Hari minggu kemarin, gue datang ke sebuah acara reuni. Kali ini adalah acara temu kangen teman-teman dari SMP Strada Slamet Riyadi Karawaci Tangerang, Angkatan tahun 1992-1995. Siang itu kita akan bertemu di Bandar Jakarta, sebuah tempat makan seafood di bilangan perumahan Alam Sutera, Serpong Tangerang.

Siang itu udara cukup panas. Butuh sedikit tekad juga untuk datang, walau rumah gue juga gak terlalu jauh dari Alam Sutera. Tapi berkendara motor di siang yang cukup terik membuat gue memang harus sedikit mengumpulkan semangat. Dan salah satunya yang membuat semangat gue muncul adalah keinginan untuk bertemu teman-teman gue yang mungkin udah gak bertemu selama 15 tahun…

___________________________________

Dan memang, acara reuni hari itu berjalan cukup sukses. Walau acara utamanya adalah makan, dan tanpa banyak acara yang bersifat seremonial, tapi suasana siang itu cukup cair. Terlebih lagi ada tiga orang guru yang kita undang bisa hadir. Itu membuat acara makin rame.

Reuni memang akan selalu menjadi hal yang menyenangkan. Apapun format acaranya; sekedar kumpul, nginep bareng di luar kota, sampai acara resmi dengan rundown yang padat, reuni akan selalu menjadi suatu hal yang akan selalu ingin dilakukan.

Dari asal katanya, reuni yang berasal dari kata ‘Re’ yang berarti ‘kembali’ dan ‘Uni’ yang berarti ‘bersatu/menjadi satu’, memang merupakan saat kita kembali mengumpulkan teman-teman lama, dan biasanya merupakan teman-teman yang berada dalam satu sekolah atau kampus; baik itu teman yang pernah kita kenal, mantan pacar, teman satu kelas, teman bolos, sampe teman yang pernah jadi musuh abadi saat sekolah dulu. Reuni ingin mengumpulkan semuannya untuk kemudian bersama-sama merayakannya dalam sebuah moment kebersamaan.

Siang itu acara reuni yang gue hadiri memang bukan reuni akbar atau acara dengan skala besar yang meriah. Reuni kali ini merupakan titik awal, karena baru pertama kali ini kita mencoba mengumpulkan kembali teman-teman SMP seangkatan dulu, dan karenanya acara reuni kali dikemas dalam bentuk acara sederhana yang bakal disukai semua orang yaitu ‘Lunch bareng’…

Ada beberapa dari temen SMP gue yang memang masih sering jalan bareng, karena, memang rata-rata murid SMP gue masih berasal dari kawasan sekitar Perumnas Tangerang. Ada beberapa memang yang rumahnya cukup jauh, tapi jumlahnya hanya segelintir. Namun, mengingat terakhir kita bertemu adalah 15 tahun lalu, tentu banyak juga kisah yang menarik yang bisa dibagi oleh semua teman gue yang hadir saat itu. Dan segala sesuatunya menjadi begitu menyenangkan saat harus bertemu kembali dengan banyak kenangan yang dulu pernah gue alamin bareng jaman sekolah bareng teman-teman gue itu.

Memang yang membuat pertemuan siang itu menjadi lebih berwarna, adalah ketika kita mengumpulkan kembali kenangan-kenangan yang pernah ada untuk kemudian dibagi bersama. Kenangan-kenangan yang lucu, konyol, sampe yang memalukan, kadang menjadi topik pembicaran yang selalu menghangatkan suasana. Bahkan terkadang banyak ‘rahasia’ yang akhirnya dibuka saat reuni. Soal siapa naksir siapa, soal siapa pernah ngambil barang siapa, sampe soal siapa yang dulu pernah ngusilin siapa.. Dan semuanya itu selalu diakhiri dengan tawa lepas yang seakan nggak ada habisnya!

Reuni hari ini juga menjadi ajang untuk bertukar informasi mengenai hal apapun yang saat ini kita geluti. Dari soal kerjaan, bisnis pribadi, sampai kesibukan sehari-hari. Dan itu yang membuat menarik. Kadang gue nggak menyangka, kalo banyak teman-teman gue yang saat ini berkecimpung di bidang usaha yang sangat beragam, dan itu bisa jadi upaya juga untuk memperluas jaringan. Syukur-syukur bisa jadi rekan bisnis… Siapa tau kan?🙂

Memang, acara reuni yang sederhana tadi berlangsung tidak terlalu lama. Mungkin hanya sekitar 2 jam lebih. Tapi itu sudah lebih dari cukup untuk mengumpulkan kenangan dan membaginya bersama-sama. Dan sebagai sebuah awal dari ‘proses untuk mengumpulkan kembali kenangan’, acara Reuni hari ini cukup menyisakan kesan.

Dan bagaimanapun, dibalik suksesnya acara hari ini, gue bersyukur, masih ada segelintir teman-teman yang pada awalnya memilii kepedulian dan akhirnya membuahkan ide untuk mengadakan reuni. Di tengah kesibukan aktivitas masing-masing, ternyata teman-teman gue itu masih memiliki kerinduan yang sama, dan ingin menyatukannya dalam sebuah acara sederhana. Dan menurut gue, apa yang mereka coba upayakan cukup berhasil. Banyak kenangan yang hari itu sungguh terkumpul dan terbagi, baik dari sesama rekan maupun antara kita dengan guru-guru kita. Dan semua itu yang pada akhirnya menjadi bumbu penyedap terbaik buat menu masakan seafood hari itu…

So, keep in touch, guys… I’ll see you again!

pemanisbuatan_ant@yahoo.com

Beberapa gambar dari gue dan temen-temen gue saat acara reuni…

Click on the image to enlarge

Click on the image to enlarge

Click on the image to enlarge

Click on the image to enlarge

 

Click on the image to enlarge