Sore itu gue bareng temen-temen udah bersiap jalan keluar kantor. Waktu sudah menunjukkan pukul 5 sore. Gue langsung kabur ke lobi, di sana temen-temen gue udah nunggu. Kita berencana mau ke Senayan, nonton timnas Indonesia bertanding lawan Australia. Kaos sama syal udah ada di tas gue.  Dan gak perlu waktu lama kitapun segera meluncur ke Senayan…

Gak sampe satu jam gue udah sampe. Rada telat, karena pertandingan tinggal setengah jam lagi, yang berarti kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno udah penuh sesak, gegap gempita, dan loket karcis udah lumayan ngantri. Tapi gapapa, gue justru menikmati saat-saat seperti ini. Puluhan ribu orang yang tumpah ruah, dengan atribut merah putih, dan dengan segala aksesoris menarik yang mereka kenakan, seakan ingin menumpahkan semangat dan nasionalisme yang selama ini tertahan.

_________________________________

Saat gue akhirnya berhasil masuk, sekitar 80 persen kursi sudah terisi. Tribun penonton tampak memerah. Di stadion yang cukup megah ini, selalu aja gue merasa merinding saat gue masuk dan berbaur dengan puluhan ribu penonton. Padahal gue sering nonton ke sini, tapi tetep aja Senayan punya daya magis yang kuat.

Kita semua berteriak, bernyanyi, memberikan semangat dalam kebersamaan, walau tak saling mengenal. Dua babak pertandingan seakan berlangsung hanya sebentar… Gemuruh sorak-sorai, paduan koor puluhan ribu suara, dan teriakan semangat yang membahana membuat waktu berjalan cepat.

Saking cepatnya hingga timnas Indonesia selalu aja kehabisan waktu untuk sekedar mencetak gol lagi untuk memberikan kemenangan. Kalo yang ini gue bener-bener gak tau kenapa. Udah cukup lama, gue nggak merayakan kemenangan bersama puluhan ribu orang di sini. Udah cukup lama gue gak nggak membawa senyum hingga ke parkiran bahkan sampe ke rumah. Senyum dan kegembiraan seakan terhenti setelah kedua babak permainan selesai dimainkan.

Kebahagiaan yang gue rasakan sebatas hanya gue rasakan selama 90 menit. Setelahnya, kebahagiaan hilang. Tawa canda mereda, gegap gempita seakan kehilangan bagian terpenting dari dirinya… Andai Timnas Indonesia dan semua pengurus sepakbola di Indonesia tuh bisa ngerti, kalo yang gue dan  kita semua inginkan hanya kebahagiaan yang lebih lama! Minimal bisa kebawa sampe seminggu. Kebahagiaan karena adanya kemenangan yang syukur-syukur bisa diraih juga dengan permainan sepakbola indah.

Gue nggak peduli Indonesia dilatih sama siapa, dan pemain dari daerah mana yang dimainkan. Yang gue pingin cuma ngelihat Indonesia menang! Kadang suka miris juga, saat melihat kompetisi Liga Super Indonesia udah mulai bagus, bahkan banyak pemain di Asia Tenggara berlomba-lomba main di sini, tapi kalo soal tim nasional, selalu aja susah menang. Jangankan Thailand, lawan Myanmar aja susah bener menangnya… arghh!!!

Padahal kurang apa lagi coba dukungan gue. Pulang kerja, badan cape, tapi tetep aja gue bela-belain. Nyampe rumah udah tinggal sisa tenaga aja. Tapi kok ya gue nggak pernah bosan untuk selalu datang ke Senayan, sekedar untuk berharap bisa dapet kebahagiaan yang lebih lama…

Tapi memang untuk saat ini, kebahagiaan yang gue dapet, sebatas atsmofer pertandingan yang selalu mengelora dan setiap antusiasme yang selalu ada di puluhan ribu kepala penonton saat itu. Bahkan, untuk yang satu ini, Indonesia cukup mendapat acungan jempol dari dunia luar. Bermain di Senayan, selalu aja menghadirkan atsmofer penonton dan pertandingan yang luar biasa. Tapi sayangnya hal ini tidak membuat mereka ‘takut’, karena di lapangan tim nasional kita tetap aja memble… Malah mereka makin menikmati ketika main di Senayan, karena merasa ditonton banyak orang, makin bertambahlah semangat mereka untuk membulan-bulani tim tuan rumah.

Apapun, gue akan tetap datang ke senayan. Gue akan tetap menikmati setiap keceriaan walau terbatas sampai wasit meniup peluit akhir pertandingan. Walau gue harus pulang malem lagi. Walau badan mesti cape dan suara ‘habis’ lagi gara-gara keseringan teriak.

Apapun gue akan terus berharap untuk setidaknya bisa ngerasain kebahagian itu sedikit lebih lama nantinya. Forza la’nazionale!

Baca juga: Berani Berpesta!, catatan mengenai pengalaman gue pada saat berada di tengah euforia partai Final SUZUKI AFF 2010 antara Indonesia vs Malaysia.

pemanisbuatan_ant@yahoo.com