Film buat saya, bukan hanya menjadi sebuah karya yang bisa menghibur. Tapi lebih dari itu film menjadi sebuah sumber inspirasi dalam segala hal dan bentuknya. Film bagus menurut para kritikus film bisa dibicarakan dalam masa puluhan tahun sesudahnya, namun kadang film yang kadang masuk kategori ‘biasa-biasa aja’ justru bisa membekas di otak dan hati saya dalam waktu yang mungkin jauh lebih lama.
Acuan film-film berkualitas memang bepusat pada dua ajang utama penghargaan perfilman di Amerika yaitu Golden Globe dan Oscar. Walau festival film seperti Cannes pun kadang seringkali jadi acuan bagi para penikmat film di seluruh dunia. Saya pun nggak memungkiri hal ini, tapi tidak menjadi satu-satunya alasan untuk menyukai dan menilai kualitas sebuah film.
Dan seperti yang dulu udah pernah saya janjiin, saya akan tulis daftar 100 film terbaik sepanjang masa versi saya. Ini memang daftar yang sangat subyektif, karena jelas erat kaitannya sama selera pribadi. Tapi mungkin aja ada beberapa diantaranya yang juga ‘sesuai’ sama selera kamu semua. Saya memang nggak membuat sebuah tolak ukur dan kriteria tertentu untuk membuat film ini menjadi film terbaik versi saya. Tapi jika setelah selesai saya menonton sebuah film dan saya merasa sungguh terhibur, terinspirasi, dan bahkan sampai ‘kebawa emosi’, nah film yang kayak gini yang akan saya inget sepanjang masa.. ^_^ They really speaks loud!
Mungkin aja masih banyak film bagus yang nggak masuk daftar saya ini. Dan tentu alasannya adalah karena saya memang nggak suka atau emang ‘terlewat’, atau memang karena saya memang sama sekali belum pernah menontonnya… hehehe So guys, these are my list. Kalo kamu punya film favorit yang mungkin nggak ada di daftar ini, let me know ya… Saya mungkin aja tertarik untuk menontonnya… 🙂 So, ini urutan film terbaik sepanjang masa versi saya (berdasarkan tahun release):
- The Wizard of OZ (1939 – Director: Victor Fleming. Starring: Judy Garland, Frank Morgan, Ray Bolger)
- Gone with The Wind (1939 – Director: Victor Fleming. Starring: Clark Gable, Vivien Leigh)
- Casablanca (1942 – Director: Michael Curtiz. Starring: Humpley ogart, Inggrid Bergman)
- The Good, The Bad and The Ugly (1966 – Director: Clint Eastwood. Starring: Eli Wallach, Clint Eastwood, Lee Van Cleef)
- The Godfather (1972 – Director: Francis Ford Coppola. Starring: Marlon Brando, Al Pacino), and The Godfather Part II (1972 – Director: Francis Ford Coppola. Starring: Marlon Brando, Al Pacino)
- Jaws (1975 – Director: Steven Speielberg. Starring: Roy Scheider, Robert Shaw)
- One Flew Over the Cuckoo’s Nest (1975 – Director: Milos Forman. Starring: Jack Nicholson, Louise Fletcher)
- Taxi Driver (1976 – Director:Martin Scorsese. Starring: Robert de Niro, Jodie Foster, Harvey Keitel)
- Grease (1978 – Director: Randal Kleiser. Starring: John Travolta, Olivia Newton-John)
- Kramer vs Kramer (1979 – Director: Robert Benton. Starring: Dustin Hoffman, Maryl Streep)
- Gandhi (1982 – Director: Richard Attenborough. Starring: Ben Kingsley, Rohini Hattangadi)
- Scarface (1983 – Director: Brian de Palma. Starring: Al Pacino, Steven Bauer, Michelle Preiffer)
- Once Upon A Time in America (1984 – Director: Sergio Leone. Starring: Robert de Niro, James Woods, Elizabeth McGovern)
- The Killing Fields (1984 – Director:Roland Joffé. Starring: Sam Waterston, Haing S. Ngor, John Malkovich)
