Suasana kerjaan lagi agak ‘panas’ nih hari ini. Ada sedikit masalah yang ternyata membuat ‘rame’ suasana. Bos gue komplain sama gue, mengenai satu kerjaan. Padahal selama ini gue secara rutin udah report langsung ke dia mengenai setiap perkembangan project gue itu. Ditambah lagi ada embel-embel kalo komplain ini justru datangnya dari bos yang lebih tinggi lagi. Wuih, jadi makin ‘panas dingin’-lah gue…

___________________________

Tapi setelah gue ‘runut’ lagi, masalahnya cuma sepele. Hanya karena kurang komunikasi aja antara kita dalam satu tim kerja. Secara hasil sebenarnya nggak terlalu jadi masalah besar, karena sekali lagi kekurangannya hanya kurang kordinasi dan komunikasi. Tapi ternyata gue sadar, kalo ‘embel-embel komplain dari bos besar’ itu yang sebenarnya membuat gue kelimpungan; bukan karena masalah itu sendiri.

Kadang, gue nggak fokus lagi dalam menghadapi suatu masalah. Maksud gue, orientasi gue dalam melihat suatu masalah udah beda. Gue cenderung melihat akses, akibat, pengaruh, serta pandangan orang yang lihat ke gue dengan adanya masalah itu. Padahal seandainya gue hanya fokus ke masalah itu aja, segala sesuatunya jadi lebih mudah buat dicarikan solusi.

Gue emang takut banget sama anggapan jelek orang ke diri gue. Ke GRan banget gak sih gue? Siapa juga yang mau mikirin hal gak penting kayak gue?? Tapi maksudnya, gue selalu ingin membahagiakan orang. Emang gak salah, tapi kadang-kadang malah jadi beban buat gue kalo gue nggak berhasil mengupayakan hal itu. Beban yang datang dari ‘pikiran’ gue, dan bukan dari hal yang jelas-jelas kelihatan di depan mata.

Gue seringkali pusing karena memikirkan, “Gimana tanggapan bos gue ya, jangan-jangan dia udah gak percaya lagi sama gue…” atau “Aduh, dia bisa anggap gue ga becus ngurusin kerjaan nih!” Semua perasaan dan beban itu makin membuat gue kadang semakin lambat mencari solusi. Padahal justru yang diperlukan secepatnya adalah, take an action and make a real solution!

Gue akhirnya suka gak PD. Gue jadi takut melangkah, walau sekedar hanya untuk membereskan sesuatu yang sebenarnya sudah dimulai. Gue jadi gak bisa melihat persoalan dalam perspektif biasa yang membutuhkan solusi yang biasa pula. Yang gue lihat, selalu: apa kata orang nanti ya kalo gue gak bisa membereskan ini? Gimana pandangan mereka? Apa mereka masih akan percaya gue? Duh, gue gak mau ngecewain mereka lagi…

Seandainya gue tetep bisa fokus sama ‘masalahnya’ aja, pasti gak akan sesulit ini. Ini hanya sebuah masalah biasa dalam sebuah pekerjaan, sebuah kendala biasa yang bisa muncul dalam proses apapun yang gue jalani. Jadi ini gak ada hubungannya sama kepercayaan, citra, gambaran, dan pendapat pribadi orang lain! Sekali lagi, hanya sebuah masalah yang hanya butuh satu langkah solusi. Itu aja. Soal bagaimana orang lain melihat masalah ini, gue gak perlu pusing mikiran lah ya. Lagian siapa juga eloo?? , kata temen gue yang sering kesel kalo gue curhat soal beginian.

Setidaknya kan gue udah lakukan yang terbaik. Kalo soal berbuat kesalahan, itu mah soal biasa. Kayak yang paling bener aja deh gue!… Seandainya memang gue harus ngelewatin sebuah kesalahan, dan gue menganggap kalo gue udah ngecewain orang, yah anggap aja kalo gue nggak bisa membahagiakan semua orang. Presiden aja gak mungkin lah bikin keputusan yang bikin semua rakyatnya senang. Pasti ada aja yang komplain. Yang penting sih, gue sadar kesalahan gue dan berusaha untuk mencari solusinya yang paling deket… Jadi jangan kejauhan mikirnya… malah nggak kelar deh tuh masalah!

Gue harus fokus. Gue harus bisa melihat masalah secara lebih sederhana. Dan berusaha untuk gak lagi terbebani sama pandangan orang yang parahnya justru baru ada di tingkatan ‘persepsi gue’.

Mengakhiri obrolan yang bikin temen gue BT, akhirnya dia cuma bilang, “Mereka semua pada sibuk sama aktivitasnya masing-masing kalee!!! Gak mungkin lah mereka punya banyak waktu untuk memikirkan terus kesalahan yang loe buat…Emangnya mereka nggak ada kerjaan laen, apa? Yang ada mereka lagi nungguin loe tuh! Katanya mau diberesin masalahnya?? “

Jadi, okelah kalo begitu… Ayo jalan lagi! Cari solusi, perbaiki, dan bungkuuuss!….

pemanisbuatan_ant@yahoo.com