Gue Bangun pagi, gue baca koran, dan gue minum kopi! 3 keajaiban pertama yang gue alamin di pagi hari. Beneran! kalo ditanya kejaiban apa yang gue alamin pagi ini ya, itu tadi. Salah satunya adalah: gue membaca koran! Apa istimewanya?

_________________________

Pagi tadi gue mencoba kembali untuk ‘membangun kesadaran’ dari setiap hal yang gue lakukan. Awareness!  Kesadaran! Karena udah cukup lama juga gue nggak berlatih hal yang satu ini. Saat itu juga, gue benar-benar berusaha untuk membaca koran. Iya SUNGGUH-SUNGGUH MEMBACA KORAN. Gue harus sepenuhnya memiliki kesadaran dan mencurahkan seluruh perhatian, fokus, pikiran maupun raga gue buat MEMBACA KORAN. Jadi hal lain selain membaca koran sama sekali nggak ada yang boleh ‘mengganggu’ pikiran gue.

Dan gak lama setelah itu gue coba, tidak ada yang bisa mengalahkan indahnya keajaiban yang gue rasakan di pagi hari: (sekali lagi) MEMBACA KORAN! Pagi ini gue sungguh menikmati membaca koran! Ternyata selama ini gue gak pernah memperhatikan bahwa koran yang gue baca punya 7 kolom! atau foto-fotonya diambil dengan sudut pengambilan gambar yang sangat keren! Atau ternyata koran gue ini udah ada sejak tahun 1965! Semua hal-hal kecil yang biasanya gak gue perhatikan, saat itu justru menjadi hal yang sangat menarik buat gue…

Kesadaran gue penuh. Gue membaca koran dengan cara yang sama sekali baru. Gue takjub. Perhatian gue hanya kepada koran itu. Gue membaca koran layaknya sebagai seorang anak kecil yang begitu terpesona memperhatikan mainan baru yang dipegangnya…

Ternyata luar biasa! Sungguh saat itu, gue merasa kesadaran gue kembali. Gue membaca koran! Bukan hal istimewa mungkin. Bahkan tiap pagi gue selalu melakukan hal yang sama. Tapi saat kesadaran itu penuh, wow! gue membaca koran dan gue bahagia!! berbagai masalah, tuntutan, rencana hari ini, tugas-tugas, dan semua hal yang biasanya selalu ‘hadir’ menggangu di pagi hari saat itu juga gue ilangin dari otak gue. Kesadaran gue hanya satu, gue akan MEMBACA KORAN, dan bukan yang lain.

Pernah gak sih loe melihat seseorang begitu bahagia wajahnya padahal saat itu ia hanya memperhatikan sehelai daun yang jatuh mengayun ke tanah karena terbawa angin?

Atau pernah gak sih loe, melihat seseorang begitu terpesona pada sebuah tarian, padahal ia sudah ratusan kali melihat tarian itu?

Kata orang sih, karena mereka sungguh sadar saat itu! Kesadaran mereka penuh. Yang ada di otak mereka hanya gerakan daun, dan gerakan tarian itu. Sekali lagi mereka melakukan itu seperti anak kecil yang selalu melakukan segala sesuatu dengan kesadaran, kepenuhan hati, dan mereka bahagia! Misalnya saat anak umur 3 tahun sedang memperhatikan tingkah polah seekor keong. Perhatikan aja wajah mereka. Pasti serius menikmati dan bahagiaaa banget! Bagi kita, padahal itu hal biasa…

Pernah ada satu kisah mengenai seorang biksu muda yang belajar dan berlatih untuk ‘membangun kesadaran setiap saat’ kepada biksu senior (kita sebut aja begitu). Tujuh tahun lamanya biksu muda itu belajar. Saat dia berdoa, saat bertani, saat berjalan, pokoknya saat melakukan segala sesuatu dia selalu berusaha melakukannya dengan ‘kesadaran penuh’. 

Dan tiba suatu malam, biksu muda itu menghadap biksu senior. Katanya,”Guru, saya sudah belajar untuk melatih kesadaran selama 7 tahun. Saya sekarang sungguh-sungguh ‘menjalani hidup’, dan bisa sungguh sadar merasakan tiap waktu perjalanan dan tiap hal yang saya alami. Apakah sekarang saatnya saya diperbolehkan membagi ilmu saya ini kepada kepada para biksu muda yang lain?”

Biksu senior itu, cuma bertanya singkat, “Ngomong-ngomong, kamu tadi pergi menghadap saya pakai sendal kan? Kamu ingat sendal kamu itu kamu taruh di sisi kanan atau di sisi kiri pintu masuk?”

Biksu muda itu cuma terdiam… lama…. “Saya tidak tahu guru. Saya tidak sadar naruh sendal saya dimana…”

Jawab Biksu senior, “Berarti kamu harus belajar 7 tahun lagi sama saya!” Jiaaahh!!!….

Pagi ini beneran indah. Gue sungguh menikmati setiap hal yang gue alamin untuk memulai hari. Semua kekhawatiran akan hal lain nggak gue rasain, karena saat itu yang  gue tahu, adalah gue sedang baca koran, sambil minum kopi! Saat itu, detik itu. Dan gue sungguh melakukannya dengan sukacita!

Enjoy the day!  Life is good!

pemanisbuatan_ant@yahoo.com