Minggu ini ada satu perayaan yang akan gue jalani. Sebuah perayaan Pekan Suci atau biasa disebut sebagai pekan Paskah, yang akan dimulai dari Minggu Palem, Rabu Abu, Kamis Putih, hingga Jumat Agung dan berakhir di Minggu Paskah.

Perayaan yang menjadi simbol dari penyelamatan dan campur tangan yang luar biasa di Tuhan buat hidup semua orang. Dia rela didera, dihujat, dan disalib demi menebus dosa manusia. PengorbananNya ini menjadi lambang persatuan antara Allah dan manusia; karena bagaimanapun, misteri penyelamatan ini menjadi sebuah hal yang luar biasa dan sakral.

Dan gue sungguh bersyukur untuk itu…

________________________________________________________

Paskah tahun ini akan gue lalui bareng keluarga. Dalam setiap rangkaian ibadat yang masing-masing memiliki misteri dan makna yang dalam, dan akan sangat istimewa jika gue dan kita semua yang merayakannya bisa menyelami misteri Paskah yang istimewa tadi.

Minggu Palma adalah sebuah lambang kehadiran Tuhan di tengah-tengah kita. Dia datang sebagai Raja, dan dimuliakan seisi kota. Minggu Palma menjadi sebuah momentum akan rangkaian peristiwa penebusan dosa umat manusia.

Dan pada Kamis Putih, Jumat Agung hingga malam Paskah, peristiwa kesedihan, kepedihan, sekaligus kebahagiaan menjadi sebuah kisah yang pada akhirnya menyatu pada sebuah rangkaian peristiwa paling bersejarah dalam muka bumi ini. Kesengsaraan, Wafat, dan Kebangkitan Yesus.

Seperti biasa, rangkaian minggu Paskah tahun ini juga akan gue jalanin di Paroki St. Agustinus, Karawaci Tangerang, dimana setiap kompleksitas dari kehidupan sehari-hari menjadi warna yang selalu saja unik dan sayang buat dilewatin.

Gereja yang sederhana, umat-umat dari pinggiran kota yang juga sederhana, ritual acara yang meriah namun (tetap) sederhana, pokoknya setiap atsmofernya selalu aja membawa kesan yang berbeda setiap tahunnya.

Semoga tahun ini, gue dan keluarga juga akan mengalami kekuatan yang sama seperti perayaan Paskah tahun-tahun lalu, dan setiap kisah, misteri dan harapan dari momentum perayaan Paskah bisa menjadi hal yang menguatkan gue sekeluarga dan seluruh umat sekalian.

Karena itulan, gue membawa harapan sekaligus semangat yang besar untuk kembali menyelami misteri Keselamatan saat merayakan Paskah tahun ini. Dan jujur, secara tidak langsung pun gue akan selalu dikuatkan buat jalani hidup gue.

Tuhan memberkati kita semua…