Selama masa pemulihan (recovery) yang saat ini udah berlangsung selama 3 bulan sejak hari pertama gue dirawat di rumah sakit, begitu banyak hal yang gue alamin. Kebanyakan memang hal positif yang berujung pada kebahagiaan. Gue bisa beristirahat lebih banyak, bisa belajar memulihkan kondisi secara bertahap, bisa dapet banyak perhatian dan kasih sayang dari banyak orang-orang terdekat, dan pada akhirnya gue bisa dipulihkan dari rasa sakit. Dan gue bersyukur banget buat ini semua.

Sekarang, gue udah mulai kembali sehat dan mulai menjalani aktivitas sehari-hari. Selain perasaan syukur yang tanpa henti, ada satu hal yang menjadi perhatian gue; ternyata gue lebih gemuk! hehehe Secara gue banyak istirahat, banyak makan, nggak pernah olahraga, membuat kondisi badan gue setelah 3 bulan menjadi agak sedikit gemuk walau tetap sehat.

________________________________________________

Gue dan semua orang terdekat gue pastinya maklum dan bisa memahami hal ini. Tapi yah, guenya aja yang kadang ngerasa perlu lagi untuk kembali ke berat badan ideal, dengan melakukan banyak kegiatan yang mendukung seperti olahraga, dan tentu saja harus mulai makan secukupnya tanpa harus merasa lapar. Kebutuhan makanan bergizi maupun aktifitas olahraga yang menyehatkan harus seimbang. Ditambah perasaan bahagia yang ada saat gue jalanin hidup, membuat hidup gue akan selalu menyenangkan dan sehat!

Sambil iseng, gue coba cari sumber referensi tulisan dari internet mengenai hal ini. Memang gue mencari tylisan yang nggak terlalu ‘berat’, melainkan tulisan yang ringan dan pastinya bermanfaat. Pada akhirnya gue menemukan sebuah artikel mengenai tema yang gue perlukan, dan gue coba melampirkannya pada catatan gue ini. (Mohon ijin dari penulis aslinya ya. Ini buat kebaikan semua…)

Ini dia artikelnya:

______________________________

Membakar kalori yang berlebih tidak hanya dilakukan dengan berolahraga. Namun sebenarnya tubuh manusia tidak pernah berhenti melakukan pembakaran kalori didalam tubuh. Bahkan dengan mengedipkan mata, sejumlah kalori pun terbuang. Ini dia beberapa tips yang bisa memaksimalkan pembuangan kalori tanpa harus olahraga yang ekstra. Sebenarnya inti dari pembakaran kalori adalah meningkatkan intensitas denyut nadi dan detak jantung. Berikut 5 cara mudah membakar kalori dengan melakukan kegiatan sehari-hari untuk menurunkan berat badan yaitu:

1. Berkebun
Berkebun adalah salah satu cara untuk membakar kalori dan lemak yang mengasikkan serta tanpa Anda menyadari kalau Anda sedang berolahraga. Sempatkanlah hari libur Anda untuk berkebun, seperti menggunting rumput, membabat semak belukar dan menyiram tanaman akan menggerakkan otot yang sama seperti latihan di gym. Jadi, rajin-rajinlah merawat kebun di rumah Anda sehingga rumah Anda nyaman dan badan Anda sehat.

2. Rapi-rapi rumah
Pekerjaan rumah tangga memang cukup melelahkan dan mengguras tenaga. Tapi tak ada salahnya jika Anda membantu pembantu Anda dalam menyelesaikan tugas bersih-bersih rumah. Semua anggota tubuh bisa bergerak, dan bisa membakar kalori seperti saat sedang berjalan. Mencuci piring selama 10 menit membakar 20 kalori, sementara mengepel lantai selama 30 menit dan menyetrika selama satu jam membakar 130 kalori.

3. Mengajak buah hati bermain
Mengurus anak memang bukan hal mudah, tapi tugas melelahkan ini bisa membantu Anda membakar kalori. Sehingga Anda jangan melimpahkan semua tugas mengurus anak pada pengasuh atau baby sitter. Sebaiknya Anda ikut terlibat dalam kegiatan anak seperti bermain, berlari bersama si kecil atau menggendongnya bisa mengurangi ratusan kalori. Manfaatnya sama seperti ketika Anda melakukan body combat di gym.

4. Manfaatkan waktu kerja untuk berolahraga
Bekerja seharian depan komputer membuat kita jarang bergerak. Ditambah dengan Anda suka ngemil, akan semakin banyak kalori yang menumpuk pada tubuh. Karena itu, manfaatkan sedikit waktu kerja Anda untuk berolahraga ringan. Sebaiknya Anda naik tangga daripada naik lift karena bisa membakar 150 kalori. Cari juga tempat makan siang yang letaknya agak jauh dari kantor, dan tempuh dengan berjalan kaki. Ini akan membakar kalori lebih efektif.

5. Happy
Kalori bisa dikurangi dengan mengerjakan sesuatu yang menyenangkan. Dan membakar kalori tidak harus selalu dilakukan dengan kegiatan yang menguras keringat dan tenaga. Jadi, coba lakukan hal-hal yang memacu adrenalin seperti menonton film komedi atau thriller, berbelanja saat program diskon (jantung Anda akan berdegup kencang melihat angka-angka diskon yang terpampang) atau berdansa selama dua jam. Itulah yang membuat Anda menjadi senang dan mambakar kalori.

Sumber: http://www.tdwclub.com

______________________________

Jadi, selain aktifitas olahraga rutin, ada banyak hal yang bisa membuat hidup kita makin sehat dan mungkin bisa membuat badan gue nggak gemuk lagi🙂 Dan itu semua bisa dilakukan dalam keseharian yang pastinya akan selalu menyenangkan. Jadi ayo kumpulin semangat buat melakukan beperapa point penting di atas mulai hari ini!

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat, dan membuat kita semua makin berupaya untuk hidup sehat, makan teratur dan rajin berolahraga. Karena kalau bukan kita, siapa lagi yang bisa membuat hidup kita lebih ‘berwarna’?

So, yuk kita nikmati hidup kita… Enjoy!