Setiap orang pasti memiliki masalah, dan setiap orang pasti punya cara buat menghadapinya. Kalo gue, caranya rada-rada gak asik. Karena gue terkadang selalu khawatir secara berlebihan. Memang segala kekhawatiran itu kadang hadir jauh di bawah kesadaran gue, dan gue ggak bisa melakukan suatu upaya pencegahan, misalnya. Tapi harusnya ada kali ya bentuk terapi yang bisa membuat gue lebih bisa nikmatin hidup tanpa harus merasa kuatir.

Sebenarnya banyak tulisan, buku, film, artikel atau jurnal yang membahas soal hal kekuatiran ini, termasuk gimana caranya untuk menghadapinya secara gagah berani. Tapi memang kadang segala sesuatu itu butuh latihan. Layaknya sebuah terapi, harus dilakukan dengan kontinuitas agar bisa membuahkan hasil. Bisa sabar gak ya gue…

________________________________

Gue memang belum menjadi orang yang paranoid, yang takut akan hal tertentu secara berlebihan sampai-sampai kehidupan pribadinya terganggu. Kekhawatiran yang muncul di diri gue juga bukan hadir tanpa alasan. Maksud gue gak semerta-merta setiap saat gue khawatir, ragu melangkah, mikir yang enggak-enggak, dsb. Gue seringkali khawatir hanya ketika gue dihadapkan pada sebuah persoalan, pada sebuah realitas yang berseberangan, dan ketika gue harus menghadapinya face to face. Tapi gue bukan penakut loh ya…. !

Kekhawatiran ini gue akuin muncul karena banyak hal. Selain karena gue orangnya ribet, gue juga termasuk orang yang nggak percaya diri. Tapi biar begitu, gue maunya nyenengin orang mulu, yah minimal nggak ngecewain. Jadinya kadang-kadang ya sering terjadi kontradiksi aja dalam setiap hal yang gue jalanin. Gue mau bikin senang orang, tapi gak yakin kalo gue bisa melakukannya… Lah piye toh?

Kekhawatiran kadang juga muncul dari luka masa lalu gue, yang mungkin aja belum sembuh benar. Tapi sejauh ini sih udah lumayan. Gue udah bisa melewati segala sesuatu dengan enak tanpa harus terikat lagi dengan masa lalu. Jadi kalo gue masih khawatir juga, emang sebaiknya gue ngomongin hal-hal yang harus gue lakukan ke depan, dan bukan lagi ngomongin hal yang udah lalu…

Yang paling awal, kayaknya gue emang harus terus berlatih berpikir positif. Karena gue percaya kalo sebuah pikiran positif akan mengawali semua hal baik dan akan diproses dalam setiap langkah hidup gue. Dengan begitu, mudah-mudahan gue bisa lebih PD, lebih berani melakukan sesuatu, nggak takut salah, dan yang pastinya hidup gue bisa dijalanin dengan lebih enteng. 

Selain itu, gue pastinya juga harus selalu bersyukur kali ya… Seperti kata Guru Sejati gue sendiri bilang; kalo gue tuh lebih baik keadaannya dari bunga bakung dan burung gagak yang hidupnya jelas-jelas dipelihara di alam liar sana. Kalo gue kan segala seuatunya baik-baik aja. Kehidupan gue juga cukup mendapat berkah dan kelimpahan gue rasa. Harusnya ini yang membuat gak ada lagi alasan untuk membuat gue gak bersyukur, apalagi sampai merasa kuatir sama hidup.

Gue juga harus mulai belajar lebih fokus pada suatu hal. Jadi saat menghadapi sesuatu masalah, misalnya, pikiran gue nggak boleh gue biarkan bercabang dan ‘berlarian’ kemana-mana. Gue harus bisa melihat segala sesuatu sebagai sebuah hal sederhana yang kebetulan saat itu butuh perhatian lebih. Hal lain yang mungkin bakal mempengaruhi atau dipengaruhi harusnya gak usah terlalu gue pikirin. Dengan begitu, gue bisa segera melakukan suatu tindakan yang paling simple tapi efektif. Tapi emang, sekali lagi ini juga butuh latihan…

Kadang gue seneeeng banget ngelihat temen gue yang selalu bisa ‘easy going’ dan santai dalam menghadapi segala sesuatunya walau gue tau dia juga lagi banyak persoalan dalam hidupnya. Biasanya memang orang-orang seperti mereka yang seringkali membuat gue ‘terbangun dan tersadar’ kalo segala sesuatunya harus dibuat simple.

Terkadang, di sisi lain, gue juga seringkali melihat orang yang mungkin jauh lebih parah dari gue, yang karena kekuatirannya membuat dia menjadi pribadi yang sangat tidak menyenangkan. Kaku, pemarah, curigaan, muka ditekuk mulu… Yah, gue jadinya emang harus bersyukur, kalo selama ini gue masih bisa menikmati hidup dengan enak, walau kekhawatiran kadang masih muncul juga…

Tapi setidaknya gue gak mau ah jadi pribadi yang gak menyenangkan gara-gara gue seringkali merasa khawatir. Pelan-pelan gue harus bisa melihat segala sesuatu dari banyak sisi. Kalo gue nggak mau belajar memutar arah pandangan, emang segala sesuatu hanya kelihatan susahnya aja… Tapi mungkin dengan mengeser sedikit arah persepsi, gue bisa melihat hal lain yang mungkin bisa membuat gue tersenyum. Dan sekali lagi ini hal sederhana. Yang gue butuhkan cuma lebih banyak latihan, dan makan makan bergizi tentunya, hehehehe

So, nggak ada salahnya kalo gue pake lagu dari Bobby McFerrin yang berjudul Don’t Worry Be Happy (yang jadi lagu kebangsaan buat banyak orang yang sering kuatiran) sekedar untuk nambah semangat di hari ini, hehehe

Here’s a little song I wrote
You might want to sing it note-for-note
Don’t worry, be happy
In every life we have some trouble
But when you worry, you make it double
Don’t worry, be happy Don’t worry, be happy now

Ooo-oo  Don’t worry
Woo-oo Be happy
Woo-oo  Don’t worry, be happy

Ain’t got no place to lay your head
Somebody came and took your bed
Don’t worry, be happy
The landlord say your rent is late
He may have to litigate
Don’t worry, (ha-ha ha-ha ha-ha) be happy (look at me, I’m happy)

Ooo-oo  Don’t worry
Woo-oo Be happy
Woo-oo  Don’t worry, be happy (Here, I’ll give you my phone number. When you’re worried, call me. I’ll make you happy.)

Ain’t got no cash, ain’t got no style
Ain’t got no gal to make you smile
But don’t worry, be happy
‘Cause when you’re worried, your face will frown
And that will bring everybody down
So don’t worry, be happy Don’t worry, be happy now

Ooo-oo  Don’t worry
Woo-oo Be happy
Woo-oo  Don’t worry, be happy

Now there, is this song I wrote
I hope you learned it note-for-note, like good little children
Don’t worry, be happy
A-listen to a-what I say
In your life, expect some trouble
When you worry you make it double
Don’t worry, be happy, be happy now

Ooo-oo  Don’t worry
Woo-oo Be happy
Woo-oo  Don’t worry, be happy

Don’t do it, be happy
Oo-oo  Put a smile on your face
Don’t bring everybody down like this
Ooo-oo  Don’t worry
Ooo It will soon pass, whatever it is
Ooo  Don’t worry, be happy….

pemanisbuatan_ant@yahoo.com