Masih tentang pergulatan yang seringkali hadir dalam diri gue. Masih tentang harapan dan keinginan yang ingin gue rasakan dan gue ingin wujudkan, yang seringkali justru gue membuatnya menjadi ‘lebih susah’ buat dijalanin. Ini semua karena gue selalu mendahuluinya dengan banyak pertanyaan, hanya untuk sekedar memastikan, inikah yang terbaik, Tuhan?

Dan kadangkala ketika berkat dan kasih Tuhan mengalir, gue masih aja berkutat pada hal yang sama: banyak bertanya, dan mencoba yakinkan diri gue, apakah benar ini yang Tuhan mau; apakah ini jalan yang emang harus gue lalui, dan apakah sungguh berkat ini buat gue Tuhan?

Waduuuh… kenapa sih ya, nggak bisa apa kalo gue cuma bersyukur, menerima semua rencana Tuhan buat gue, dan berusaha menikmati semua yang Tuhan saat ini kasih buat hidup gue…??

______________________________________________________

Ampun Tuhan… Gue bukannya nggak mau bersyukur… Gua kadang suka nggak PD aja, setelah mungkin gue melalui banyak hal yang membuat gue seringkali berpikir akan segala sesuatu; walau sebenarnya kalo mau jujur, kebanyakan adalah yang nggak perlu dipikirin!

Baiklah… baiklah… Gue menyerah Tuhan… Gue sepenuhnya mau menyerah sama rencanaMu dan hanya mau bersandar sama kekuatan yang pastinya bakal dikasih buat gue. Kadang memang gue terlalu banyak minta, banyak mengeluh yang akhirnya membuat mata hati gue tertutup buat semua berkat yang sebenarnya selalu mengalir buat hidup gue. Dan ini memang lagi-lagi soal klise, soal diri gue yang seringkali kurang ‘aware’ sama indahnya hidup karena ya itu tadi, gue terlalu membebani diri gue sama banyak pertanyaan akan hidup yang nggak terlalu penting!

Please forgive me, Lord!

Gue emang harus lebih rendah hati buat menerima semua rencanaMu buat hidup gue. Apapun itu. Gue sadar, dan mungkin Tuhan juga ‘ngeh kalo semua pertanyaan, semua pertimbangan itu hadir karena gue hanya ingin melakukan sesuatu dengan baik adanya, dan membuat jalan hidup gue enak buat dijalanin. Tapi justru yang sering kejadian adalah kebalikannya ya; gue jadi sibuk memikirkan ini-itu, dan nggak berusaha untuk menikmati hidup itu sendiri.

Oke deh, gue mau coba. Gue akan selalu bersyukur buat setiap hal yang gue terima. Apapun itu. Dan gue mau menyerahkan diri sepenuhnya buat dituntun, biar gue gak jalan sendiri dan gue bisa melalui dengan enak. Gue nggak mau sibuk buat banyak pertanyaan yang nggak perlu lagi deh, karena saat ini gue hanya ingin menkmati semuanya! Itu aja.

Lagian kalo gue mau ‘keukeuh’ banyak bertanya, nggak jaminan juga kalo gue bakal dapet semua jawabannya malam ini atau minggu ini kan? So, memang nggak ada pilihan yang lebih indah selain untuk memulai menikmati saja, dan membuang semua pertanyaan-pertanyaan yang sekiranya malah bikin jalan hidup gue jadi nggak asik…

Hidup emang indah ya… Sayang kalo gue membuatnya menjadi sesuatu yang tadinya indah malah jadi ribet. Seperti yang pernah diomongin ke gue; segala sesuatu yang kita mulai dengan baik, niscaya semua juga akan berjalan dengan baik. Dan gue percaya itu!

Biarin aja semua yang berat gue laluin sebagai sebuah pembelajaran untuk gue biar bisa jadi pribadi yang lebih baik lagi. Dan gue yakin kalo semua yang udah gue lalui selalu membentuk diri gue, bagaimanapun caranya itu. Jadi memang saat ini, yang perlu gue lakukan adalah membuka mata hati gue lebar-lebar, menikmati dan bersyukur untuk tiap hari yang gue lalui, dan mulai untuk terus melangkah tanpa perlu banyak basa-basi yang nggak penting lagi.

Puji Tuhan! Temenin gue ya, dear Lord…