Ada banyak hal belakangan ini yang gue alamin, dan semuanya kadang terjadi begitu aja. Segala sesuatu terjadi dalam kehidupan gue begitu mudahnya, tapi dalam artian yang positif. Hidup gue berjalan sangat dinamis, dan gue sangat menikmati perubahan-perubahan yang terjadi di dalamnya walau dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Emang bener kalo hidup itu menawarkan banyak pilihan dan kemungkinan. Dan kadang-kadang pilihan itu hadir tidak dalam waktu yang lama. Seringkali hadirnya ‘memaksa’ otak dan saraf motorik untuk langsung melakukan suatu tindakan, dan membiarkan kemungkinan-kemungkinan yang ada terbuka dengan sendirinya.Kalo gue nyebutnya, ini semua udah di luar rencana gue…

______________________________________

Pada suatu ketika contohnya gue dihadapkan pada banyak pilihan saat gue sedang menghadapi masalah saat sedang mengerjakan beberapa project design. Dalam kasus gue ini, ternyata selalu saja yang namanya hal tak terduga muncul dan membuat gue agak sedikit kebat-kebit. Dari yang namanya berkejaran sama deadline, kerusakan tiba-tiba mesin cetak vendor gue, sampe susahnya nyari bahan kertas yang diinginkan sama klien gue…

Tapi semuanya itu ‘ndelalah’ malah memicu gue untuk berpikir lebih cepat dan menemukan solusi yang paling ‘deket’. Dan ternyata, Tuhan beneran baek sama gue. Kadang gue dikasih jalan keluar di saat gue udah mulai pasrah mencari solusi. Saat semua yang gue rencanain dan lakuin hampir kehilangan arah, justru ternyata rencana yang lebih besar itu yang ‘menuntun’ gue. Dan pastinya ini bukan rencana gue…

Gak disangka, semua masalah bisa ketemu solusinya di waktu yang tepat. Gue hanya bisa bersyukur, karena banyak kemudahan masih menghampiri gue. Dan ini yang membuat gue semakin yakin, emang gue nggak akan bisa kalo terus-terusan mengandalkan kekuatan gue sendiri aja…

Nggak terhitung mungkin berapa kali gue ‘diselamatkan’ di tengah jalan. Dan semuanya itu kadang tanpa gue minta secara langsung. Gue hanya kadang berharap sambil sedikit memohon supaya jalan gue dibuat mudah ketika sedang berhadapan langsung dengan banyak persoalan. Tapi emang ya, sekecil apapun suara gue saat memohon, saat itu juga Tuhan mendengarkan.

Jadi lucu kadang kalo inget betapa gue kelimpungan mencari solusi buat banyak persoalan yang kebetulan datang dalam waktu bersamaan. Apalagi gue orangnya cukup panikan… Jadi bisa kebayang deh gimana tampang gue waktu itu… hehehe Yah setidaknya gue bisa belajar banyak dari semuanya. Solusi hanya akan datang jika kita sungguh nyari, walau pada awalnya gue nggak yakin akan berhasil apa enggak.

Segala sesuatunya emang kadang hasrus dijalanin aja. Sisanya mending emang gue nggak usah terlalu mikirin lagi. Karena gue yakin kalo jalan baru bakal gue temuin saat gue memutuskan buat jalan terus, dan bukannya berhenti kelamaan sambil linglung… Yah, gue akan selalu percaya, kalo di tengah jalan nantinya, selalu saja ada hal yang bisa membuka jalan gue, entah gue ketemu orang yang tepat, gue menemukan petunjuk yang tepat, atau gue malah menemukan bahwa kalo solusi itu sebenarnya udah ada kalo gue lebih buka mata hati gue. Rencana Tuhan memang hadir dengan banyak cara.

Dan sekali lagi semuanya sungguh berjalan di luar rencana dan kemampuan gue. Tuhan memiliki rencana jauh lebih indah dan lebih ‘efektif’. Karenanya gue nggak akan bosan untuk melihat semuanya dengan hati yang selalu bersyukur dan otak yang selalu dipenuhi aura positif. Setidaknya gue akan selalu mencoba!

Segala sesuatu indah pada waktunya…. Dan kadang hadir dengan cara yang luar biasa istimewa…🙂