Mengajak untuk selalu bersyukur setiap saat.

srengenge nyunar kanthi mulyo
anginne midid klawan rena
manuk’e ngoceh ono ing witwitan
Kewane nyenggut ono ing pasuketan

kabeh podho muji Allah kang mulyo
kabeh podho muji Allah kang mulyo

matahari bersinar t’rang
burung berkicaulah senang
harum semerbaklah bunga di taman
semua yang mengajar kepada kita

dan memuji Nama Allah yang Esa
dan memuji Nama Allah yang Esa

Song by Djaduk Ferianto

_______________________

Jadi teringat sebuah lagu yang sangat menginspirasi; membuat semangat sih tepatnya. Lagu yang diambil dari album Dia Sumber Gembiraku ini sangatlah sederhana. Lagu berbahasa Jawa yang diambil dari lagu permainan anak-anak masa lalu, dan digubah sedemikian rupa oleh mas Djaduk.

Lagu yang sederhana dan indah.

Barisan lirik singkat yang mampu melukiskan bahwa kehidupan itu bagaikan sebuah lingkungan alam dimana menjadi tempat yang menyenangkan…

Dan kita semua adalah kumpulan anak-anak yang akan selalu bergembira bermain bersama alam, bisa selalu tersenyum dan tertawa, tanpa harus memikirkan bagaimana dan apa permainan yang akan dimainkan hari ini bersama teman-teman. Jiwa anak-anak yang selalu tulus akan selalu menjadi inspirasi untuk melakukan semua dengan senang hati, tanpa harus merasa khawatir akan kehidupan itu sendiri.

Setiap kata dalam lagu ini pada akhirnya menjadi sebuah ajakan yang menyenangkan. Ajakan untuk selalu bersyukur setiap saat. Karena apapun yang terjadi, toh matahari akan selalu bersinar, angin akan selalu bertiup membawa kesegaran, burung akan selalu berkicau di pepohonan, setiap binatang akan selalu bergerak riang di rerumputan, dan taman akan selalu membawakan semerbak harum bunganya.

Hidup akan menemukan jalannya sendiri. Dan semua itu menjadi sebuah bentuk anugerah bagi kita semua untuk menikmati setiap proses yang terjadi di dalamnya.

Tanpa terkecuali.