Beberapa hari yang lalu, atau pagi dini hari tepatnya, gue ikut acara nonton bareng lagi, kebetulan waktu itu partai Fiorentina-Inter bersama Inter Club Indonesia Regional Tangerang dan diadakan di salah satu cafe di bilangan Karawaci. Ini adalah kesempatan yang kedua kalinya. Gue memang belum lama ikutan ngumpul, dan ini gue jadiin kesempatan untuk mengenal lebih banyak lagi teman.

Malam itu suasana cukup rame. Kurang lebih ada sekitar 35 orang yang hadir. Kadang pada satu malam, acara Nobar yang diadakan di tempat yang sebetulnya kurang ‘luas’ ini bisa dihadiri sampai 60 orang. Semuanya jelas Internisti, alias suporter dari Inter Milan. Semua berasal dari wilayah Tangerang, walau boleh dibilang rumah kita sebenarnya agak saling berjauhan juga… Tapi malam itu, semua tampak bersemangat untuk melakukan acara nonton bareng. Masing-masing hadir dengan jersey kebangaan Inter Milan, dan tentunya dengan semangat, kecintaan dan kegembiraan yang sama.

_____________________________________________

Di dunia ini ada banyak klub sepakbola, namun memang yang paling utama dan banyak penggemarnya adalah klub sepakbola dari Italia, Inggris, Spanyol, Jerman dan Perancis. Ada Inter Milan, Ac Milan, Juventus dan As Roma dari Italia; Liverpool, Manchester United, Arsenal dan Chelsea dari Inggris; Barcelona dan Madrid dari Spanyol; Bayern Muenchen dari Jerman atau Olympique Marseille dari Perancis, sekedar menyebut beberapa diantaranya.

Mereka semua memiliki penggemar fanatik di seluruh dunia, dan ini yang membuat eksistensi sebuah klub semakin diakui. Gue sendiri secara pribadi menyukai klub dari Italia Internazionale Milano sebagai klub favorit utama gue. Walau gue juga suka klub lain seperti Liverpool dan Barcelona, tapi kadar ‘suka’nya belum sebesar dengan kecintaan gue sama Inter.🙂

Alasan seseorang begitu mencintai klub sepakbola jelas berbeda-beda. Ada yang suka karena adanya pemain bintang tertentu yang main di klub itu pada suatu periode tertentu, karena sejarah klub itu sendiri, atau hanya sekedar ikut suka karena pengaruh dari orang lain. Dari segi fanatisme, memang dikenal beberapa jenis penggemar; yang sekedar suka, yang suka dan setia mengikuti perjalanan klub, hingga yang tipe ‘die hard’ yang suka dan tahu segala hal tentang klub yang bersangkutan; dari sejarah hingga isu terkini, sampai terbawa ke gaya hidup. Apapun, tingkat kecintaan kepada sebuah klub membuktikan bahwa sepakbola sudah menjadi lebih dari sekedar budaya, tapi juga sudah masuk ke ranah yang paling pribadi dari sebuah lingkungan sosial yaitu ‘ideologi’ dan cara pandang tiap-tiap pribadi…

Memang ada kalanya fanastisme yang berlebihan bisa mengakibatkan banyak hal yang nggak baik. Tapi gue nggak akan ikut-ikutan sama hal yang kayak gitu. Lewat Inter Club Indonesia Regional Tangerang (ICI RT) , gue hanya ingin menambah banyak teman, sambil tentunya menyalurkan energi positif  untuk relaksasi di sela-sela kesibukan gue setiap harinya.

Ketika kita berkumpul bersama, bernyanyi bersama, dan menonton pertandingan bersama walau hanya lewat layar, tetap merupakan suatu pengalaman yang sungguh menyenangkan. Emosi, energi sekaligus adrenalin kadang bercampur jadi satu. Makanya benar sekali kalo banyak yang bilang bahwa nonton bola rame-rame jauh lebih mengasyikkan daripada sendirian…

Gue memang terhitung ‘anak baru’ di ICI RT, tapi gak masalah deh… Yang utama sih gue bisa nyaman dan enjoy ketika kita semua berkumpul, dan memang niat gue memang untuk bersenang-senang dengan menambah lebih benyak teman. Dan syukurnya, rekan-rekan semua di ICI RT welcome banget sama gue.

Kesamaan yang gue temukan saat berkumpul bersama rekan ICI RT, membuat sebuah hal kecil menjadi hal yang luar biasa. Itulah sebabnya ada banyak komunitas dengan label apapun di seluruh dunia, mulai dari olahraga, musik, politik, hobi, hingga agama. Dan ini gak salah, karena kebutuhan dasar setiap manusia adalah untuk diterima eksistensinya oleh lingkungan dimana ia berada sekaligus untuk menunjukkan eksistensinya itu.

Lewat sebuah komunitas, setiap orang bisa mendapatkan pemenuhan kebutuhan untuk berkumpul, bersenang-senang, menambah ilmu, atau seperti yang gue lakukan sekarang, yaitu untuk menambah teman… Dan apapun alasan yang dimiliki oleh setiap pribadi ketika menjadi anggota komunitas tertentu tidak menjadi penting lagi. Yang penting adalah kita semua memiliki semangat dan kecintaan yang sama, dan berawal dari hal ini kita sama-sama ingin merasakan kegembiraan yang sama.

Dan dalam Inter Club Indonesia,  kegembiraan itu tentunya gue temukan saat mendukung tim sepakbola yang gue dan semua rekan ICI cinta: Internazionale Milano…

Forza Inter!

Baca juga: Catatan-catatan lain tentang Internazionale!