Oke, gue emang gemuk, tapi gak kegemukan. Gue emang sehat dan bugar, tapi gak selalu fit. Asupan gizi sangat cukup, sedangkan istirahat boleh dibilang kurang karena banyak kesibukan. Lalu apakah badan gue yang menurut gue ‘gemuk’ ini karena kebanyakan makan, gaya hidup yang salah, malas gerak, atau karena turunan genetik?

Badan gue emang ngalamin banyak siklus. Gue pernah kurus, tapi pernah gemuk. Dan interval waktunya kadang gak beraturan. Kurus, gemuk, kurus lagi, gemuk lagi. So, ada masalah dengan semua faktor yang gue sebut tadi diatas? Yuk, gue mau sharing satu demi satu. Sejak gue tinggal bareng orang tua, hingga saat gue menikah, dan tinggal bareng istri. Lebih luasnya, apakah hidup gue cukup ‘sehat’ selama ini?

______________________________________

Asupan gizi/makanan.

Gue emang suka makan. Bahkan keluarga gue juga suka dan hobi makan. Walau nggak termasuk keluarga dengan tingkat obesitas tinggi, tapi orang tua gue selalu suka memasak dan menyiapkan makanan yang bergizi. Gak selalu mewah, tapi orang tua gue selalu menyiapkan asupan gizi yang terbaik. Dari lauk pauk, hingga makanan pendukung seperti buah dan susu. Nggak berlebihan tapi juga nggak kekurangan. Termasuk saat gue tinggal bareng istri sesudah menikah. Asupan gizi gue sangat cukup. Makan sehat, sayur dan lauk yang oke,buah yang selalu aja ada, dan susu yang suka gue minum. Tapi gue punya satu kekurangan. Gue nggak hobi makan buah. Suka, tapi nggak hobi makan buah seperti gue hobi makan yang lainnya.

Pola makan.

Kalo yang ini, gue agak nggak teratur. Apalagi dengan kesibukan gue sekarang pas bekerja dan berbisnis. Kadang gue sarapan, kadang enggak. Tapi yang pasti, gue sering banget makan ‘tengah malam’. Sambil nonton DVD, kerja, atau nonton sepakbola pada malam atau dini hari, gue selalu aja makan atau ngemil. Ini yang mungkin membuat berat badan gue makin naik. Kalo lapar, jangan harap gue bisa tidur nyenyak. Makanya gue selalu ‘menyempatkan’ makan sebelum gue terlelap. Ini yang membuat metabolisme badan gue jadi agak ‘kacau’. Saat badan gue harus beritirahat, tapi pencernaan gue tetap harus bekerja. Dan karena malam, nggak banyak kegiatan yang gue lakukan. Makanya semakin banyak lemak yang tertimbun. (Belum lagi kalo pake acara ngemil… hmmm)

Soal Olahraga.

Sejak dulu gue emang suka olahraga walau gak hobi berat alias ‘gila olahraga’. Yang rutin dan biasa gue lakukan adalah jalan kaki atau bersepeda. Tapi yang sering ya jalan kaki. Untuk permainan, gue sejak dulu rutin main basket, bulutangkis, renang, dan tenis meja. Walau kemampuan gue nggak jago atau mumpuni, tapi gue menikmati permainan itu semua, dan jujur, semua aktivitas olahraga itu cukup membuat badan gue segar, dan membuat banyak kalori di tubuh gue terbakar. Tapi seiring waktu, gue mulai jarang main basket, renang, dan tenis meja. Yang masih suka gue lakukan adalah bulutangkis yang gue lakukan bersama rekan-rekan satu komplek perumahan gue. Otomatis, jumlah kalori yang terbakar juga makin berkurang bukan? Kabugaran badan gue juga mulai menurun.

Gaya hidup.

Gue memang selalu menomorsatukan kesehatan. Tapi, kadang gue makan makanan yang sering gak sehat. Banyak lemak, jajanan fast food, dan cemilan yang bikin gemuk sering gue lakuin. Kopi dan rokok apalagi. Selalu setia menemani gue saat bekerja di rumah atau di kantor. Belum lagi begadang dan jarang istirahat, tentunya bikin badan gue makin ‘besar’ dan loyo. Gue memang produktif, tapi berasa aja hidup kurang seimbang. Antara kegiatan yang banyak, istirahat yang cukup, serta asupan gizi yang baik. Makanya gue sekarang mulai mengurangi makan di luar yang menurut gue agak ‘nggak sehat’. Gue lebih memilih membeli bahan makanan, dan membiarkan istri membuat makanan yang sehat di dapur rumah gue. Selain enak dan murah, yang pastinya semuanya sehat, karena dijaga kebersihan dan keamanannya buat badan.

____________________

Berkaca dari semua faktor itu, hal sederhana apa yang harus gue lakukan, dan hgue harus memulai niat untuk hidup sehat serta anti gemuk?

  •  Gue harus setia sarapan. Walau hanya roti dan susu. Karena sarapan adalah asupan penting buat tubuh.
  • Jadwal makan juga harus teratur. Jangan telat dan jangan maju jadwalnya.
  • Jangan makan malam (setelah pukul 6 sore). Biar badan gue dan pencernaan gue juga bisa beristirahat.
  • Makan makanan yang sehat. Perhatikan dimana membeli dan bagaimana mengolahnya.
  • Kurangi jajan dan ngemil. Ini yang paling susah… hehehe
  • Kurangi kopi, susu dan rokok. Ini juga susah…
  • Perbanyak makan buah. Kalo yang satu ini, gue serahkan aja deh sama istri gue. Dia hobi berat makan buah soale..
  • Kurangi makanan isntan. Seperti mie instant, dan semua makanan yang masak cukup 10 menit aja.
  • Mulai kembali rutin berolahraga. Tidak menghabiskan banyak waktu, asal bisa dilakukan rutin sudah lebih dari cukup.
  • Istirahat juga harus cukup. Kurangi begadang dan tidur pagi.

Mungkin masih banyak lagi. Tapi semua hal ini intinya adalah bagaimana merubah kebiasaan yang sering gue lakukan sehari-hari. Susah pada awalnya, itu pasti. Tapi seandainya bisa, maka dijamin, hidup gue akan lebih berkualitas, yang tentunya gue juga akan semakin produktif dalam berkarya, terhindar dari berbagai penyakit, dan gue pun akan semakin menghargai pentingnya menjaga kesehatan dan menghindari kegemukan. Pasti gue akan selalu manampilkan kesehatan yang bugar dan senyum yang merekah setiap harinya…

So, kita mulai dari sekarang yuk…