- Back to the Future Trilogy: Back to the Future (1985 – Director: Robert Zemeckis. Starring:Michael J. Fox, Christopher LLyod), Back to the Future Part II (1989 – Director: Robert Zemeckis. Starring:Michael J. Fox, Christopher LLyod), Back to the Future Part III (2003 – Director: Robert Zemeckis. Starring:Michael J. Fox, Christopher LLyod)
- Aliens (1985 – Director: James Cameron. Starring: Sigourney Weaver, Michael Biehn)
- Platoon (1986 – Director: Oliver Stone. Starring: Charlie Seen, Willem Dafoe, Tom Berenger)
- Empire of the Sun (1987 – Director: Steven Spielberg. Starring: Christian Bale, John Malkovich, Miranda Richardson)
- Missisipi Burning (1988 – Director: Alan Parker. Starring: Gene Hackman and Willem Dafoe)
- Born on the Fourth of July (1989 – Director: Oliver Stoner. Starring: Tom Cruise, Kyra Sedgwick)
- When Harry Met Sally (1989 – Director: Rob Reiner. Starring: Billy Crystal, Meg Ryan)
- We’re No Angels (1989 – Director:Neil Jordan. Starring: Robert De Niro, Sean Penn, Demi Moore)
- Dances with Wolves (1990 – Director: Kevin Costner. Starring: Kevin Costner, Mary McDonnel)
- The Silence of the Lamb (1991 – Director: Jonathan Demme. Starring: Jodie Foster, Anthony Hopkins)
- Groundhoug Day (1993 – Director: Harold Ramis. Starring: Bill Murray, Andie MacDowell, Chris Elliott)
- Heaven and Earth (1993 – Director: Oliver Stone. Starring: Haing S. Ngor, Bussaro Sanruck, Supak Pititam)
- Schindler’s List (1993 – Director: Steven Speielberg. Starring: Liam Neeson, Ben Kingsley)
- Sleepless in Seattle (1993 – Director: Nora Ephron. Starring: Tom Hanks, Meg Ryan)
- The Shawshank Redemption (1994 – Director: Frank Darabont. Starring: Tim obbins, Morgan Freeman)
- Pulp Fiction (1994 – Director: Quentin Tarantino. Starring:John Travolta, Samuel L Jackson, Uma Thurman, Bruce Willis)
- Natural Born Killer (1994 – Director: Oliver Stone. Starring: Woody Harrelson, Juliette Lewis, Tom Sizemore)
- Braveheart (1995 – Director: Mel Gibson. Starring: Mel Gibson, Sophie Marceau)
- Jumanji (1995 – Director: Joe Johnston. Starring: Robin Williams, Jonathan Hyde, Kirsten Dunst)
- Trainspotting (1996 – Director: Danny Boyle. Starring: Ewan McGregor, Ewen Bremmer)
- The English Patient (1996 – Director: Anthony Minghella. Starring: Juliette Binoche, Willem Defoe)
- The Independence Day (1996 – Director:Roland Emmerich. Starring: Will Smith, Bill Pullman, Jeff Goldblum)
- Romeo and Juliet (1996 – Director: Baz Luhrmann. Starring: Leonardo di Caprio, Claire Danes)
- The Fifth Element (1997 – Director: Luc Besson. Starring: Bruce Willis, Gary Oldman, Ian Holm)
- Life is Beautiful (1997 – Director: Roberto Benigni. Starring: Roberto Benigni, Nicoletta Braschi)
- My Best Friend Wedding (1997 – Director: PJ Hogan. Starring: Julia Roberts, Dermot Mulroney, Cameron Diaz)
- LA Confidential (1997 – Director: Curtis Hanson. Starring: Kevin Spacey, Russell Crowe, Guy Pearce)
- Titanic (1997 – Director: James Cameron. Starring: Leonardo di Caprio, Kate Winslet)
- Dog Day Afternoon – 1998 (Director: Sidney Lumet. Starring: Al Pacino, John Cazzale)
- Run Lola Run (1998 – Director: Tom Tykwer. Starring: Franka Potente, Moritz Bleibtreu)
- Saving Private Ryan (1998 – Director: Steven Spielberg. Starring: Tom Hanks, Edwards Burn, Tom Sizemore)
- American History X (1998 – Director: Tony Kaye. Starring: Edward Norton, Edward Furlong, Beverly D’Angelo)
