Pernah di suatu siang di kantor, gue mendengarkan lagu-lagu tahun 80an seperti lagunya dari Keenan Nasution, Chaisero, Freddy Tamaela, hingga Januari Christie. Tiba-tiba bos gue komen, “loe bukannya angkatan 90an Ton? Itu mah lagu-lagu gue tau…” hahaha. Gue sih ketawa aja denger dia bilang begitu… Emang iya kali ya… Gue emang termasuk angkatan 90an boleh dibilang, soale tahun-tahun segitu gue emang lagi nikmatin masa-masa sekolah dan masa remaja (yang kata orang sih) paling gak terlupakan…

__________________________________

Tapi gara-gara omongan bos gue itu, gue jadi beneran ingat lagi sama semua kenangan jaman SMP dan SMA yang seru… Waktu itu gue sekolah SMP di Strada Slamet Riyadi, sekolah swasta Katolik yang kualitasnya cukup lumayan lah di Tangerang, dan yang pasti biaya sekolah juga masih lumayan murah. Sebulan SPP ‘hanya’ Rp 20.000. Mungkin karena jaman dulu memang belum banyak sekolah-sekolah nasional ataupun internasional, jadi sekolah gue waktu itu nggak ikut2an mahal biayanya kali ya, hehehe (emang ada pengaruhnya?) Gue inget banget jaman SMP dulu gue koleksi koleksi kartu basket dan seneng banget bawa tas alpina kemana-mana… hehehe Apalagi kalo inget repotnya bawa mesin tik ke sekolah buat pelajaran mengetik dan sambil bawa sepeda federal pula! Gak kebayang kan repotnya… hihihi

Sedangkan saat SMU, gue masuk salah satu SMU favorit negeri di Tangerang waktu itu, yaitu SMU Negeri 1 Tangerang. Tapi itu juga model ikut-ikutan aja, yang penting syarat NEM-nya cukup, hehehe. Tapi walau sekolah ini sekolah negeri paling favorit, tapi bangunan sekolahnya paling ancur! Ini satu-satunya kenangan gue yang paling gak enak pas jaman SMU, sekolah di tempat yang bener-bener gak asik sarana dan prasarananya. Sebenarnya banyak sekolah yang memiliki gedung tua dan kuno, tapi tetap aja oke. Bangunan sekolah mereka tampak terawat, bahkan makin tua gedungnya (peninggalan Belanda) malah jadi nilai lebih buat sekolah itu. Tapi kalo sekolah gue, ampunn!! Udah gedungnya bukan peninggalan Belanda, jelek pula! Padahal letak sekolah gue di salah satu pusat kota loh…Waduh kok malah curcol neh… hehehe

Tapi kalo soal SMU, kenangan asik nggak kalah seru deh… dari mulai kenangan kisah cinta ‘monyet’ sampai tampil dengan gaya rambut dan dandanan yang nge-trend waktu itu, walau dengan resikonya mesti ngumpet-ngumpet kalo ada guru BP, hehehe

Nah, gue ingin berbagi mengenai banyak hal lucu yang gue dan mungkin teman-teman alamin pada sepanjang tahun 90an. Memang ini bukan bersifat kaleidoskop yang berisi runtutan peristiwa penting sepanjang dekade 90an. Ini justru hanya sekedar berbagi kenangan hal-hal lucu, bahkan hal-hal yang gak penting sekalipun yang pernah sama-sama mungkin kita jalanin bareng… dan mungkin kita ngalaminnya waktu kita masih sekolah SD! Apapun, pokoknya semua adalah hal-hal asik dan seru yang pernah mewarnai perjalanan kita di tahun 90an…

Yuk! bareng-bareng mengenang semua ‘kekonyolan’ yang pernah terjadi di tahun 90an. Gue yakin daftar di bawah ini pasti ada yang teman-teman alamin (‘kisah2′ di bawah ini sebagian besar gue ambil dari tulisan di http://forum.himatif.or.id/ , tulisan temen di blog, dari pengalaman gue sendiri dan pengalaman temen2 yang laen…) :

