Secara gue belum berkeluarga, harusnya sih gampang-gampang aja ngatur keuangan. Pendapatan atau pengeluaran pastinya bisa diatur dengan lebih mudah. Jadi harusnya sih gak ada masalah. Dan gue juga belum sampai taraf dimana gue harus ngutang sana-sini. Apalagi udah cukup lama juga kartu kredit gue cuekin; jarang gue pake lagi. Cuma, kenapa ya akhir-akhir ini gue gak begitu lagi ngerasa enak dan nikmatnya mengatur keuangan. Kurang gairah aja, walaupun gue juga gak pernah ngerasa kekurangan (banget) soal keuangan. Jadi apa yang salah ya?…

_______________________________

Secara rutin gue masih bisa nabung. Gue juga masih bisa konsisten sama pos-pos pengeluaran yang gue buat. Dari pos makan, ongkos, kebutuhan sehari-hari, cicilan rumah, tagihan bulanan, hiburan, sosial, pakaian, kesehatan, dll, kayaknya sih udah cukup bisa gue jaga keluar masuknya.

Gue juga bisa tetep nikmatin hidup walau gue mengatur keuangan gue sedemikian rupa. Gue masih bisa senang-senang, nonton, makan, hang out bareng anak-anak, karaoke, pokoknya gak kurang hiburan lah… Gue juga masih bisa ngatur pengeluaran bulanan yang rutin seperti kebutuhan pokok, tagihan-tagihan, dan lainnya agar selalu sesuai sama pendapatan gue. Jadi so far, baik-baik aja kok.

Tapi, mungkin satu yang kurang, gue butuh passive income yang rutin kali ya… Bukan cuma sekedar sebagai penghasilan tambahan, tapi bisa juga sebagai tantangan tersendiri lagi buat melakukan suatu perencanaan keuangan.

Selama ini gue udah jalanin freelance design untuk sekedar menambah penghasilan. Tapi, kayaknya gue butuh suatu aktivitas bisnis baru agar gue tetap konsisten merencanakan keuangan dalam jangka waktu yang tidak hanya satu atau dua minggu.

Emang sih, sejak terakhir gue ngejalanin bisnis event organizer beberapa tahun yang lalu, gue belum jalani lagi bisnis yang punya rentang waktu cukup panjang. Kalo proyek desain biasanya sih bisa selesai dalam seminggu atau paling lama dalam waktu satu bulan. karena itu gue kayaknya kangen untuk ngejalanin bisnis lagi yang bisa kontinyu berjalan dalam hitungan tahun, mungkin…

Asik aja, bisa ngatur-ngatur lagi pemasukan dan pengeluaran tiap bulan, sambil terus belajar mengatur keuangan secara berkelanjutan. Jadi tiap hari gue pun terpacu untuk membuat inovasi baru, melakukan lagi perencanaan yang lebih matang, agar cash flow keuangan gue makin bagus dari hari ke hari. Belum lagi kalo ada hal-hal yang mengharuskan gue ‘berpikir’ bagaimana menyiasati keuangan di saat krisis, mmm… seru kan!

Selama ini mungkin gue cukup bosan mengatur keuangan gue yang rutin dan begitu-begitu aja. Kalo ada tambahan pendapatan selain gaji, paling masuknya ke tabungan atau beli barang. Jadi udah lama juga gue nggak ngerasain ‘muterin duit’ biar lebih menghasilkan….🙂 Jadi gak asal terima, ditabung. Diterima, ditabung lagi… (atau dibelanjain).

Gue harus memulai sesuatu yang baru lagi kayaknya. Gue pingin mulai belajar lagi mengelola keuangan gue, bukan hanya menempatkannya pada pos-pos kebutuhan, tapi bagaimana gue bisa membuat keluar masuknya keuangan gue lebih bergairah dan dinamis! (maksud loe?)

Pokoknya, kalo perlu ada deg-degan-nya juga, misalnya dengan banyak pertanyaan seperti, ‘apakah budget gue mencukupi untuk ini?’, lalu, ‘apakah bisa gue subsidikan uang ini untuk kebutuhan yang lebih penting?’, atau ‘apakah perlu gue berinvestasi pada alat-alat untuk mendukung bisnis?’

Intinya, selalu ada tantangannya!

Sekali lagi, sampai saat ini gue sih merasa cukup-cukup aja. Kebutuhan gue masih bisa gue penuhi dengan gaji bulanan gue plus beberapa proyek kecil desain yang kadang datang. Jadi ini bukan melulu karena gue merasa kurang soal pendapatan. Gue hanya ingin lebih merasakan ‘kenikmatan’ dan gairah kayak dulu lagi saat mengatur keuangan. Caranya, ya mungkin lewat itu tadi: memulai kembali bisnis jangka panjang…

Okelah kalo begitu… berarti saatnya mencari ide bisnis lagi…

Gak mesti sesuai sama bidang ilmu gue, gak mesti besar, gak mesti modal gede, yang penting legal dan halal!🙂 Aminnnn…..

pemanisbuatan_ant@yahoo.com