- Shakespeare in Love (1998 – Director: John Madden. Starring: Geoffrey Rush, Tom Wilkinson, Steven O’Donnell)
- The Green Mile (1999 – Director: Frank Darabont. Starring: Tom Hanks, David Morse, Bonnie Hunt)
- American Beauty (1999 – Director: Sam Mendes. Starring: Kevin Spacey, Annete Bening, Thora Birch)
- The Green Mile (1999 – Director: Frank Darabont. Starring: Tom Hanks, Michael Clarke Duncan, David Morse)
- Fight Club (1999 – Director: David Fincher. Starring: Edward Norton, Brad Pitt)
- Malena (2000 – Director: Giuseppe Tarnatore. Starring: Monica Belluci, Giuseppe Sulfaro)
- Chocolat (2000 – Director: Lasse Hallström. Starring: Jhonny Deep, Alfred Molina, Carrie-Anne Moss, Aurelien Parent Koenig)
- The Believer (2001 – Director: Henry Bean. Starring: Ryan Goslin, Summer Phoenix)
- I Am Sam (2001 – Director: Jessie Nelson. Starring: Sean Penn, Michelle Pfeiffer, Dakota Fanning)
- The Lord of the Rings Trilogy: The Fellowship of the Ring (2001 – Director: Peter Jackson. Starring: Elijah Wood, Sean Astin, Sean Bean), The Two Towers (2002 – Director: Peter Jackson. Starring: Elijah Wood, Sean Astin, Sean Bean), The Return of The King (2003 – Director: Peter Jackson. Starring: Elijah Wood, Sean Astin, Sean Bean)
- Pearl Harbour (2001 – Director: Michael Bay. Starring: Ben Affleck, Josh Hartnett, Kate Beckinsale)
- The Pianist (2002 – Director: Roman Polanski. Starring: Adrien Brody, Thomas Kretschmann)
- City of God (2002 – Director: Fernando Meirelles. Starring: Matheus Nachtergaele, Seu Joge, Alexander Rodrigues)
- Catch Me if You Can (2002 – Director: Steven Spielberg. Starring: Leonardo DiCaprio, Tom Hanks, Christopher Walken)
- Gangs of New York (2002 – Director: Martin Scorsese. Starring: Leonardo DiCaprio, Cameron Diaz)
- Lost in Translation (2003 – Director:Sofia Copolla. Starring: Scarlett Johansson, Bill Murray)
- 21 Grams (2003 – Director: Alejandro Gonzalez Inarritu. Starring: Sean Pean, Naomi Watts, Benicio Del Toro)
- Mystic River (2003 – Director: Clint Eastwood. Starring: SeanPean, Tim Robbins, Kevin Baccon)
- Carandiru (2003 – Director: Hector Babenco. Starring: Luiz Carlos Vasconcelos, Milton Goncalves)
- Cold Mountain (2003 – Director: Anthony Minghella. Starring: Jude Law, Nicole Kidman, Renée Zellweger)
- Finding Nemo (2003 – Director: Andrew Stanton & Lee Unkrich.Voice : Albert Brooks, Ellen Degeneres)
- The Dreamers (2003 – Director: Bernardo Bertolucci. Starring:Michael Pitt, Eva Green, Louis Garrel)
- Bruce Almighty (2003 – Director: Tom Sadyac. Starring: Jim Carrey, Morgan Freeman, Jeniffer Aniston)
- Master and Commander: The Far Side of the World (2003 – Director: Peter Weir. Starring: Russell Crowe, Paul Bettany, James D’Arcy)
- Before Sunrise & Before Sunset (1995&2004) – Director: Richard Linklater. Starring: Ethan Hawke, Julie Delpy)
- Million Dollar Baby (2004 – Director: Clint Eastwood. Starring: Clint Eastwood, Hillary Swank)
- Crash (2004 – Director: Paul Haggis. Starring: Matt Dillon, Ryan Phillippe, Sandra Bullock)
- If Only (2004 – Director: Gil Junger. Starring: Jennifer Love Hewitt, Paul Nicholls, Tom Wilkinson)
- Hotel Rwanda (2004 – Director: Terry George. Starring: Xolani Mali, Don Cheadle, Desmond Dube)
- The Passion of The Christ (2004 – Director: Mel Gibson. Starring: James Caviezel, Maia Morgenstern, Christo Jivkov)