  1. Make sepatu ala ABRI merek Dok Mart (katanya kependekan dari Dokter Marten, wakakak, siapanya Roy Marten niih)
  2. Make wardrobe merek ALIEN WORKSHOP (semua pasti tau lah merek ini…)
  3. Punya koleksi Lengkap Grifone
  4. Ngumpulin hal2 yg berbau Fido Dido (masih kurus aja dia,,, hehehe)
  5. Maen In-Line Skate (roller blade) di senayan atau mentok2 di depan rumah…
  6. Beli dan make sepatu Reebok PUMP (pompa truuuuusss.. .)
  7. Ga lupa beli juga sepatu La Gear Light (masih inget nyala lampunya doonk,,wakakaka)
  8. Motong rambut dengan model SKIN DALEM
  9. Yg cewek ga mau kalah, minta dipotong ala DEMI MOORE (hahahahaha)
  10. Yg kurang suka skin dalem, bisa minta ala Jambul Tin Tin
  11. Ngabisin koinan buat maen DingDong (jangan sampai bolos sekolah ya!!!)
  12. Ga ada duit buat ding dong? Gampaaaang, maen ajha GIMBOT yg diiket pake tali yg maennya sambil jongkok (kl waktunya abis, tuh tali ditarik-tarik ama abang2nya..wakakaka. Yang paling gue inget mainan gimbot koboi!!)
  13. Make jam jengkol merek POP SWATCH (ingeeet ga? Jam yang gedenya amit2 dan bisa di cantelin di kaos)
  14. Nongkrong di Parkit (PARKIR TIMUR)
  15. Ngumpulin stiker PANINI (hahahaha, PANINI gauuul bgt jaman itu)
  16. Ngoleksi Kartu Basket (Michael Jordan paling dcari jaman itu,, yang paling beken sih mereknya Upper Deck hehehehe)
  17. Ngoleksi Kartu Dragon Ball (ada yg hologram, ada yg Double)
  18. Yg cewek ngoleksi dan tuker2 an stiker luthu-luthu (ada yg bludru juga looow..gosipnya kalo warna atas dan bawah sama berarti ASLI..hahahaha, urban legend!)
  19. Yg cewek juga maen org2an dari kertas, yang bisa diganti2 bajunya (dari kertas juga) yg dijual di abang2.
  20. Blom bisa nyetir?? Gampang, maen TAMIYA aja.
  21. Makan ANAK MAS
  22. Beli COKLAT AYAM
  23. Makan permen karet YOSAN, skalian ngumpulin huruf2nya Y-O-S-A-N (tp yg “N” susyeee bener dapetnya..lupa diproduksi kaliiie yeee)
  24. Makan JAGOAN NEON biar lidahnya berubah warna
  25. Beli sablonan ADIDAS dll buat di sablon di tas, celana, dll
  26. Ga pnah ngelewatin SI DOEL ANAK SEKOLAH
  27. Nonton kartun Remi, Lika Liku Laki-Laki, Gara-Gara, pake kacamata 3 Dimensi
  28. Stelah era alien berlalu gantian Pake baju ala POINT BREAK (stussy, mossimo, billabong, dll) + spiderbuilt apa spiderbilt ye he…
  29. Bangga make tas tipis merk ALPINA
  30. Beli GULALI yg bisa dibentuk macem2, yg warnanya ijo ama merah (paling seneng beli yg bisa di smpriiit..sambil makan sambil priiiiit)
  31. Nonton KOTARO MINAMI jadi Ksatria Baja Hitam dan DORAEMON
  32. Berharap di Indonesia ada acara kaya TV Champion dan Takeshi Castle
  33. Penggemar setia AIRWOLF, KNIGHT RIDER, dan the legend MACGYVER (setiap malem jam 9 pokoknya…) ada lagi; Miami Vice dan Tour of Duty!
  34. Biar di bilang anak gaul maka mesti ngikutin and apal nama2 tokoh di BEVERLY HILLS dan MELROSE PLACE
  35. SLANK dan DEWA 19 baru2 aje nongol. Dhani tamng loe culun!! Sekarang aja tengilll hehehe
  36. Beli topi mesti 8 JAHITAN, ga kurang ga lebih, kalo nggak PALSU!
  37. Nyolongin resleting YKK atau ALPINA buat jadiin gelang or kalung
  38. Beli Tas Pinggang (wakakak, skarang kaya tukang kredit ajeee,,)
  39. Bela2in nonton NKOTB (New Kids on The Block)…Jordaaaan I Love UUU..!!
  40. Ga ada HP?? Gampannng, kak ada PAGER! (nusalink?nusapage? sama ajeee..sama2 ngobrol dulu ama mbak2 operatornya. .hahahaha)
  41. Ctak Ctuk pake TUTUP GATORADE
