Saat ini gue menjalani hidup dengan cukup baik. Entah itu dalam hal kehidupan pribadi, bersama keluarga maupun bersama istri, perjalanan karir, kehidupan rohani, dan kehidupan sosial. Semua memang kadang berjalan tidak sempurna dan ideal, namun sampai saat ini gue bersyukur bisa melewati semua dengan indah dan cukup membawa kabahagiaan.

Hidup memang merupakan sebuah perjalanan; kadang ada bahagia, sedih, harapan, kesuksesan, kegagalan maupun banyak hal lain yang mengiringinya. Dan semua cara pandang akan hidup bisa menjadi sebuah alasan utama; bagaimana kita bisa selalu bersyukur akan kasih Tuhan…

Saat ini, gue baru saja menjalani peristiwa penting yang membahagiakan, yaitu sebuah pernikahan suci dengan Ririe, seseorang yang istimewa yang gue kenal. Dan saat kita berdua berniat untuk menyatukan hati, di situ pulalah menjadi sebuah awal perjalanan baru sebagai pribadi yang bukan lagi dua, melainkan satu. Dari sinilah gue akan berusaha memberi warna baru yang bisa membawa harapan dan kebahagiaan baik untuk kita berdua maupun keluarga.

Namun catatan gue kali ini bukan merupakan catatan mengenai Pernikahan gue. Karena gue sudah cukup banyak menulis di blog ini mengenai itu. Gue hanya ingin mencoba melihat sisi lain dari perjalanan hidup gue yang juga penting; yaitu soal pengembangan karir pekerjaan atau usaha bisnis pribadi.

_________________________________________________

Hal ini menjadi penting, karena dari awal gue memang memiliki keinginan untuk bisa bekerja dengan sepenuh hati agar gue bisa bahagia. Masalah penghasilan, dan tujuan kita bekerja dalam bentuk apapun itu, gue anggap sebagai bagian dari hasil yang bisa gue terima di kemudian hari. Memang semua itu penting, namun tetap yang utama, kebahagiaan dan kenyamanan menjadi sebuah alasan utama dalam menjalani sebuah pekerjaan atau saat menggeluti sebuah kegiatan bisnis pribadi yang bermanfaat.

Nah, kenapa gue menulis catatan kali ini mengenai pekerjaan? Itu karena gue saat ini sedang mengalami sebuah proses dimana gue akan melakukan sebuah perubahan besar yang gue harap bisa menghasilkan sesuatu buat gue. Entah itu kebahagiaan, kenyamanan yang lebih, kesempata eksplorasi diri lebih luas, pengalaman baru, dan tentunya adalah sebuah penghasilan yang lebih baik.

Bagi gue, proses ini kelihatan sederhana namun tidak semudah yang dibayangkan. Pengalaman hampir 8 tahun di perusahaan saat ini tentu sangatlah berharga. Dari perusahaan ini gue bisa mendapat banyak. Dari kenyamanan bekerja, penghasilan yang cukup, kesempatan untuk belajar, dan suasana kekeluargaan yang terjalin hangat. Dan itu semua yang membuat gue betah untuk bekerja dalam kurun waktu yang nggak sebentar di perusahaan ini.

Begitu juga dalam hal bisnis pribadi. Hal ini memang sudah gue lakukan selama beberapa tahun belakangan, namun masih sebatas kegiatan eksplorasi diri yang memiliki ruang lingkup yang masih terbatas. Memang kadang penghasilan yang gue dapatkan jauh melebihi dari gaji perusahaan yang gue terima. Namun tetap, semua itu masih dalam skala kecil, yang pastinya juga soal terget pencapaian tidak menjadi porsi utama. Selama gue bisa melakukan dengan baik dan menghasilkan, tentu akan gue jalani dengan pembagian waktu yang baik.

Namun, hidup memang akan terus mengalami perubahan. Dan itu terjadi tanpa kita rancang atau rencanakan sebelumnya. Keinginan gue untuk pindah kerja atau ingin berkosentrasi lebih untuk mengembangkas bisnis pribadi, memang didasari atas keinginan untuk lebih mengembangkan diri dan ingin lebih maju lagi. Tidak melulu soal pindah ke perusahaan baru atau memulai bisnis baru, tapi juga keinginan kuat untuk mengembangkan diri pribadi juga menjadi faktor yang penting. Dan itu semua menjadi pertimbangan yang masak.

Ketika terjadi perubahan, maka tidak ada jalan lain selain menyesuaikan diri dan mencintai perubahan itu. Dari soal kebiasaan, pola, semangat, hingga ke jaminan finansial tentu menjadi banyak faktor pertimbangan. Dan sekali lagi, ini membutuhkan pertimbangan matang dan kesungguhan hati untuk menjalani sebuah perubahan dalam hidup.

Saat ini, gue tengah berjalan dalam menyambut perubahan itu. Dan bagi gue, tidak ada alasan untuk ragu dalam memulai sesuatu yang baru, asal segala sesuatunya sudah dipikirkan dan dipersiapkan dengan matang.

Jika tahapan proses pemikiran awal telah dilalui, maka untuk selanjutnya adalah bagaimana gue bisa beradaptasi dengan perubahan dan harus membiasakan diri dalam setiap hal yang berkaitan di dalamnya. Jika gue ingin berkosentrasi dalam menjalankan bisnis pribadi, maka selain modal usaha, bagaimana kita menjalankan bisnis; termasuk membuka jaringan seluasnya menjadi beberapa hal yang menjadi tugas untuk gue jalani. Dan jika gue memiliki keinginan untuk pindah ke perusahaan baru, maka sekali lagi, proses adaptasi perlu dilakukan pada lingkungan kerja yang baru, sambil kita terus belajar dan memahami hal-hal baru yang kita temui.

Tidak ada pilihan yang salah, selama kita mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Dan tentu, semua ini juga menjadi bagian dari proses pembelajaran dalam memahami sebuah perubahan yang akan selalui gue lalui sepanjang hidup.

Jadi, ditengah banyak tahapan proses yang harus gue lalui, maka gue harus memastikan bahwa gue akan berusaha sebaik mungkin melewati semuanya dengan hati yang tetap bahagia. Karena dalam setiap perubahan, walau selalu ada hambatan di awal, namun jika kita mampu menyesuaikan diri dengan baik, tentu pada akhirnya akan tetap berujung pada kebahagiaan dan kepuasan diri.

Sambil tetap melalui banyak proses di dalam sebuah perubahan dengan baik, akan sangat penting juga untuk melewatinya dengan harapan dan tindakan yang baik; dari segala aspek, entah itu yang sesuai kata hati, sesuai kemampuan, sesuai dengan hal-hal teknis pekerjaan, hingga ke tujuan utama yaitu membahagiakan diri sendiri, istri dan keluarga.

Dan selama itu semua bisa dilakukan dengan hati yang terbuka dan keinginan yang kuat, maka gue yakin, segala sesuatu akan indah pada waktunya. Mari jalani semua dalam semangat, keyakinan, harapan dan terutama dalam doa.

Semoga Tuhan memberkati dan memberikan jalan terbaik untuk kita semua…