- Tae Guk Gi: The Brotherhood of War (2004 – Director: Je-gyu Kang. Starring: Dong-gun Jang, Bin Won, Eun-ju Lee)
- Kingdom of Heaven (2005 – Director: Joe Johnston. Starring: Robin Williams, Jonathan Hyde, Kirsten Dunst)
- War of the Worlds (2005 – Director: Steven Spielberg. Starring: Tom Cruise, Dakota Fanning, Miranda Otto)
- Havoc (2005 – Director: Barbara Kopple. Starring: Anne Hathaway, Bijou Phillips, Channing Tatum)
- Lower City (2005 – Director: Sérgio Machado. Starring: Lázaro Ramos, Wagner Moura, Alice Braga)
- Little Miss Sunshine (2006 – Director: Jonathan Dayton & Valerie Faris. Starring: Greg Kinnear, Toni Collette, Steve Carrel)
- Apocalypto (2006 – Director: Mel Gibson. Starring: Rudy Youngblood, Dalia Hernandez)
- Babel (2006 – Director: Guilermo Prieto. Starring: Brad Pitt, Cate Blanchett)
- Tenacious D in the Pick of Destiny (2006 – Director: Liam Lynch. Starring: Jack Black, Kyle Gass, JR Reed)
- Earth (2007 – Director: Alastair Fothergill, Mark Linfiel- Documentary)
- Bobby (2006 – Director: Emilio Estevez. Starring: Harry Belafonte, Joy Bryant, Nick Cannon)
- The Curse of the Golden Flower (2006 – Director: Yimou Zhang. Starring: Yun-Fat Chow, Li Gong, Jay Chou)
- Little Children (2006 – Director: Todd Field. Starring: Kate Winslet, Patrick Wilson, Jennifer Connelly)
- Letters from Iwo Jima (2006 – Director: Clint Eastwood. Starring: Ken Watanabe, Kazunari Ninomiya, Tsuyoshi Ihara)
- Live Free or Die Hard 4.0 (2007 – Director: Len Wiseman. Starring: Bruce Willis, Tomothy Olyphant)
- Lust Caution (2007 – Director: Ang Lee. Starring: Tony Leung Chiu Wai, Wei Tang, Joan Chen.)
- No Country for Old Men (2007 – Director: Ethan Coen, Joel Coen. Starring: Tommy Lee Jones, Javier Bardem, Josh Brolin)
- Cloverfield (2008 – Director: Matt Reeves. Starring: Lizzy Caplan, Jessica Lucas, TJ Miller)
- Milk (2008 – Director: Gus Van Sant. Starring: Sean Penn, Emile Hirsch, Josh Brolin)
- Monster’s Ball (2008 – Director: Marc Forster. Starring: Billy Bob Thornton, Halle Berry, Taylor Simpson)
- Slumdog Millionaire (2008 – Director: Danny Boyle, Loveleen Tandan. Starring:Dev Patel, Saurabh Shukla, Anil Kapoor)
- Inglourious Basterds (2008 – Director: Quentin Tarantino Starring: Brad Pitt, Mélanie Laurent, Christoph Waltz)
- Avatar (2009 – Director: James Cameron. Starring: Sam Worthington, Zoe Saldana, Sigourney Weaver)
- Alice in the Wonderland (2010 – Director: Tim Burton. Starring: Mia Wasikowska, Johnny Depp, Helena Bonham Carter)
Baca juga: 20 Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa (Versi Gue)
32 comments
Comments feed for this article
January 14, 2015 at 12:29 pm
Dr. Joel Wallach
Just wish to say your article is as astounding.
The clearness in your post is simply great and i can assume you are an expert on this subject.
Fine with your permission allow me to grab your RSS feed to keep up to
date with forthcoming post. Thanks a million and please keep up the rewarding work.
January 23, 2015 at 5:14 pm
pemanisbuatan
Dear Mr… thanks for the appreciations… Yes you have my permission… 🙂
June 7, 2012 at 6:22 am
hugo
shawsank redemption still the best klo menurut saya pribadi…sama the casino,..aktornya robert de niro klo gak salah…keren dah pokoknya…
June 8, 2012 at 2:43 am
pemanisbuatan
setuju bro… aku juga udah lihat keduanya… dan masih suka lihat lagi sampai sekarang….