  42. Ga mau rugi nelpon? Pake ajha KOIN GANTUNG
  43. Biar ga cupu, mesti milih aliran musik, PUNK, GRINDCORE, atau GRUNGE
  44. Beralih ke SKA atau BRITPOP
  45. Mantengin KUIS KELUARGA LIFEBUOY bersama Cathyyyyy Boooooon (wakakaka, kmana ya skarang tuh orang?? Masi suka ngeBON ga yaa??)
  46. Nonton Tak Tik Boom ama bang dede yusup
  47. Berusaha keras nelp biar bisa ikutan kuis JARI JARI bareng mas pepeng (baca: jareee jareeeeee)
  48. Mau bisa bhs Inggris?gampang, ada SESAME STREET
  49. Rambut ala STOCK ON YOU
  50. Abis Ebta/Ebtanas ga bisa pulang gara2 kejebak KERUSUHAN MEI
  51. Ngumpulin TAZOS dari Chiki, dkk
  52. Mc Hammer dan Vanilla Ice lagi hit bangetttzs (ice…ice…baby…)
  53. ayo sukseskan GN-OTA (tau dooonk kepanjangannya)
  54. Sedih, gara2 TIMOR TIMUR lepas dari RI
  55. MOBNAS TIMOR diluncurin (produk gagal!!!)
  56. Dulu2an NgeMALL ke mall yg baru buka, PIM dan PS.. (hahahaha, disinilah bibit2 anak gaul bermula guys..)
  57. Mau daftar jadi KAMRA (keamanan rakyat)..wakakakaka ,,,
  58. Mlihara binatang/Bayi ala TAMAGOTCHI (pingin eek’ tuh hahahaha)
  59. Maen MORTAL KOMBAT , STREET FIGHTER, KONTRA, DOUBLE DRAGON
  60. Nyanyiin lagu BU SAID keras dan semangat di skolaan (tau dooonk,,,”di siniii rumah bu saaiiiid (**L)..bu saiiid jualan blangkon (**L)..wakakakakak)
  61. Nonton pilem di LASER DISC (CD ukuran Obesitas.,.pantesan ajha jaman dulu ga ada yg bawa bok*p ke skolahaaannn. .gampang bner ktawannya..hahahaha )
  62. Make NECKERMAN or CARVILL
  63. Deg2an nonton SUSI SUSANTI, ALAN BUDIKUSUMA, HARIYANTO “smash100watt” ARBI, dan RICKY-REXI
  64. ngikutin pilem SI MANIS JEMBATAN ANCOL (si manis, suit suit, seksi bneeer kamuuu)
  65. RIA ENES-SUSAN lg sering nongol di tivi
  66. Di saingi oleh duet BONDAN PRAKOSO-ENNO LERIAN
  67. Bibit sinetron baru2 aje muncul, kaya ABAD 21,BELLA VISTA, NOKTAH MERAH PERKAWINAN, (inilah cikal bakal penghancur bangsa,,wekekekek)
  68. AMKM (anda meminta kami memutar, anda meminta kami mangut-mangut,anda maminta, kami menolak, ato teserah lah..) di TPI lg hot2nya
  69. Ga bisa kluar rumah? Gampaaaaaang, blanja aja lewat TV MEDIA (masi inget smart-mob, pisau GINSU, ABDOMINIZER, AURY???)
  70. Make jam G-SHOCK (gue juga masih ada sampe sekarang…)
  71. Ngikutin WILD ROSE (Rosaaaa,pantate,,,montoook) ..wakakakakak,
  72. Make Rautan Kaca di spatu buat ngintip di bawah rok cewek
  73. Jam 7malem dan Jam 9 malem mesti nonton DUNIA DALAM BERITA
  74. Jokes uang GOPEK versi gambar MONYET (tante, Iwannya ada??…ooow, ada di belakang, kamu ke blakangajha…!)..basii bgt tuh jokeeee,,tp okelah jaman itu..
  75. Maen tebak2an pake BUKU ASBAK
  76. Mesti ngapalin RPUL-RPAL-BUKU PINTAR
  77. Kalo 80an punya speda bmx, 90an punya FEDERAL..canggiiih. .
  78. Make kalimat “E GE PE” (emang gue pikirin…!! ….yaa ga usa dipikirin)
  79. Sering ngomong “TAU AAAH, GELAAAAP”..( hahaha, memang jaman kegelapan tuh 90an)
  80. Dapet salam dari EKO…(eko siapa??)..EEEE, KOOK LOYOOO!!!!..
  81. Ngikutin kata-kata iklan “SAYA MAU YANG PALIING ENAAAAK”
  82. Iklan juga ” AAAAHH, TEORRRRIII”
  83. Godain mbak2 penjaga tol dengan ngomong “XON-C nya MANAAAA????”
  84. Maen “DONAL BEBEK, MUNDUR 3 LANGKAH”
  85. Ngata-ngatain temen dengan nama BAPAKnya.. (kalo uda parah, nama ibu juga ikutan…wakakaka, ga jelaaas bgt)
  86. Sering ngomong “DI, DI, YUK MAEN BOLA LAGI”.. (hahahah, gue bertanya2, yg jadi ADI sang EPILEPSI tuh sapeee yeee??ada yg tauuu??)
