Berhubung rumah gue baru aja selesai direnovasi, jadi kebetulan deh, saatnya ngerubah suasananya..! Biar nggak bosen.

Udah hampir 3 tahun gue melihat hal yang sama setiap hari di interior rumah gue. Walau sebenarnya tetap menyenangkan, tapi kayaknya bakal seru kalo gue bisa melihat sesuatu yang baru walau hanya letaknya aja yang baru… Barangnya sih masih barang lama..🙂 Jadinya minggu lalu gue mendedikasikan 2 hari penuh buat beresin rumah sekaligus untuk merubah tata letak barang biar ada yang baru di tampilan interior rumah gue.

Barang gue sih emang nggak banyak. Lah wong rumahnya juga kecil, mana mungkin gue memenuhinya dengan banyak barang. Tapi emang kalo dilihat-lihat, untuk ukuran gue yang masih single, kayanya barang gue emang udah agak kebanyakan… Dari barang kebutuhan rumah (panci, dan keluarganya), furniture (lemari dan keluarganya), alat2 (kulkas dan keluarganya), sampe barang-bareng yang berhubungan sama hobi gue (buku, film, majalah…). Dan ini benar-benar jadi tantangan sendiri buat mengatur tata letaknya agar enak dilihat dan nggak berasa sempit di area yang terbatas…

Secara kontekstual sebanarnya memang nggak ada yang berubah di rumah gue. Begitu juga secara fundamental. Yang gue rubah sekali lagi hanya tata letaknya saja; hanya di bagian kulit, atau di bagian permukaan. Tapi jika perubahan yang terjadi di ‘permukaan’ bisa membuat hidup menjadi lebih indah buat dinikmatin, kenapa nggak? Buat apa kita repot merubah sesuatu sampe ke dasarnya, kalo kita sudah bisa nyaman dengan perubahan yang terjadi walau sebatas hal kecil dan yang seringkali terlihat sepele…

____________________________________

Barang rumah gue hanya sedikit berkurang, memang. Barang yang udah benar2 nggak kepake gue buang. Tapi 90 % nggak ada perubahan berarti di rumah gue dari segi jumlah dan fungsi barang atau perabotan. Yang berubah dimana dia diletakkan sekarang… Ya, hanya di tampilan alias hanya di kemasanya aja! Bagaimana segala sesuatu itu akan terlihat, itu yang gue rubah. Dan ternyata cukup menyenangkan…

Buku-buku gue keluarin semua, untuk kemudian gue pindahkan ke rak yang lain, dengan susunan yang baru juga. Tata letak majalah juga gue rubah, biar gue lebih mudah membaca saat gue berada di ruang tamu. Kolekasi film juga gue rubah dan gue rapikan. Salah satu sofa juga gue pindahkan ke dapur; ya dapur! jadi di dapur pun ada ‘space’ buat duduk-duduk, menikmati udara segar dari pintu belakang, sambil ngemil tentunya… hehehe

Dengan berbagai perubahan yang gue lakukan di sana-sini itu ternyata membuat rumah gue terlihat lebih luas lagi… Tata letak barang bisa efektif menyatu dengan ruang, dan fungsi ruang itu pun bisa dimanfaatkan dengan sempurna. Ruang tamu bisa dimanfaatkan sebagai ruang baca atau ruang TV yang nyaman, kamar tidur gue pun bisa jadi ruang kerja yang bikin betah, atau dapur gue dengan kehadiran salah satu sofa yang gue ambil dari ruang tamu bisa jadi juga sebagai ruang santai kuliner, alias santai sambil nikmatin makanan… hehehe

Dan sepertinya memang gue harus bisa merayakan dan menikmati setiap perubahan yang terjadi di sekeliling gue. Bukan hanya di rumah, tapi bisa di kantor atau di lingkungan lain… Ketika kebosanan, kejenuhan mulai hadir dalam hidup, gue memang harus bisa melihat segala sesuatunya dari sudut pandang yang berbeda. Tapi kalau nggak berhasil juga, ya mending gue rubah aja lingkungan itu! Nggak perlu radikal, cukup perubahan kecil yang bisa dirayakan dan dinikmatin… dan bukan perubahan yang mahal dan mungkin aja malah bisa membawa kekacauan…

Perubahan memang seringkali menjadi hal yang bikin gue was-was. Itu karena gue gak nikmatin hidup gue sebenarnya. Bahkan, gue menjalani itu semua dengan penuh beban. Makanya setiap perubahan selalu aja gue hadapi dengan rasa was-was… Memang ada ‘harapan’ untuk bisa ngedapetin sesuatu yang lebih baik dengan adanya perubahan. Tapi tetap aja awalnya selalu was-was…

Beda jika gue menikmati proses hidup yang sekarang gue jalani. Perubahan menjadi sebuah jalur alternatif yang membuat hidup lebih berwarna dan menggairahkan. Tidak ada kekhawatiran. Yang ada hanyalah perasan yang antusias untuk menikmati dan merayakan perubahan yang akan terjadi. Dan ini hanya bisa terjadi jika memang sedari awal gue udah enjoy sama segala sesuatunya. Gue jadi lebih berani menyambut sebuah perubahan… Perubahan memang nggak bisa dipaksakan dan nggak bisa juga dicegah jika memang harus terjadi. Tapi perubahan bisa juga gue ciptakan sendiri, kalau gue mau!

Dan perubahan yang terjadi di rumah gue ini ternyata membawa dampak psikologis yang nggak kecil buat gue. Gue lebih makin betah di rumah, perasaan senang dan santai yang selalu ada saat beraktivitas di rumah, dan yang pastinya suasana makin lebih hidup di rumah gue… Dan itu sebenarnya hanya karena sebuah perubahan kecil. Tapi walau kecil, gue harus menyediakan waktu dan energi juga untuk merealisasikan perubahan itu. Gue harus 2 hari cuti dan fokus di rumah aja … hehe Tapi hasilnya not bad juga…!  

Jadi mari rayakan dan nikmatin perubahan! Apapun dan dimanapun itu…

pemanisbuatan_ant@yahoo.com