October 11, 2014 at 1:56 pm
trista
shawshank redemption bukan film terbaik sepanjang masa bro(menurut saya), jadi anggapan orang kalau shawshank adalah film terbaik itu salah buktinya aja di oscar film ini kalah sama forrest gump. film ini cuma jaya di IMDB doank, selebihnya nggak seperti di rotten film ini kalah sama LOTR dan the godfather, kemudian di metacritic film ini juga kalah sama LOTR, the godfather,lawrence of arabia dan beberapa film lainnnya dan yang lebih parah itu di BFI soalnya shawshank sama sekali gk masuk dalam daftar 250 film terbaik versi situs itu dan satu tambahan lagi menurut majalah time film terbaik itu dipegang oleh LOTR dan the godfather(lagi-lagi 2 film ini) karena menurut mereka film ini memiliki grossing tinggi dan langganan oscar di tiap tahunnya.
January 1, 2015 at 7:55 pm
pemanisbuatan
Thanks atas tanggapannya… Sekali lagi list ini adalah list buatan saaaya sendiri, jadi terlepas dari penghargaan yang diterima atau acuan apapun… ini hanya selera pribadi kok… terima kasih sudah berkunjung ya….
November 13, 2011 at 9:54 pm
bond_3t
g adh troy or 300 bro,..
thu film kn kren bgd bro,…
overal,i agree with u,…
November 14, 2011 at 11:39 am
pemanisbuatan
yoi sob… banyak banget fil keren sampe nggak muat deh kalo mau di list…. hehehe thanks for visiting ya….
September 27, 2011 at 10:54 pm
Bos Teratai
benerr……….
September 28, 2011 at 9:09 pm
pemanisbuatan
thanks ya….. buat berkunjung dan baca catatanku…
September 27, 2011 at 10:53 pm
Bos Teratai
benerrr ……….
September 9, 2011 at 2:05 am
Porink
Emang punya berapa banyak film coy??
Pernah nonton Three Colours?
Atau film horror macem Re-Animator??
Movie labelnya kepake ga??
September 7, 2011 at 11:58 am
teddycobra
masih ada yg bagus bung… interview with vampire,frankenstein,fly me to polaris
September 7, 2011 at 11:51 pm
pemanisbuatan
iya masih banyak lagi sih…. kalo di list mungkin bisa sampe 200 film… hehehe thanks udah baca dan comment ya….
July 27, 2011 at 10:22 pm
taufik hidayat
emang dari dulu aku paling suka lihat film2 top sejak tahun 1984. Tapi menurutku film paling berkesan dan fastastic adalah Lord of the ring dan dances with wolves. film terbaik awepanjang masa..
July 28, 2011 at 3:36 pm
pemanisbuatan
Setuju mas bro… 🙂
June 15, 2011 at 3:20 am
Porink
Silahkan:
Movie Label 2012 – Deposit File -> 27,78 MB
Book Label 2010 3.0.2.257 – Megaupload -> 15,08MB
June 12, 2011 at 7:50 pm
Porink
Saran lagi:
Lorenzo’s Oil (1992)
Tentang kejadian nyata dari anak bernama Lorenzo yang terkena penyakit ALD(syaraf)
dan
Sixty Six (2006)
Tentang anak di Inggris yang Bar Mitzvah-nya bertepatan dengan Piala Dunia di Inggris. Serta kisah keluarganya yang kesulitan keuangan untuk membiayai Bar Mitzvah-nya.
Saran dari g sesuai dengan apa yang kliatannya lo suka: Bola dan film bertema keluarga.
Kemaren g comment kok tidak di-approve coy?
June 13, 2011 at 11:54 am
pemanisbuatan
Maaf kalo nggak di approve… Tapi sepertinya aku nggak pernah mengabaikan setiap comment yang masuk loh…
Thanks anyway ya….
June 13, 2011 at 6:29 pm
Porink
Ya uda tanggung comment di sini aja…
kemaren ini g nyaranin lo pake Movie Label atau Book label karena pernah baca post buku/film inspirasi tentang kehilangan film atau buku..
Nah di label itu softwarenya seperti katalog untuk keterangan film dan buku dimasukkan. G sih cuma pake movie label doank, jadi nanti datanya itu bisa diintegrasikan secara online dari IMDB dan ada comment segala macem..
Untungnya buat lo di situ juga ada bagian loan atau pinjam meminjam. Jadi setiap film yang dipinjamkan bisa dikasi keterangan pada siapa hingga biodatanya. Asal rajin diisi sih ga akan kececeran lagi “insprirational-nya”..
Yang di atas sih g kasi link develepornya (code aero) aja dulu..
