Gue udah cukup lama gak berolahraga. Jaman SMA dulu, gue termasuk rajin olahraga. Basket, jogging, tenis meja, dan semua itu cukup rutin gue lakukan. Tapi semasa kuliah, kebiasaan itu hilang. Gue terlalu sibuk kesana kemari buat ngelarin tugas kuliah, sehingga gak sempet gue berolahraga.

Emang gue akuin, jaman kuliah merupakan masa dimana kesehatan dan jiwa gue berada di titik terendah. Gue sering begadang. Jam tidur semaunya. Makan gak teratur. Dan boro-boro deh ngomongin keseimbangan gizi. Kalo udah laper ya cari makan sedapatnya aja. Maklum anak kost. Jadi segala sesuatu serba praktis. Makan kalo emang udah laper, tidur kalo emang mata udah gak kuat lagi. Selebihnya, metabolisme tubuh dibiarkan bekerja tanpa jadwal dan arah yang jelas… 

Tapi untung selama kuliah gue nggak pernah kena penyakit yang ‘berat’. Gue cuma pernah diopname sekali di Jogja gara-gara usus buntu. Tapi gue sadar, keadaan badan gue yang ‘gak sehat’ sungguh berpengaruh terhadap keadaan jiwa gue juga. Selama di Jogja, hidup gue emang penuh cobaan dan tantangan. Depresi gampang banget gue rasain. Stress sama tugas kuliah, kangen sama keluarga, konflik sama teman-teman, seringkali gue alamin. Gue gak tau gimana hubungan sebab akibatnya. Tapi gue mulai percaya sama ungkapan mens sana in corpore sano. Kayaknya emang benar. Kalo badan sehat, gue yakin jiwa kita juga bakal ‘sehat’. 

______________________________________

Awal-awal gue masuk kerja di Jakarta menjadi waktu dimana gue ‘membalaskan dendam’. Maksudnya adalah gue mencoba untuk menikmati hidup sepuasnya. Makan gak diatur, dan bawaannya senang-senang terus… Tapi tetap, olahraga jarang. Walhasil 2 tahun pertama gue kerja, badan gue yang semasa kuliah kurus kering, tiba-tiba berubah menjadi tambun! Perutnya doang tapinya… hehehe.

Walau begitu tapi tetap aja gue merasa gak ‘sehat’ dan ‘fit’ dalm keseharian gue. Bawaannya kok males banget. Jalan 50 meter aja gue males. Naek 1 lantai aja ogah naik tangga, dan tetap pake lift, walau harus nunggu lama dan berdesakan. Intinya, kebutuhan gizi gue mungkin udah mulai terpenuhi, tapi gue merasa kurang bergairah aja dari segi vitalitas (bukan soal kejantanan pria loh ya…)

Maka mulai deh gue meluangkan waktu dikit-dikit buat kembali berolahraga. Gue mulai mau diajak main basket lagi. Trus gue mulai belajar berenang! Yak benar, gue baru belajar berenang pas kerja. Sedari kecil gue sama sekali anti yang namanya berenang. Soale gue takut banget tenggelam… hehehe. Mulai deh, pelan-pelan gue rutin lagi berolahraga, dan itu gue lakukan selepas jam kerja. Kadang gue berenang, (belajar) fitnes, main basket, atau tenis meja. Dan memang saat kerja, kegiatan olahraga yang gue lakukan bukan hanya sebatas menjadi kegiatan yang bikin badan sehat, tapi sebagai wadah sosialisasi juga. Karena biasanya gue berolahraga bareng teman-teman kantor dan kita sering ngajak teman-teman yang lain untuk bergabung. Dan, pengaruhnya lumayan juga ternyata. Penyakit insomnia alias susah tidur gue pelan-pelan juga mulai berkurang. Karena otomatis, setelah lelah berolahraga gue bakal cape dan bakal cepat terlelap.

Tapi itu baru sebatas awal aja. Gue kadang masih belum bisa konsisten. Lagi pula itu nggak berpengaruh banyak sama berat badan gue. Karena seringnya, gue olahraganya sejam, bersosialisasi-nya bisa tiga jam! Dan biasanya kita makan, minum, nongkrong di resto sehabis olahraga. Yah pastinya, seberapa banyaknya pun kalori yang gue buang, secepat itu pula kalori baru gue tambahani lagi… Malah kayaknya banyakan kalori yang ditambah ketimbang yang dibakar… hehehe

Tapi belakangan, gue berkenalan lagi sama satu jenis permainan olahraga yang menurut gue lumayan efektif buat bakar kalori, yaitu badminton alias bulutangkis. Pemicunya adalah lapangan olahraga di komplek perumahan gue udah jadi! Makanya mulai dari situ gue belajar main badminton. Niat banget deh. Sampe beli raket baru, kaos baru, sepatu baru… Dan memang, gue akuin, main bulutangkis sangat menguras tenaga. Main satu set aja gue udah keringetan seperti habis lari 10 km! Pokoknya, lumayan banget buat membakar kalori!

Walhasil, berat badan gue kayaknya juga mulai turun deh…Dan ini bukan gue yang ngaku-ngaku. Tapi setiap gue ketemu sama orang, lain, mereka semuanya komentar kalo gue udah jauh kurusan… Wah, keren kan! Padahal gue aktif bulutangkis (seminggu 2-3 kali) baru selama 3 bulan! Dan jujur, namanya olahraga permainan, selain bikin sehat, bakar kalori, gue juga bersenang-senang. Karena gue main bareng rekan satu komplek yang emang pada dasarnya bermodal semangat semua pada awalnya… Jadi emang penuh canda, penuh tawa, dan bikin badan dan hati jadi segar!

Dan akhirnya, gue pun bisa membuktikan ungkapan ‘dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat’; begitu juga sebaliknya. Karena semakin sering dan rutin gue berolahraga, ternyata semakin banyak urat-urat yang kaku jadi kendor… Dan ini juga menyangkut urat-urat di otak gue juga  yang udah cape menghadapi keseharian gue di kantor atau di jalan. Semakin sering gue main badminton, badan jadi makin seger, tidur makin pulas, yang efeknya pikiran juga jadi enak. Bawaannya selalu semangat, otak punya ‘jadwal’ kerja yang jelas, sehingga segala sesuatu selalu kelihatan enak aja untuk dilewatin.

Memang ini sebatas teori jika gue nggak mengalami semuanya sendiri. Dan apa yang gue jalani selama ini baru sebatas ‘memulai’ dan coba-coba. Tapi I think, i’ts not so bad! It Fells good! Kadang-kadang, badan juga pegal-pegal juga sih, tapi itu sebanding lah, sama kesegaran yang gue dapetin, sekaligus hiburan yang juga gue rasain saat berolahraga. Dan pastinya sih, gue yakin betul kalo gue gak akan bisa berkosentrasi saat menjalani segala sesuatu, atau berpikir positif ketika menghadapi tantangan tertentu, kalo badan gue lemes, mata ngatuk, dan kurang darah… So, hidup emang harus seimbang, dan harus bisa dibikin seimbang…

Jadi jangan buang duit aja tiap hari. Buang keringat juga perlu. Itung-itung, dengan berolahraga teratur gue bisa mengganti cairan tubuh gue yang lama dengan yang lebih ‘fresh’…🙂 Dan otak gue yang cape dan lelah pun bisa di-restart biar jalannya gak lemot…  Dan sekali lagi, it really feels good!

pemanisbuatan_ant@yahoo.com