Saya sebenarnya gak mau inget-inget kejadian ini lagi.

Tanggal 15 Desember yang lalu, saya harus mengalami kejadian nggak enak karena mungkin hal sepele yang sering saya abaikan: saya meminum obat saat saya harus mengendarai motor setelahnya.

________________

Setiap harinya saya memang mengendarai motor ke stasiun, untuk kemudian disambung dengan naik KRL menuju kantor. Jarak dari Stasiun ke rumah, sebenarnya gak terlalu jauh, hanya 15 menit waktu tempuh. Tapi memang, segala sesuatunya memang nggak bisa diprediksi. Saat tinggal 1 km arah pulang ke rumah, saya terjatuh dari motor, terbang bebas, dan harus mendapatkan 23 jahitan, sebagian besar di wajah (nyeriiinya itu loh….)! Pelajaran pertama yang saya dapat, jangan pernah deh, menganggap jarak yang kita sudah tempuh tinggal dikit lagi, so kita maksain diri. Kalo emang beneran cape dan ngantuk, mampir aja sebentar. Beli minuman kek, atau sekedar ngelemesin kaki, itu lebih baik.

Saya hari itu memang nggak enak badan, karenanya saya minum tolak angin sachet sampai 3 buah seharian itu. Saya nggak terlalu memperhatikan kalo kadang-kadang obat bisa menimbulkan efek kantuk yang tiba-tiba (bahkan kita pun gak sadar), dan bisa berakibat lumayan parah. Saat itu pun, saya agak memaksakan diri, karena sebenarnya badan saya nggak cukup fit. Makanya saya juga gak sadar kalo ternyata metabolisme tubuh saya berubah tiba-tiba dalam hitungan detik, justru ketika saya sedang berada di atas motor.

Saya gak sadar. Saya jatuh, dan baru sadar kembali saat saya sudah ada di klinik terdekat untuk diberikan perawatan. Asli, rasanya seperti kamu baru aja bangun tidur dan menyadari kalo kamu sudah babak belur! Bener-bener di luar kesadaran. Bahkan posisi saya jatuh, lalu bagaiamana dan siapa yang membawa saya ke klinik pun saya nggak tahu…

So, jangan anggap enteng pengaruh dari obat! Apalagi kalo kamu harus berkendara, mau mobil, motor atau sepeda! Kita kadang nggak tahu kapan reaksi dari obat itu akan datang. Ditambah kondisi badan kita yang belum sepenuhnya fit, maka bisa saja kita beneran bisa tidur saat berkendara!

So, please hati-hati soal hal ini. Karena ini hal sepele yang sering kita lupa. Semuanya serba tiba-tiba loh! Hanya dalam hitungan detik, saat kesadaran kita hilang ketika berkendara, saat itulah kita nggak akan pernah tau apa yang bakal terjadi kemudian…

Sayangi dirimu dan keluarga…

Just be carefull and don’t do drugs when you drive, ok!