Kl lo emang mau ntar g kasiin link dari “gudang” ke email lo (kalau misal takut kena grebek dari wordpress).. LoL
June 14, 2011 at 12:58 pm
pemanisbuatan
Terima kasih info dan bantuannya ya… Sangat2 membantu sekali…
March 16, 2011 at 4:21 am
pemula
keren…..
November 28, 2010 at 2:55 pm
eko
klo misal pesen copy dari kaset vcd original trus dipindah ke kaset dvd dimake data,jdi 1dvd bsa isi 4 ato 5 judul. Jdi format filenya tetep ”Dat”. Pesenya dimananya yg bisa. Soalnya klo kaset dvd bajakan kdg2 sub titlenya ngawur. Kra2 ada yg bs bantu? Bnyk film dtmpt sya yg gk ada,trutama judul yg agak lama,macem good fellas,taxi driver,pulp fiction dll. Thx
November 17, 2010 at 1:44 pm
fraist
Yang before sunrise salah tahun pembuatannya,
Before sunrise 1995
Before Sunset 2004
November 18, 2010 at 11:44 am
pemanisbuatan
Sip bro… sudah dibetulkan 🙂
November 11, 2010 at 3:23 pm
eko
bos,bsa bntu dptin film goodfellas sama taxi drivernya robert d niro. Ditmpt sya sulit. Kota kcil sih.
November 12, 2010 at 1:08 am
pemanisbuatan
Godfellas kebetulan aku nggak punya, tapi kalo taxi driver ada versi bajakan DVD. Biasanya udah banyak loh sekarang di lapak2 DVD bajakan. FIlm2 jaman dulu pun ada. Kalo nda bisa nitip sama mas2nya 🙂 Dulu aku sampe ngasih list biar dia cariin kalo belanja hehehe Tapi coba aja nanti hubungin aku di 08568840408 ya.
November 13, 2010 at 12:04 am
Porink
bisa coba ini:
Goodfellas (1990)
http://rapidshare.com/files/322228164/vv-gf-xvid.part1.rar
http://rapidshare.com/files/322224925/vv-gf-xvid.part2.rar
http://rapidshare.com/files/322228151/vv-gf-xvid.part3.rar
http://rapidshare.com/files/322228141/vv-gf-xvid.part4.rar
http://rapidshare.com/files/322234179/vv-gf-xvid.part5.rar
http://rapidshare.com/files/322238444/vv-gf-xvid.part6.rar
http://rapidshare.com/files/322237742/vv-gf-xvid.part7.rar
File Size: +/- 1,4Gb
Password Archive: http://www.wareztuga.ws
sumber: http://www.warez-bb.org/viewtopic.php?t=4247987
Subtitle kalo butuh(English): http://subscene.com/english/goodfellas/subtitle-75434.aspx
Taxi Driver (1976)
http://d01.megashares.com/?d01=eDkd62G
File Size: +/- 700Mb
sumber: http://www.warez-bb.org/viewtopic.php?t=5032046&highlight=
Subtitle coba cari di: http://subscene.com/taxi-driver/subtitles-11678.aspx
November 14, 2010 at 9:00 pm
pemanisbuatan
Thanks bro… Luar biasa!
October 29, 2010 at 2:11 am
Porink
Kalau yg g liat dr list lo dan film2 yg g kenal kliatannya lo suka film yg bertema memberi pesan moral maupun/menuju kemanusiaan di filmnya, mungkin krn mengincar yg memberi inspirasi tinggi..
Film2 bgt biasanya sih bergenre war / family / romance..
Ya mungkin bbrp film yg saat posting kebetulan inget dan ga ada di list tp mungkin cocok untuk lo:
The Girl Next Door (2004)
The Fountain (2006)
Where the Wild Things are (2009)
Blood Diamond (2006)
The Big Fish (2003)
The Bridge of River Kwai (1957)
The Notebook (2004)
The Kite Runner (2007)
btw dobel tuh the green mile no 48 dan 50
October 29, 2010 at 2:51 am
pemanisbuatan
Thanks Porink… for the comment.
The Girl Next Door. gue suka… Begitu juga Blood Diamond… Tapi emang susah ya nyari 100 film terbaik 🙂
Btw, thanks koreksinya ya…
September 9, 2010 at 12:08 am
oncom
salam..sedang blogwalking
rupanya 100 film terbaiknya hampir sama kayak saya..