Malam telah larut. Waktu menunjukan hampir pukul 12.00 malam. Di tengah hujan gerimis, gue akhirnya sampai rumah bersama istri sepulang menghadiri acara nonton bareng pertandingan sepabola bersama Inter Club Indonesia Regional Tangerang Raya.

Kelelahan, dan rasa dingin mendera dan hadir karena jarak dan cuaca yang malam itu kurang bersahabat. Namun gue bersyukur karena gue bisa melewati malam itu dengan baik dan membawa kesan yang selalu saja berbeda.

…………………

Pukul 7 malam sebelumnya, gue dan istri beranjak menuju sebuah kafe di bilangan Tangerang untuk menghadiri acara nonton bareng (nobar). Acara ini sebenarnya acara rutin yang sering gue hadiri. Namun memang, cukup lama gue nggak menghadiri karena banyaknya kesibukan. Dan malam itu gue hadir karena gue ingin merasakan semangat dan berbagi kebahagiaan bersama istri dan pecinta Inter lainnya di Tangerang.

Walau pertandingan baru dimulai pukul 09.00 malam, gue sudah hadir sejak pukul 7 malam. Gue hadir lebih awal karena ingin menyempatkan diri untuk bertemu lebih awal dangan para sahabat Interisti lainnya dan gue ingin memiliki waktu yang cukup leluasa untuk ngobrol temu kangen.

___________________________________________________

Waktu selama hampir 4 jam terasa begitu singkat. Semua memang masih sama. Semangat dan kegairahan masih tetap ada. Bahkan ada banyak hal baru yang dulu tidak pernah gue temukan saat sering nobar. Selain banyak wajah-wajah baru Interisti yang hadir, suasana pun jauh berbeda. Yel-yel dan nyanyian pemberi semangat tampak sangat hidup dan membahana. Dukungan dan totalitas tetap tidak berkurang sedikitpun dalam menikmati pertandingan, walau hasil malam itu di Giuseppe Meazza Inter kalah 0-1 dari Novara.

Bagi gue, ini hal yang luar biasa. Hasil seakan tidak menjadi satu-satunya ukuran dalam hal dukungan kepada klub kesayangan. bahkan setelah tertinggal pun, para Interisti selalu setia bernyanyi dan meneriakkan yel-yel pemberi semangat. Begitu juga gue. Semakin waktu saat pertandingan berjalan, semangat dan kegairahan makin memuncak. Selain karena akhirnya gue kembali bersua dengan teman-teman lama, gue juga bisa bebas mengekspresikan kecintaan gue pada Inter dengan cara-cara yang postif dan jauh dari hal-hal negatif. Kedewasaan tampak jelas terlihat di dada para Interisti apapun hasil pertandingannya.

Kekecewaan pada hasil akhir memang ada, namun itu semua tertutupi dengan kekompakan dan kebersamaan yang terjadi selama menonton pertandingan. Tidak ada caci maki dan umpatan kasar. Yang hadir justru dukungan dan teriakan semangat kepada semua pemain Inter walau kita menyaksikan hanya lewat sebuah layar lebar. Suasana hidup sungguh hadir nyata layaknya kita semua menonton langsung di Giuseppe Meazza stadium. Minuman dan makanan yang tersedia pun semakin menjadikan suasana makin hangat walau udara saat itu cukup dingin karena di luar hujan turun cukup deras.

Kegiatan nonton bareng memang menjadi sebuah ajang yang bisa memiliki nilai positif bagi semua pecinta sepakbola; apapun tim yang mereka cinta. Nobar menjadi sebuah kesempatan  untuk berkumpul dan ngobrol serta memotivasi untuk selalu bersikap dewasa dalam menerima hasil akhir pertandingan yang kadang tidak sesuai harapan.

Nobar bukan hanya sebagai sebuah kegiatan rutin dan menjadi agenda tetap sebuah organisasi pecinta sepakbola, tapi lebih dari itu, nobar bisa menjadi alat pemersatu dan ajang berbagi kebahagiaan yang dampaknya sungguh terasa. Bahkan lebih jauh lagi, semangat sportivitas makin melekat di hati setiap pecinta sepakbola, dan akan selalu berusaha menjauhkan sikap tidak baik yang mengatasnamakan kecintaan total akan sepakbola secara umum dan klub sepakbola secara khusus.

Ketika pertandingan usai, dan skor akhir pertandingan seringkali tidak sesuai yang diharapkan, semangat itu masih dan akan selalu ada. Semangat untuk mencintai sepakbola secara dewasa, dan semangat untuk menikmati permainan yang berlangsung selama 90 menit dengan sukacita.

Dan ketika keesokan harinya teman kantor bertanya apakah gue menonton Inter tadi malam, gue pun akan menjawab: ya! Lalu hasil akhirnya bagaimana? tanya teman gue lagi. Gue pun akan tetap mantap menjawab: kebahagiaan!

Selamat berbahagia bersama sepakbola dengan selalu menjunjung Sportivitas!