Banyak pertanyaan hingga pernyataan hadir tiap hari dalam hidup. Kadang muncul sesekali kadang muncul betubi-tubi dan berulang; yang membuat gue seringkali bergumam dalam hati. Apa yang salah ya? Bagaimana cara membenahinya? Dan banyak pertanyaan-pertanyaan lainnya…

Kalau udah begini, gue akan berdiam diri. Bicara bentar sama istri dari hati ke hati, trus mulai melangkah menuju tempat terbaik dan ternyaman di rumah sambil mendengarkan CD Jazzy terbaru, mengambil sebuah majalah yang sebenarnya gak niat dibaca, mambakar sebatang rokok, sambil menyeruput secangkir kopi cream hangat yang disiapkan istri.

Gue diam untuk menikmati sebuah keadaan yang jauh dari kebisingan, hal-hal yang ribet di sekitar, dan dari banyak pikiran yang mengganggu. Gue membebaskan diri gue dengan menikmati waktu berjalan, dan tidak perlu memikirkan apapun. Nikmati saja. Karena proses ini penting untuk mengambil kekuatan baru dan kegairahan baru biar semuanya kelihatan menjadi lebih ringan dan tanpa beban.

Gue gak mau memaksakan otak gue. Gue juga gak mau memaksakan banyak hal masuk dan meracuni hati gue. Gue cuma pingin santai! Jalani semua dengan nikmat, tanpa prasangka, tanpa beban. Kelihatan memang ribet… tapi sumpah, semua ini ternyata sederhana. Syaratnya cuma satu: Free Yourself! Bebaskan Diri Loe!

Beban, hambatan, tantangan, memang gak dicari. Kadang mereka hadir secara tiba-tiba, dan membuat semua rencana menjadi berantakan. Namun gak semuanya harus begitu. Kadang semua hal gak enak tadi menjadi sebuah ajakan untuk melihat secara hati-hati, memikirkan dan memilahnya dengan baik, sehingga ada sebuah pembelajaran baru.

Semua proses memang nggak mudah dan tidak berlangsung dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Tapi nggak ada yang sia-sia kalau gue mau bersungguh-sungguh. Saat gue mulai bersikap, bertutur dan berpikir jujur, sederhana, tulus dan optimis, niscaya akan ada jawaban dan jalan baru yang terbuka.

Sekali lagi ini memang kembali ke soal pilihan hidup. Mau susah, mau seneng, mau ribet, mau santai, semua tergantung sikap kita melihat sesuatu. Hal besar kadang dianggap sepele, tapi banyak hal kecil justru malah jadi sumber masalah. Nggak pingin hidup jadi ribet kan?

So, bebaskan diri loe! Nggak perlu pusing mikirin anggapan orang tentang loe. Bahkan anggapan loe tentang diri sendiri aja masih banyak salahnya! Please be free, enjoy and be yourself! don’t become a perfect person, just make it simple. Do what you can do best, think as simple as you can, and keep your mind fresh, just like a good  shinny sun every morning…

Sounds good? Sounds simple? or Sounds complicated?

Well, it’s up to you. It’s your life. You have the right to do something for a good reason…

And for me, i’ll keep enjoying my life… step every step…

Free Yourself, Dude!