Tadi siang sepintas gue melihat sebuah acara di sebuah stasiun TV yang berisikan motivasi dalam hidup. Gak nyana, walau sepintas, sudah cukup membuat gue terinspirasi. Tiba-tiba aja ada sebuah pembenaran dalam otak gue atas apa yang disampaikan.

Siang tadi gue juga baru abis pulang dari mengunjungi orang tua gue. Sesorean tadi gue ngobrol banyak sama bapak. Biasa lah, gue biasanya memang ketemu bapak dan ibu setiap weekend, jadi cukup banyak cerita yang bisa gue bagi selama seminggu. Dan nggak nyangka juga, dari obrolan yang seru sama bapak, gue pun mendapatkan banyak inspirasi.

Inspirasi menjadi sebuah sumber penyegar buat otak gue. Gue memang mudah terinspirasi. Apalagi jika yang dikatakan oleh orang lain itu memang gue anggap benar dan nggak mengada-ngada. Yah setidaknya gue bisa lah membedakan mana orang yang asal ‘ngecap’ aja sama orang yang berbicara penuh inspirasi. Dan ternyata, setiap perkataan bisa menjadi sesuatu kekuatan yang luar biasa, walaupun bagi mereka itu hanya sebuah kalimat yang bisa dan mungkin nggak berarti apa-apa.

________________________________________

Inspirasi memang bisa datang dari mana aja. Dari buku, film, musik, atau dari segala hal yang gue lihat sehari-hari di sekitar. Tapi memang, inspirasi yang datang dari perkataan seseorang saat kita mengobrol panjang lebar dengan orang lain kadang lebih mengena. Perkatan seseorang itu seakan disampaikan secara personal dan langsung ditujukan ke gue tanpa bermaksud menggurui. Dan memang inspirasi datang seringkali dari sebuah wacana obrolan yang biasa aja, dan gak selalu harus dari sebuah sesi khotbah atau sesi para pembicara yang ahli di bidang motivasi.

Tapi apapun bentuknya gak penting. Yang gue mau sharing adalah bahwa gue seringkali terinspirasi saat gue sedang bertukar pikiran dengan siapapun, termasuk juga dengan bapak gue yang hari ini gue lakukan. Mereka mungkin nggak sadar, begitu juga bapak, kalo banyak dari perkataannya sungguh menginspirasi. Hal itu membuat gue menjadi berpikir, dan pada akhirnya gue juga memiliki keinginan untuk melakukan sesuatu. Dan semuanya terjadi tanpa rekayasa sama sekali dan tanpa merasa terpaksa melakukannya.

Memang sih, seringkali gue dengar omongan bahwa ajakan yang terbaik untuk orang lain agar mau melakukan sesuatu adalah dengan mencontohkannya langsung. Kalo mau ngajak berbuat sopan, pastinya gue juga setidaknya harus bertingkah laku sopan. Dan kalo mau ngajak begajulan ya gampang, tinggal kasih contoh aja yang begajulan. Jadi memang perkataan orang lain yang bisa menginspirasi gue karena memang gue sungguh melihat bahwa mereka juga melakukan apa yang mereka katakan. Dan itu yang sekali lagi harus gue bilang, kalo mereka nggak asal ngecap, alias pinter ngomong doang.

Tapi memang inspirasi nggak sesempit itu. Inspirasi nggak melulu harus datang dari orang-orang yang memang sudah kita lihat hasil perbuataanya. Inspirasi kadang juga bisa hadir dalam banyak hal, dari hal-hal yang terjadi di sekitar. Dan nggak tertutup kemungkinan inspirasi datang dari hal yang nggak mengenakkan yang gue alamin. Inspirasi bisa muncul sebagai sebuah pembelajaran juga agar gue bisa melihat hidup gue dengan pandangan yang lebih luas di masa yang akan datang. Dan ini menjadi sumber kekuatan pikiran yang nggak bisa dianggap remeh.

Gue sungguh terinpirasi hari ini. Dan karenanya gue ingin melakukan sesuatu dengan cara yang baru dan lebih baik lagi. Mungkin tidak untuk memperbaiki sesuatu yang salah, tapi untuk membuat hidup gue lebih baik lagi. Dan gue percaya, sumber inspirasi nggak akan pernah habis. Dia akan selalu hadir dalam berbagai bentuk. Tinggal bagaimana gue bisa buka mata dan hati atas semua yang terjadi di sekeliling gue. Dan sungguh, ini mengasyikan!

pemanisbuatan_ant@yahoo.com