Gue hanya ingin mendapatkan sebuah visi. Sebuah pandangan yang akan menunjukkan arah kemana dan bagaimana harus melewati ini semua. Haruskah gue hidup dengan semua tanda tanya ini? Haruskah gue jalani semuanya tanpa harus mengerti kemana arahnya?

Atau,

Gue harus jalani semuanya seperti biasa. Melihat segala sesuatu, melakukan segala sesuatu dan merasakan segala sesuatu. Gue nggak perlu mencari makna, dan tidak perlu banyak bertanya. Jalani saja, nikmati saja, kurangi setiap keraguan. Tidak perlu memaksakan diri untuk menunggu dan melihat munculnya bintang timur yang menjadi penunjuk jalan. Terus berjalan saja, dan ambil apapun yang menjadi petunjuk di jalan. Ambil apapun yang mungkin akan  gue temukan nanti. Itulah yang menjadi bagian gue; dan mungkin aja itu bisa jadi penunjuk jalan gue yang sesungguhnya.

_________________________________

Emang gue harusnya memilih paragraf yang kedua ya. Udah saatnya untuk membuat hidup menjadi lebih mengasyikkan. Asyik karena penuh tanda tanya, menantang karena penuh kejutan. Nggak perlulah gue membuat banyak daftar pertanyaan, karena seringkali toh jawaban yang ada bukan sebenarnya yang jadi bagian buat gue ambil.

Hidup emang gak cuma sebatas kumpulan proses tanya jawab tiada akhir. Penuh analisa dan pertimbangan. Hidup harusnya bisa juga menjadi sebuah pelataran taman bermain dan hiburan dengan segala wahana permainan di dalamnya yang bisa gue coba. Jika suka, silahkan coba dan rasakan. Jika tidak suka, cari wahana permainan yang lain. Jika semua wahana permainan yang lain penuh antrian, dan gue nggak ada pilihan lain, ya nggak papa coba kita masuk ke wahana permainan yang ada walau nggak begitu suka sambil menunggu giliran antrian di wahana lain memendek, hingga saatnya gue bisa masuk dengan agak lancar…

Hidup adalah bagaimana gue harus lebih meluangkan waktu untuk bermain dengan waktu; bukan malah saling berkerjaran dengannya. Gue harusnya lebih bersahabat dengan waktu. Mencintainya. Menikmatinya. Bercumbu dengannya, bahkan. Gue adalah waktu, waktu adalah gue. Sahabat dekat. Rekan seperjalanan. Dan karenanya, gak perlu kita berdua berjalan saling mendahului satu sama lain.

Tidak perlu memahami bagaimana segala sesuatunya harus berjalan.

Sang waktu yang sudah begitu intim dan dekat sama gue pun, pasti memiliki satu rahasia kecil terdalam. Dan gue nggak perlu tahu. Dia akan ungkapkan jika memang dia anggap itu perlu. Gue nggak akan memaksa untuk membuka ruang jika ruang itu belum saatnya dibuka. Seperti wahana permainan tadi. Gak akan mungkin memaksa untuk masuk, jika antrian panjang. atau bahkan saat itu sedang diperbaiki. Biarkan aja sampe emang wahana permainan itu bener-bener bisa siap untuk gue masukin.

Gue harus menikmati setiap kemungkinan. Setiap pilihan wahana permainan. Setiap pilihan jalan. Masuk dan rasakan. Jangan tunggu di luar. Bergabung aja dan menjadi satu bagian. Melihat dengan mata kepala sendiri, menyentuh dengan ujung jari sendiri. Dan setiap sensasi, keindahan, atau apapun nantinya yang gue rasakan di dalam adalah hak gue sepenuhnya. Gue gak akan bisa menukar tiket masuk, dan gue gak mungkin kembali lewat jalan masuk yang tadi gue lalui. Mau nggak mau gue harus lewat pintu keluar di belakang. Bisa aja gue keluar saat pertunjukan belum habis. Tapi itu sedikit mengurangi kesempatan akan hadirnya puluhan kemungkinan yang bisa aja mengasyikan dan terjadi di akhir pertunjukan. Itu aja sih ruginya.

Tapi, sebagai pemegang karcis terusan, gue memang berhak untuk menentukan wahana apa aja yang mau gue masukin dan yang enggak. Enggak ada yang ngelarang. Karena semua yang ada sudah sudah tersedia, dan bebas dimasuki siapa saja. Termasuk juga pemegang karcis terusan yang lain, tentunya.

Jadi memang gue harus memanfaatkan karcis terusan yang gue pegang ini. Bersenang-senang, coba sebanyak mungkin wahana permainan, dan merasakan setiap sensasinya. Seandainya bikin senang, pasti akan membuat kita tidak menyesal memasukinya. Tapi jika menyenangkan dan malah bikin perut mual, ya, setidaknya kita jadi ingat untuk nggak masuk ke wahana yang sama.

Malam itu, kembang api memancar di atas langit sebuah taman bermain dan hiburan. Dan gue yang berada di sini sejak tadi, sepertinya masih akan berada di sini untuk beberapa waktu lagi. Masih banyak wahana permainan yang harus gue coba. Dan gue harus sungguh bisa menikmatinya!

pemanisbuatan_ant@yahoo.com