Hari ini ada dua peristiwa penting yang terjadi berdekatan. Yang pertama tentu, momen yang dirayakan orang di seluruh dunia pada setiap tanggal 1 Januari, yaitu Tahun Baru; New Year; Nuovo Anno (Italia); Neuen Jahr (Jerman); Nouvelle Année (Prancis); Año Nuevo (Spanyol); Ano Novo (portugal); Yeni Yil (Turki); Nieuwe Jaar (Belanda); नया साल (India); 新的一年 (Cina); Bagong Taon (Fifipina); νέο έτος (Yunani); новый год (Russia); atau apapun istilahnya dalam berbagai bahasa lain. Momen ini menjadi sebuah peringatan global akan sebuah pergantian waktu pada sebuah sistem kalender romawi yang diakui selama ini.

Yang kedua, yaitu pada tanggal 2 Januari. Dimana setahun yang lalu pada tanggal ini gue mulai menulis di blog pemanisbuatan.wordpress.com. Kalo ini, cukup gue aja yang mungkin ngerayain. Peringatan ini mungkin menjadi sebuah perayaan kecil yang mungkin nggak penting bagi orang lain. Tapi bagi gue, tanggal ini menjadi sebuah perayaan  dimana gue bisa memutar kembali setiap momen dalam hidup gue yang gue tuangkan dalam setiap catatan di blog ini sepanjang tahun yang lalu. Kumpulan catatan ini layaknya pemanis buatan yang dituangkan ke dalam makanan atau adonan kue yang akan dibuat. Mungkin tidak sehat, tapi minimal bisa membuat ‘rasa kehidupan’ sedikit lebih manis… ^^

________________________________________________

Merayakan Tahun baru, seringkali dijadikan peringatan saat dimana banyak orang merefleksikan apa yang sudah mereka alami di sepanjang tahun yang lalu. Dari banyak hal yang telah dilalui; baik keberhasilan, kegagalan, kebahagiaan maupun kesedihan. Semua ‘dikumpulkan’ dalam sebuah susunan untuk kemudian dilihat kembali agar bisa disusun resolusi-resolusi baru yang lebih baik di tahun yang akan datang. (Ini pendapat gue aja loh… karena setiap orang pasti punya cara sendiri untuk merayakan momen pergantian tahun, sebagaimana terdapat berbagai ragam bahasa dalam mengucapkan kata ‘Tahun Baru’ di setiap bangsa yang berbeda.)

Tapi dengan gue membaca kembali setiap catatan dalam blog ini, seakan-akan menjadi cara gue untuk berefleksi dan memutar kembali kenangan dari setiap peristiwa yang terjadi atas diri gue di tahun lalu. Itu karena sebagian besar catatan gue merupakan ‘curhatan’ pribadi akan setiap hal yang gue alamin dan rasakan sepanjang tahun 2010.

Senang, susah, ketertarikan, tanda tanya, kegelisahaan, antusiasme, semua gue tuangkan apa adanya lewat blog ini. Dan karena itu juga, harap maklum kalo isi blog inipun jauh dari bentuk ideal dari sebuah bentuk tulisan yang baik dari segi teknis penulisan, content, maupun konteksnya. Semua mengalir apa-adanya. Tapi, lewat catatan-catatan dalam blog ini, gue hanya ingin berbagi mengenai apapun yang gue rasakan. Dan setiap orang bebas berkunjung, membaca catatan-catatan gue, dan menikmatinya tanpa beban serta tanpa tendensi apapun. Just feel free!🙂

Gue hanya ingin berterima kasih kepada semuanya, karena menurut catatan statistik, blog gue ini dikunjungi 27.143 kali selama setahun usianya; walaupun jumlah inipun termasuk kunjungan yang bersifat iseng, sekedar mampir atau sekedar ‘dituntun’ oleh mesin pencari ketika seseorang mengetikkan ‘kata kunci’ saat sedang ‘searching’ file atau gambar yang kebetulan mereka butuhkan.

Dan jika ada yang berkomentar di blog gue atau di facebook saat gue share posting-an terbaru, hal ini tentu menjadi alasan gue untuk lebih bersyukur lagi. Karena setidaknya sedikit banyak catatan yang gue bagi ada yang mengapresiasi. Minimal, gue bisa sungguh berbagi kesenangan, kegelisahan, informasi, atau apapun yang gue rasakan, dan mungkin aja kebetulan datang di waktu yang pas di setiap benak orang yang kebetulan; sengaja atau nggak sengaja mampir ke blog gue.

Jadi, saat ini, di saat tepat usia 1 tahun blog gue ini, gue hanya ingin mengungkapkan bahwa semua yang ada di blog ini sekali lagi selalu menjadi pemanis hidup yang dibuat dari gue pribadi untuk minimal bisa membuat hidup gue pribadi lebih ‘manis’ lagi. Karena alasan sederhana  itulah ‘pemanisbuatan’ lahir setahun yang lalu. Sebuah ungkapan pribadi untuk keperluan (yang juga mungkin) pribadi.

Dan ketika dalam perjalanannya banyak dari teman-teman yang mengapresiasi, itu adalah berkat tambahan buat gue. Karena dengan begitu hidup gue terasa makin manis lagi! Ini membuat gue selalu yakin bahwa selalu ada banyak cara untuk berbagi kebahagiaan. Dan dengan menulis di blog ini, gue bisa berbagi sekaligus mendapatkan banyak kebahagiaan dari orang lain; meskipun gue belum pernah mengenal mereka sebelumnya…

Dan selama ada kebahagiaan (dan kesusahan) yang terjadi dalam hidup gue, nggak ada salahnya kalo gue berniat untuk terus menambahkan pemanis buatan ke dalamnya. Jadi ketika gue harus mengalami banyak hal baru, yang pahit jadi berasa manis, dan yang udah manis jadi makin berasa manis!🙂

Selamat ulang tahun Pemanisbuatan…

Semoga panjang umur ya…