Ketika berbuat kebaikan, rejeki memang belum datang, tapi musibah sudah menjauh…

Namun ketika kita berbuat kejahatan, musibah belum datang, namun rejeki makin menjauh….

Sebuah ungkapan bisa hadir secara sederhana, namun memiliki kekuatan yang tanpa batas dalam rentang waktu.

Sebuah ungkapan bijak bisa saja hadir dalam susunan huruf dan kata yang mungkin biasa, namun memiliki susunan yang indah luar biasa.

Sebuah ungkapan kadang tidak membawa makna apapun, namun bisa menjadi penunjuk arah yang akan tetap disimpan dalam ruang hati paling dalam.

Sebuah susunan kata bisa menjadi sebuah bentuk yang seringkali kita temukan dalam kebiasaan, namun bisa juga menjadi sesuatu yang aneh dan tidak biasa tapi menginspirasi.

Sebuah tindakan bisa menjadi sebuah pola rutinitas, namun bisa menjadi pola baru yang mendobrak kemapanan ide dan gaya hidup yang lama tertanam.

Sebuah kebaikan dan kejahatan bisa menjadi hal yang sulit dibedakan secara pola pikir dan hasil, namun bisa menjadi alat yang paling mudah untuk menjalani dan mengenali hidup tanpa beban.

Semua memang memiliki pandangan akan kebaikan dan kejahatan beserta semua hal yang dihasilkan setelahnya, termasuk soal rejeki dan musibah.

Karena itu, tulisan ini tidak bermaksud untuk memberi ajaran moral dan etika yang kaku dan mengikat.

Semua yang menjadi pola pikir, cara bersikap dan bertingkah laku, tetap menjadi kebebasan masing-masing pribadi tanpa perlu merasa diatur apalagi dipaksa.

Hidup kita akan tetap menjadi sebuah pengharapan dan semua bisa dilakukan dengan banyak cara yang bisa kita nikmati setiap prosesnya.

Mari tetap menikmati semangat yang hadir dalam setiap langkah kita, apapun dan bagaimanapun itu…