Gue penikmat sepakbola. Penggila sepakbola malah. Bukan hanya Liga tertentu ataupun kompetisi antar negara tertentu. Tapi gue suka semua pertandingan sepakbola. Baik lokal, regional, maupun internasional. (kecuali pertandingan tarkam loh ya… hehehe)

Makanya, khusus setiap hari Sabtu dan Minggu, dimana banyak pertandingan sepakbola yang disiarkan langsung di TV, menjadi momen yang nyenengin banget. Gue bisa menghabiskan banyak waktu dan energi hanya untuk menikmati siaran langsung ataupun tunda dari pertandingan yang disiarkan, maupun acara sepakbola lain selain siaran pertandingan.

Secara pribadi gue memang punya tim favorit. Selain timnas Indonesia, gue juga suka banget sama Internazionale Milano, Liverpool, Kaiserlautern, Ajax Amsterdam, Marseille, Barcelona, Glasgow Celtics, dan Persikota Tangerang…

Memang sih kalo urusan selera klub mana yang disukai, itu hak pribadi masing-masing. Dan itu nggak harus menimbulkan permusuhan, ketegangan antara suporter, apalagi kekerasan. Menikmati sepakbola memang melibatkan semangat total, fanatisme, dan kadang ideologi. Tapi tetap, nilai sportivitas harus menjadi elemen utama yang harus dikedepankan.

Nah, kalo bicara siaran langsung pertandingan maupun acara sepakbola di stasiun TV Indonesia, maka boleh dibilang penonton Indonesia cukup dimanjakan. Kita semua bisa menikmati siaran langsung pertandingan secara gratis, dalam artian nggak perlu menggunakan televisi berbayar. Karena itu, sudah selayaknya, dengan berbagai kemudahan dalam menonton sepakbola di TV, maka kita sebagai penikmat sepakbola; apapun tim yang didukung wajib mendukung dan selalu menjunjung nilai sportivitas. Di akhir catatan gue ini, gue juga akan melampirkan jadwal acara maupun pertandingan sepakbola yang disiarkan di TV Indonesia. Jadwal ini gue dapat dari berbagai sumber juga tentunya…

Poko’e, nggak ada ruginya kok, menikmati sepakbola dengan antusias, fanatisme, tapi nggak pake emosi apalagi kekerasan. Siapapun tim yang akan menjadi juara, itu berarti menjadi sebuah pembuktian kalo memang tim sepakbola yang bersangkutan memang baik secara kualitas pemain, menajemen, mental, maupun sejarah. Dan kita yang berseberangan dari segi selera kesukaan akan klub maupun tim nasional sepakbola, harus bisa menerima dengan lapang dada sambil tetap optimis, kalo di musim depan, tim kita pasti juga akan bisa berprestasi…

So, sambil menikmati tayangan sepakbola di TV, yuk, kita semua sama-sama tetap semangat dalam mencintai tim sepakbola yang kita suka, sambil tetap menjaga perdamaian…

Football is a game. There’s a winner and a loser. Jus’t enjoy it!

FORZA!

Jadwal Acara Olahraga (sebagian besar ada kaitan dengan sepakbola) dan Tayangan Pertandingan Sepabola di TV Indonesia

______________________________________________

ANTV

– Setiap Hari : 05:30 – Lensa Olahraga
– Setiap Senin – Jumat – 01.00 Lensa Olahraga
– Setiap Sabtu : 14:30 Kampiun
– Setiap Minggu : 14:30 Total Football
– Rabu, Kamis, Sabtu & Minggu : Liga Indonesia

______________________________________________

Metro TV

– Setiap Hari : 23:30 Metro Sports
– Setiap Senin sampai Jumat : 14:05 Sports Club
– Setiap Sabtu : 02:05 Spirit Football – 13:05 Spirit Football
– Setiap Minggu : 02:05 Spirit Football, 07:30 Spirit Football / Bundesliga Kick-Off
13:05 12 Pas

______________________________________________

RCTI

– Kualifikasi Piala Champions Asia
– Rabu dan Kamis, Liga Champions Eropa

______________________________________________

Trans 7

– Setiap Hari : 06:00 Sport 7
– Setiap Senin s/d Jumat : 00:30 Sport 7 Malam
– Setiap Sabtu-Minggu : 13:30 Galeri Sepakbola Indonesia
14:00 One Stop Football

______________________________________________

TV One

– Setiap Senin s/d Jumat : 23:30 Kabar Arena
– Setiap Sabtu : 11:30 Soccer One                                                                                                                                                                                 – Setiap Sabtu & Minggu : Liga Spanyol

______________________________________________

Global TV

– Setiap Sabtu : Liga Premier Inggris

______________________________________________

MNC TV

Setiap Sabtu & Minggu : Liga Premier Inggris

– Setiap hari: 06.00 : Sport Mania

______________________________________________

Indosiar

– Setiap Sabtu & Minggu : Liga Italia Serie A

______________________________________________

O Channel

–  Minggu 10.30 : Sport Mania

-Minggu, 22.00 WIB – World Sport – O Channel

______________________________________________