Dago Inang Sarge, Lingkung Lembur, Sisindiran, Tokecang, Cincang Keling, Malam Baiko, Laruik Sanjo, Rang Talu, Bengawan Solo, Jali-jali, Mande-mande, Caca Marica, Angin Mamiri, O Ina Ni Keke, Jaranan, Lir-ilir, Suwe Ora Jamu, Gundul Pacul, Jengger.

20 Lagu, yang beberapa dinyanyikan secara medley oleh Elfa’s Singers yang diaransemen oleh Elfa Secioria membuat terkadang bulu kuduk gue merinding… (lebai!) Tapi beneran, lagu-lagu daerah di atas yang terangkum dalam album From Indonesia with Love disajikan dengan sangat sempurna, baik lewat keindahan aransemen lagu  maupun kekuatan vokal yang dibawakan, sehingga penyajiaannya terasa sangat istimewa.

_______________________________

Lagu-lagu daerah ini tampil dengan kemasan modern yang sangat easy listening. Memang pada dasarnya lagu-lagu khas daerah memiliki lirik dan komposisi nada yang cukup sederhana, tapi dalam album ini, Elfa Secioria maupun Elfa’s Singer membuat komposisi itu mengalir lebih indah dalam kesederhanaannya itu tadi.

Walau terkadang gue nggak ngerti makna dari setiap lagu, tapi, jujur itu udah menjadi gak penting lagi. Saat gue mendengarkan album ini, telinga dan hati gue udah sangat terkesima dengan ‘permainan suara’ dan musik yang ada, walau hadir tanpa makna. Memang, lagu-lagu ini cukup familiar di telinga gue, karena dari SD gue udah mengenal lagu-lagu ini. Tapi tetap, album ini merupakan memiliki kekuatan tersendiri, karena lagu-lagu familiar ini hadir dengan gayanya yang baru, sehingga membuat gue merasa mendengar karya yang gue belum pernah denger sebelumnya.

Album ini bisa aja merupakan salah satu album ‘remake’ lagu-lagu daerah yang paling ‘berhasil’ secara kualitas. Album ini bukan hanya mengobati kerinduan gue, tapi juga membuat gue semakin ‘ngeh’ kalo ternyata budaya kita sangat beragam dan ‘kaya raya’.

Gue menemukan album ini sekitar tahun 2005 an, tapi ternyata sekitar tahun 1990an album ini pertama kali muncul. Gue nggak tahu versi yang tahun 1990an, karena gue belum pernah dengar. Dan ‘mengikuti’ keberhasilan album From Indonesia with Love, hadir juga From Indonesia with Love 2 yang berisi 27 lagu, namun kali ini dibawakan oleh EMS vocal grup.

Gue pikir, jika kemasan lagu-lagu daerah atau apapun mengenai budaya kita bisa ‘berbaur’ dengan budaya kekinian yang gak ‘norak’ ataupun ‘jadul’ pasti tingkat penerimaan oleh generasi muda kita bakalan tinggi. Pasti akan jauh berbeda banget sama bayangan kita sama video lagu daerah yang dibawakan oleh artis lokal, syutingnya di Taman Mini, dan dengan tehnik pengambilan gambar yang bikin sedih ngeliatnya.

Begitu juga dengan album-album lagu daerah yang kalo kita denger nggak bedanya sama kita dengerin album kaset tahun 60an, dan sama sekali nggak ada usaha untuk membuatnye menjadi lebih enak untuk didengar…

Semoga ke depannya, makin banyak album-album musik daerah yang bisa hadir dengan kualitas baik dan juga indah, karena bagaimanapun sebuah bangsa bisa diyakini sebagai bangsa yang besar dari budaya dan sejarah yang dimilikinya…

pemanisbuatan_ant@yahoo.com

From Indonesia with Love 'old album'

From Indonesia with Love 'new album'

From Indonesia with Love 'new album'

From Indonesia with Love 2