Kantor gue lagi rame. Dalam makna yang tersirat tentu. Kejadian belakangan ini yang membuat keramaian itu. Proses akuisisi yang dilakukan dan melibatkan grup perusahaan yang menaungi perusahaan gue membuat setiap hari kini selalu diramaikan dengan banyak pertanyaan. Mau kemana jalan kita? Akan seperti apa jadinya? Bagaimana perusahaan ini akan dijalankan? Akankah ada perubahan besar yang akan terjadi?

Setiap hari selalu saja muncul banyak pertanyaan baru. Dan berbagai pertanyaan itu dibarengi dengan banyak dugaan, tebakan, serta berbagai analisa banyak kemungkinan yang sebenarnya boleh dibilang nggak pasti…. Tapi memang segala sesuatu yang nggak pasti justru membuat jadi rame. Tiap pribadi dengan masing-masing pemikiran pasti punya pendapat yang berbeda. Itu yang membuat jadi makin menarik… ____________________________________

Secara pribadi, gue sebenarnya gak terlalu ambil pusing sama keadaan yang terjadi dengan segala perubahan yang terjadi di kantor gue. Maklum, segala sesuatunya memang belum pasti. Tapi, gue emang nggak bisa nggak ikut mendengar dan turut merasakan atsmofer yang ada di kantor gue. Tapi gue memposisikan diri sebagai penikmat dan pendengar yang baik aja. Layaknya audiens yang sedang menonton sebuah acara debat di televisi yang seringkali juga tidak melahirkan sebuah kesimpulan apa-apa.

Gue bukannya gak mau peduli. Tapi gue emang hanya ingin menunggu akan apapun yang akan terjadi nantinya. Memang melakukan sebuah analisa akan berbagai kemungkinan terkadang sungguh mengasyikan. Sebagai sebuah topik, hal ini bisa menjadi sebuah intermezzo panjang yang bisa menghibur, menghilangkan rasa kejenuhan, walau bisa juga membuat cape…

Tapi sebagai sebuah bentuk intermeso panjang tiada akhir, asik juga melihat dan mengamati segala sesuatu yang terjadi di sekitar gue. Dan itu bisa menjadi bumbu yang membuat hari-hari kerja menjadi lebih menyenangkan, setidaknya buat gue. Yah, seperti kita masuk dalam sebuah permainan yang kita belum tahu akhirnya seperti apa, tapi kita tetap harus fokus dalam setiap ‘stage’ yang dilalui.

Memang banyak pertanyaan yang tersaji bisa menimbulkan banyak hal dan persepsi yang bebas untuk disikapi. Hal ini bisa menjadi suatu kegelisahan, sesuatu yang menjadi pemicu semangat, atau sekedar bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan; seperti yang gue rasain. Dan itu sah-sah saja. Gue juga nggak akan protes jika semakin hari perbincangan semakin panjang dan berliku seakan tiada akhir. Sekali lagi gue akan selalu menikmati itu semua…

Pihak manajemen kantor gue sendiri udah berusaha mengurangi banyak pertanyaan itu dengan berbagai cara. Melakukan pengumuman resmi melalui email, press release, hingga membuka forum tanya jawab melalui situs internal perusahaan. Tapi sejauh yang gue lihat sih, jawaban yang diberikan oleh perusahaan sangat-sangat sedikit dan standar… Yah wajar lah, mungkin aja pihak manajemen kantor juga belum punya jawaban yang pas, karena bagaimanapun ini menyangkut lingkup bisnis yang luas di tingkat regional. Jadi memang segala sesuatunya menjadi nggak sederhana…

Pada akhirnya, banyak pertanyaan tadi harus ‘rela’ berada dalam sebuah ruang tunggu, menunggu giliran untuk dijawab. Dan entah kapan pastinya. Sebulan, dua bulan atau setahun lagi… Banyak pertanyaan tadi harus sedikit bersabar sampai mereka menemukan ‘pasangan jiwanya’ yaitu jawaban-jawaban yang memuaskan. Dan itu memang bukan sekarang waktunya…

So, sambil menunggu, gue akan tetap membuka mata dan telinga sambil terus menikmati hal-hal baru yang terjadi setiap hari tanpa harus menambah daftar pertanyaan baru lagi… Antrian udah panjang soale…🙂

pemanisbuatan_ant@yahoo.com