Jaringan komunikasi membentuk sebuah kesatuan sistem. Semua elemen yang banyak macam dan karakter menghasilkan sebuah simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan. Kadang sinyal memang sering hilang, kadang layanan tidak hadir dalam bentuk paling memuaskan. Namun jika fondasi layanan tetap terjaga dalam sebuah susunan baku yang kuat, maka akan selalu ada solusi pemecahan yang efektif. Tiap komponen harus berfungsi baik dan bisa menghasilkan output yang prima agar setiap kemudahan bisa dirasakan oleh semua pengguna.

Keluarga bagaikan sebuah sistem komunikasi dimana ada banyak komponen. Provider, sinyal, perangkat lunak, layanan, semua menjadi satu kesatuan walau hadir dalam banyak elemen. Dari susunan kata, Layanan Jaringan Terpadu, bisa diartikan secara simbolis dan kekuatan makna yang ‘mungkin asal’ sebagai sebuah ‘bentuk pelayanan dalam sebuah jaringan yang kontinu di dalam keluarga’.

________________________________________

Elemen yang paling utama dalam sistem komunikasi berbasis teknologi telepon dan sejenisnya adalah provider. Bisa diartikan, elemen ini adalah fondasi utama dalam keluarga. Penyedia jasa layanan ini adalah komponen utama, yaitu orang tua, mama, papa, ibu, ayah, dan sebutan lainnya. Dari merekalah, sebuah sistem komunikasi yang baik akan dibangun. Provider yang baik akan selalu menyediakan layanan lengkap yang memenuhi semua kebutuhan komunikasi. Orang tua yang baik, tentu akan selalu berusaha menyediakan banyak bentuk layanan terbaik bagi semua anggota keluarga secara menyeluruh dan berkelanjutan. Cinta, kasih, dan pengertian merupakan kunci utama. Tidak butuh sesuatu yang mewah, namun kehadiran setiap cinta dan perhatian harus dirasakan oleh semua anggota keluarga.

Handphone, Blackberry, Iphone, Android Phone, dan media lainnya merupakan gambaran dari bentuk alat komunikasi yang berfungsi sebagai pembawa pesan. Ada banyak media dan cara; dari mulai obrolan di keluarga, dukungan ketika menjalani kegiatan, bantuan ketika mengalami kesusahan, perkataan yang membahagiakan, hingga ke banyak tindakan sederhana yang mengena di hati. Semakin media komunikasi dipergunakan, maka semakin lancar komunikasi. Ketika ada masalah komunikasi, maka kita harus mencari tahu apa penyebabnya. Segera perbaiki, apalagi masih ada garansi…

Sinyal, merupakan bentuk yang tidak kalah penting. Dengan adanya sinyal, maka komunikasi bisa berjalan dalam keluarga. Jika setiap anggota keluarga memberikan sinyal positif yang dimiliki, maka susunan kata demi kata akan mulai mengalir untuk menjaga sebuah hubungan yang harmonis. Jika handphone ada, provider ada, namun jika sinyal tidak ada, maka komunikasi tidak akan berjalan dan pesan tidak akan sampai.

Bentuk layanan komunikasi seperti telepon, sms, bbm, ym, hingga facebook juga penting. Dalam keluarga, bentuk obrolan, pesan, keintiman dan kekompakan akan selalu menjadi kunci yang tidak akan pernah pupus. Ketika kata mengalir, ketika pesan terkirim, di situlah kita menyadari kalau komunikasi sungguh telah berjalan dan harus dijaga keutuhan dan eksistensinya.

Ada komunikator ada komunikan. Ada pesan ada efek yang ditimbulkan. Jika semua komponen tadi bisa sungguh berjalan, maka sebuah bentuk layanan jaringan terpadu di dalam keluarga akan menemukan bentuk yang paling nyata.

Love you my family…