  87. Maen GIMBOT yg bisa ngomong “BEGO LO!… OKE JUGA LO”
  88. Maen TANK BAJA (kedua tangan kita digabung ama tangan temen kta, trus disilangin.. misiii, tank mau lewaaaat)
  89. Belajar gitar pake MBS (hahaha, masi ada ga sih??)
  90. Si KOMO bikin macet jakarta (lebih dulu daripada busway tuh)
  91. COBOY, COOL COLOR, ME lg naek daooon
  92. Ngerap bareng IWA K dan DENADA
  93. Ngoleksi komik CANDY-CANDY
  94. Yg cowok baca KUNG FU BOY dan DRAGON BALL
  95. Beli penghapusan bentuk huruf2 yg atasnya ijo and berbau wangi
  96. Yayuk Basuki lg Ngetreend
  97. Pengganti warkop? Ya PADHYANGAN PROJECT
  98. Dapet maenan SMURF dari restoran2 gauul
  99. Nyoba makan di tempat baru bernama PIZZA HUT
  100. nonton film kartun yang gonta ganti tiap jam stengah 6 (ada mojacko, minky momo, yaiba, dll)
  101. nonton sailormoon hari minggu (hahaha)
  102. baca komik dragon ball, DR.SLUMP ama crayon versi buku gede Rajawali Grafiti (skarang udah bangkrut yah)
  103. nonton jurassic park ama lion king di bioskop
  104. gila pokemon (maen kartu, gameboy, ngoleksi vcd)
  105. Namatin suikoden 1 & 2 ma FF 6-7 di PS
  106. Jamannya nonton MU masi ada beckham ama peter schmeichel
  107. jamannya liverpool masi ada owen
  108. jaman keemasan ronaldo
  109. jamannya ngedengerin the moffat, backstreetboys ama westlife (buat cewe2) hahah
  110. inget pemilu? inga-inga *ting!!*
  111. Indosiar tayang pertama kali, kartun pertama: kickers!!
  112. inget iklan yang anak kecil bertiga (aduh gw lupa iklan apa): “acooong, budi, jokooo!!” waakakakak..
  113. jaman keemasannya si unyil..
  114. doraemon masuk ke rcti.. dari tahun 1990 sampe sekarang masih tayang! 20 taun! Nggak tua-tua apa ya…
  115. mighty morphin power rangers!! lengkap dengan, alfa, zordon, dan movienya di bioskop.
  116. perubahan dari disket ke cd dimulai!!
  117. buat gamers: inget game nba? pasti ga pernah ada pemain namanya ‘michael jordan’ palingan juga: ‘number 23′ hehee
  118. hape pertama cuuuyy.. ukurannya bisa bikin doberman koit..
  119. jamannya lupus, gusur, dan “my name is bon.. Boim Le Bon..”
  120. olga sepatu roda lengkap dengan desy ratnasari..
  121. the chronicles of tersanjung *bgm: ku tersanjuuuung..*
  122. inget ka ferry? tralala!! trililiii!!
  123. jaman keemasan sega dan dreamcast..
  124. inget bobo, upik, dan paman gembul?
  125. internet masuk indonesia, langsung mulai kita ke chat room!!
  126. abis chating di IMRC? kita imel2an..
  127. tergila-gila sama lagu2 nothing compares, it must have been love, dlll
  128. ngetren spatu Jordan Air dan shaq attaq (kalo bisa yang air system…)
  129. tiap hari baca tiger wong, tapak sakti…
  130. KLa project mulai jadi idola
  131. ngumpulin kaleng c*cacola buat ditukerin jam tangan n kacamata
  132. YOYO yang dari kayu masih nge-trend tuh
  133.  film Saur Sepuh…brama kumbara..mantili yg bisa terbang pake daun kelapa…hahahahahaha..
  134. gencar2nya iklan KB…dua anak cukup…ya ya yaaa….
  135. dapet duit 50 ribu? sama aja dapet SENYUM PRESIDEN… ck..ck..ck

Masa 90an, emang masa yang tak terlupakan!….

baca juga:

Hiburan Khas Remaja Era 90an, Bikin Hepi!

Gaya Gaul Remaja Era 90-an, TOP BGT!

Fido Dido

Tamagochi, jangan lupa kasih makan…

Kartu basket Michael Jordan, paling dicari!

NKOTB, pernah ke Indonesia loh…

Ria Enes & Susan

Tas Alpina, warna-warni…

Coklat Ayam… Jajanan paling enyaakkk!!!

Jangan lupa… mainnya gantian ya! hehehe

 

About these ads