya juga mulai menurun.

Gaya hidup.

Saya memang selalu menomorsatukan kesehatan. Tapi, kadang saya makan makanan yang sering gak sehat. Banyak lemak, jajanan fast food, dan cemilan yang bikin gemuk sering saya lakuin. Kopi dan rokok apalagi. Selalu setia menemani gue saat bekerja di rumah atau di kantor. Belum lagi begadang dan jarang istirahat, tentunya bikin badan saya makin ‘besar’ dan loyo. Saya memang produktif, tapi berasa aja hidup kurang seimbang. Antara kegiatan yang banyak, istirahat yang cukup, serta asupan gizi yang baik. Makanya saya sekarang mulai mengurangi makan di luar yang menurut saya agak ‘nggak sehat’. Saya lebih memilih membeli bahan makanan, dan membiarkan istri membuat makanan yang sehat di dapur rumah. Selain enak dan murah, yang pastinya semuanya sehat, karena dijaga kebersihan dan keamanannya buat badan.

____________________

Berkaca dari semua faktor itu, hal sederhana apa yang harus gue lakukan, dan hgue harus memulai niat untuk hidup sehat serta anti gemuk?

  •  Saya harus setia sarapan. Walau hanya roti dan susu. Karena sarapan adalah asupan penting buat tubuh.
  • Jadwal makan juga harus teratur. Jangan telat dan jangan maju jadwalnya.
  • Jangan makan malam (setelah pukul 6 sore). Biar badan gue dan pencernaan gue juga bisa beristirahat.
  • Makan makanan yang sehat. Perhatikan dimana membeli dan bagaimana mengolahnya.
  • Kurangi jajan dan ngemil. Ini yang paling susah… hehehe
  • Kurangi kopi, susu dan rokok. Ini juga susah…
  • Perbanyak makan buah. Kalo yang satu ini, saya serahkan aja deh sama istri. Dia hobi berat makan buah soale..
  • Kurangi makanan isntan. Seperti mie instant, dan semua makanan yang masak cukup 10 menit aja.
  • Mulai kembali rutin berolahraga. Tidak menghabiskan banyak waktu, asal bisa dilakukan rutin sudah lebih dari cukup.
  • Istirahat juga harus cukup. Kurangi begadang dan tidur pagi.

Mungkin masih banyak lagi. Tapi semua hal ini intinya adalah bagaimana merubah kebiasaan yang sering saya lakukan sehari-hari. Susah pada awalnya, itu pasti. Tapi seandainya bisa, maka dijamin, hidup saya akan lebih berkualitas, yang tentunya saya juga akan semakin produktif dalam berkarya, terhindar dari berbagai penyakit, dan saya pun akan semakin menghargai pentingnya menjaga kesehatan dan menghindari kegemukan. Pasti saya akan selalu manampilkan kesehatan yang bugar dan senyum yang merekah setiap harinya…

So, kita mulai dari sekarang yuk…

Advertisements