Sudah lebih dari 5 tahun gue menempati rumah yang gue beli di perumahan Griya Serpong Asri. Rumah gue ini terletak di daerah Suradita-Cisauk, sekitar 3 km dari rencana kampus Unika Atma Jaya yang dibangun di BSD Serpong.

Awal membeli rumah, memang didasari keinginan untuk memiliki tempat tinggal sendiri. Meskipun kecil, namun bisa menjadi kebanggaan dan bisa jadi pembangkit semangat buat gue untuk bekerja lebih keras.

Rumah gue ini bertipe awal 31, dengan luas tanah 111 m2. Saat ini, bangunan yang gue tambah adalah sebuah ruangan berukuran 3×6 meter yang gue fungsikan sebagai dapur, gudang kecil dan ruang cuci. Untuk keseluruhan tampilan bangunan rumah memang nggak terlalu banyak berubah dari desain asli. Gue hanya menambahkan cat yang cantik pada dinding, membangun pagar depan dan ruangan dapur tadi. Tapi secara tatanan interior, gue berusaha memolesnya agar tampil cantik dan membuat gue dan kini istri gue menjadi nyaman bertempat tinggal dan beraktivitas di rumah ini.

Kebutuhan ruang rumah gue sebenarnya gak banyak; termasuk taman dan kolam yang gue rencanakan akan dibuat sebagai pelengkap yang makin mempercantik hunian.

Saat ini pada Oktober 2011, kondisi rumah gue adalah sebagai berikut (walau masih ada beberapa perubahan kecil):

_________________________________

Ruang tamu

Ruangan ini berukuran sekitar 3x3m, ditambah sedikit area yang menghubungkan dengan dapur. Di situ gue menempatkan sofa kecil, meja tamu, dan TV beserta raknya. Saat ini memang gue belum memiliki ruang TV terpisah. So, selama bisa dilakukan dalam satu ruang, pastinya sih gak masalah.

_________________________________

Kamar Tidur Utama

Tampilan saat ini sudah sedikit berbeda. Tempat tidur yang menggunakan kasur, gue ganti dengan spring bed yang gue beli bareng istri. Meja kerja juga gue pindah ke kamar sebelah, yang juga tersedia kasur single di lantai. Sedangkan di ruang ini, gue tempatkan juga meja kecil untuk meletakkan sebuah peralatan audio compo, yang sebelumnya gue letakkan di ruang tamu. Lemari pakaian dan rak buku juga masih melengkapi barang-barang yang ada di kamar ini.

_________________________________

Kamar tidur kedua dan ruang kerja.

Kamar ini selain berfungsi sebagai kamar tidur tamu, juga berfungsi sebagai ruang kerja yang baru. Selain sebuah kasur tunggal, juga tersedia sebuah rak pakaian dan meja kerja yang dilengkapi, dektop komputer, printer dan scanner. Buku2 desain juga sebagian gue tempatkan di meja ini, selain sebuah meja setrika.

_________________________________

Dapur dan Ruang Cuci

Ruangan ini terletak di bagian belakang dari rumah gue. Memang belum bisa dikatakan ruang dengan fungsi yang ideal. Namun, minimal gue memiliki ruangan sendiri untuk aktivitas memasak dan mencuci istri gue. Mulai dari kompor, kulkas, rak piring, rak makan, dan peralatan mencuci semuanya diletakkan rapi di ruangan yang dibagi menjadi 2 bagian fungsi ruang ini.  Gue juga menempatkan sebuah pintu yang langsung menghubungkan ruangan dengan halaman samping dimana gue tanami beberapa pohon, baik pohon buah maupun tanaman hias.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

_________________________________

Kamar Mandi

Ruangan ini berukuran 1,5 x 1,5 cm. Ini adalah ruang asli, dan belum gue rubah. Walau kecil tapi gue coba membuatnya cukup nyaman dan bisa berfungsi maksimal

_________________________________

Beberapa sudut lain dari rumah gue…


_________________________________

Dan ini adalah denah masa depan dari rumah gue… ^,^

klik untuk memperbesar image

Pada ranncangan desain masa depan ini, ada beberapa ruangan yang coba gue wujudkan, seperti 2 kamar tidur, ruang keluarga, ruang tamu, dapur, ruang makan, dan ruang kerja yang gue posisikan sebagai ruang usaha dan tempat bertemu dengan klien di bidang desain dan sdvertising yang saat ini gue geluti.

Tambahan lain ada;ah ruang space untuk kolam ikan, teras belakang dan halaman untuk jemuran dan tempat penampungan air. Di sisi samping rumah akan ada halaman kecil yang menghubungkan kolam di halaman belakang dengan taman depan serta car port.

Semoga impian gue ini menjadi kenyataan dalam waktu yang tidak lama ya….

Home sweet home… ^,^